SUWADI DAN ANANG SADEX, KACER WISANGGENI TURUN GUNUNG LANGSUNG JUARA

ROAD TO TIRTOMARTANI CUP + DATA JUARA

H. Suwadi Main Kacer Lagi, CH Siluman Moncer

Menurun dan juara murai batu, sudah biasa bagi H. Suwadi, Menurunkan dan juara kacer, sudah cukup lama tidak dilakukan Suwadi. Itulah yang terjadi di event Road to Tirtomartani Bersama RI di gantangan Kedulan – Kalasan, Senin 17 April 2023.

H. Suwadi, belakangan memang dikenal sebagai murai batu mania. Sangat jarang menurunkan jenis yang lain. Padahal, dulunya sering beriringan membawa kacer dan kenari. “Selama kurun waktu yang lalu kan murai batu memang lagi ramai-ramainya, jual lebih gampang, harganya juga menarik.”

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Suwadi, juga dikenal sebagai breeder murai batu yang berhasil. “Banyak jagoan diorbitkan itu dari kendang sendiri alias tidak kulakan. Memang ada kalanya juga jago hasil mantau di lapangan. Setelah bisa ditampilkan, terus kalau ada penawaran menarik, ya lepas.”

Tahun 2023, kelas kacer kembali menggeliar. Banyak kicaumania yang mulai memburu burung berbulu hitam – putih ini, termasuk sejumlah bos atau kerap dipanggi Sultan. Hal yang semakin menggairahkan dunia kacer. Event-event kelas kacer dengan tiket mahal pun semakin sering ditawarkan, dan ramai bahkan full peserta.

 

 

Daya tarik ini pun membuat Suwadi ikut tergoda. “Kebetulan masih nyiman jago yang selama ini hanya saya jadikan master di rumah, namanya Wisanggeni. Setelah kacer ramai lagi, ya mulai saya coba lagi bawa ke lapangan,” ujarnya kepada burungnews.com.

Wisanggeni ternyata tampil menghentak, ngotot hingga sayap bergetar kencang. Membawakan irama lagunya merdu, speed rapat, paduan rol tembaknya menggerojok panjang. Aksi mewah Wisanggeni membuat para juri mantap dan kompak memberikan koncer A.

 

 

Sebelum berperan jadi master, dulu Wisanggeni juga sudah kerap juara. “Wisanggeni burung lama om, di rumah hanya untuk masteran murai batu, sejak yang usia trotol arau yang sedang mabun dan yang sedang berada di rumah,” jelas Suwadi.

Kehebatan Wisanggeni pun diakui oleh Anank Sadex, salah satu petinggi RI di Jogja. “Wisanggeni burung sangat prospek, lagunya mewah, kerjanya ngotot sampai sayap bergetar kencan disertai main ekor. Beliau turunkan lagi karena sekarang kacer mamang lagi kembali naik daun.”

Penampilan Wisanggeni berhasil direkam oleh kru burungnews.com, segera disusulkan dan bisa ditonton vidionya.

 

FERRARI BF. SILUMAN PASCA MBABUNG SIKAT JUARA 1

 

Di kelas lainnya, cucak hijau Siluman milik Fatori dari Ferrari BF juga kembali turun gunung, setelah cukup lama rehat karena masa mabung. Perdana turun, Siluman yang sengaja diturunkan satu kelas cucak hijau A langsung gasak juara 1.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Siluman, bila dalam kondisi prima bongkar lagunya variativ, lagu yang keluar juga panjang-panjang. Menilik ke belakangan, Siluman prestasinya sudah cukup banyak, nyaris setiap diturunkan selalau meraih juara.

 

SUASANA MURAI BATU MERIAH

 

“Siluman paska mbabung, ini perdana turun, masih bisa kita genjot lagi om. Semoga ke depannya bisa tampil stabil seperti dulu lagi,” jelas Fatori kepada burungnews.

Jago Ferari BF lainnya, murai batu Bintang, juga tampil cukup manonjol. Di kelas Murai Batu G 14, meraih juara 1.

 

IVAN WBC. MEGATRON JUARA 1 KELAS A

 

Kembali ke murai batu, Megatron milik Ivan WBC tampil apik. Gaya sujud-sujud yang ditampilkan, cukup mencuri perhatian. Megatron akhirnya sekali juara 1 di kelas Murai Batu A. Sebelumnya Megatron sudah diunggulkan juara oleh banyak orang ketika turun di Rabau Gaul beberapa waktu lalu.

Sayang, di pertengahan jalan, Megatron terjun bebas ke bawah. Kesempatan meraih juara yang sudah di depan mata pun sirna. Ivan mengaku Megatron didapat dari kota Surabaya. Dibeli saat kondisi mau mabung, namun sebelumnya Ivan sudah mengetahui kerjanya.

 

SONI SHIGARILOS JUARA JUARA 1 LANGSUNG DILIPAT

 

Untuk bisa membawa pulang Megatron, Ivan pun harus rela merogoh kocek cukup dalam. Ini merupakan penampilan ke dua bagi Megatron setelah di tangan Ivan.

“Megatron di Surabaya burung prestasi, saya beli kondisi mau mabung, sampai Jogja langsung ambrol bulunya, baru kita lapangan dua kali ini, pertama di Rabu Gaul Taman Kuliner,” jelas Ivan WBC mantap.

 

 

Secara umum lomba berjalan lancar, tertib, dan meriah. Selaku ketua, panitia Hersat sekaligus mewakili rekan-rekan panitia mengucapkan banyak terima kasih. Mohon maaf bila ada kekurangan, sampai bertemu lagi di Gelaran Tirto Martani Cup. Selamat menunaikan ibadah Puasa, sekaligus juga Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada para kicau mania yang merayakannya.”

Sejumlah event pasca lebaran juga sudah meunggu, mulai dari Halal Bihalal Kicau Mania di Assalam Hypermart Solo (23/4). PMM Feat PKM Road Show Yogyakarta (30/4), RMI Ungaran (30/4), Wonogiri Fair Battle (7/5), Piala Sukowati Sragen (14/5). [busro, maltimbus]

 

VIDIO KACER WISANGGENI DI ROAD TO TIRTOMARTANI CUP:

 

BROSUR LENGKAP PIALA PESONA INDONESIA, KLIK STOP PRESS BERIKUT:

 

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

BROSUR HALAL BIHALAL KICAU MANIA:

 

BROSUR PMM FEAT PKM ROAD SHOW YOGYAKARTA:

 

 

 

BROSUR WONOGIRI FAIR BATTLE:

 

 

KATA KUNCI: road to tirtomartani cup h suwadi swd hersat ri anang sadex lomba jogja lomba burung jogja

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp