WAJAH BARU AKARATU STADIUM

PIALA AKARATU

Grade Nominasi Tertinggi Tidak Bisa Kalah dengan Grade di Bawahnya, Pahami Pakem dan Teknisnya

Piala Akaratu akan digelar pada Minggu 24 Desember 2023. Ini sekaligus memperkenalkan gantangan yang baru direnovasi, kini sudah dilengkapi dengan piranti buka-tutup otomatis. Tampak semakin megah dan keren.

Piala Akaratu akan menerapkan sistem ajuan terbuka. Pakem, sistem, dan teknisnya mungkin berbeda atau tidak sama dengan beberapa EO lain yang sama-sama menerapkan ajuan terbuka.

Di Akaratu, sebagaimana sudah diterapkan dalam berbagai kesempatan, burung yang mendapatkan ajuan tertinggi atau grade/peringkat palig atas, tidak bisa kalah oleh burung yang jumlah ajuan berada di bawahnya. Misal, pada G-24, ada satu burung mendapat ajuan 4 (grade 1), kemudian ada 3 burung mendapat ajuan 3 (grade 2).

 

SEBAGIAN PENGURUS AKARATU BERSAMA H. SUN

 

Pada situasi tersebut, koncer A otomatis akan dan harus berkumpul ke satu burung yang dapat ajuan 4. Koncer B bisa terbagi ke 3 burung yang mendapat 3 ajuan. Sementara untuk peringkat 5, akan ditoskan dari burung-burung yang mendapatkan ajuan 2, bila ada lebih dari satu burung yang dapat ajuan 2.

Contoh lain, bila ada 2 burung mendapat 4 ajuan, kemudian 3 burung mendapat ajuan 3, berarti ada 5 burung yang masuk nominasi (grade 1 ajuan 4 ada dua burung, grade 2 dengan 3 ajuan ada 3 burung). Koncer A dan B hanya akan ditancapkan pada dua burung yang dapat ajuan 4 (grade 1)untuk menentukan juara 1 dan 2. Sementara untuk peringkat 3 – 4 – 5 akan ditntukan lewat adu tos-tosan dari 3 burung yang dapat ajuan 3 (grade 2).

 

 

Bagaimana pakem penilaian supaya burung bisa dapat ajuan mentok (ajuan 38)? “Pertama, burung mesti memiliki durasi yang nerus, dalam 4 kali putaran pantau masing-masing juri di t iap blok. Secara umum, orang menyebut sebagai burung yang ‘amkan’,” ujar Huda, Ketua Akaratu Stadium.

Kedua, lanjut Huda, burung yang memiliki sejumlah keunggulan seperti pukulan atau tembakan panjang yang digelontorkan secara berulang, dengan beragam variasi materi lagu. Mungkin saja ada sedikit jeda, kalah rapet ketimbang burung aman. “Tipe burung kedua juga masih berpeluang diberikan ajuan mentok oleh juri, sekali lagi dengan catatan jedanya jangan kepanjangan atua kelamaan, kami percaya team juri kami memiliiki cukup kebijakan untuk membuat keputusan tersebut” imbuhnya.

 

HUDA (depan kanan) KETUA AKARATU STADIUM

 

Tentu akan lebih ideal, bila punya burung dengan karakter durasi rapat, ditambah bonus memiliki sejumlah materi pukulan atau mungkin juga rajin mengeluarkan tembakan dengan lagu bervariasi serta panjang-panjang.

“Faktanya, kita tahu semua, burung yang mendekati sempurna seperti itu kan jarang. Lazimnya, tiap burung punya kelebihan tertentu dan kekurangan di sisi yang lain. Misalnya burung yang durasi rapat, tapi materi lagu mungkin biasa-biasa saja. Di Akaratu selama ini, burung dengan tipe seperti ini cenderung lebih aman dapat ajuan mentok. Kedua, burung yang secara durasi kurang rapat, masih ada jeda, tapi memiliki materi yang lebih baik. Kita di Akaratu juga memberikan ruang untuk burung-burung berkualitas tetap mendapatkan apresiasi sebagaimana mestinya. Bila jedanya dianggap terlalu panjang atau lama, juri mungkin ada yang tidak berani kasih ajuan mentok.”

 

 

Meskipun begitu, untuk event Piala Akaratu, Huda memastikan para juri akan terus didreal sehingga bisa memberikan apresiai dan toleransi pada burung yang memiliki keistimewaan pada materi, tetapi ada memiliki sedikit jeda. “Secara pakem, kita ingin burung-burung yang memang masterinya bagus, bisa ikut terangkat, tidak tersisih hanya oleh burung-burung durasi yang main “aman” saja,” tandas Huda.

Kesimpulan akhir, untuk sistemnya, ajuan grade tertinggi tidak bisa kalah oleh grade/peringkat di bawahnya, tetap berlaku di Piala Akaratu. Bagi kicaumania yang sudah beberapa kali mengikuti gelaran di gantangan Akaratu, besar kemungkinan sudah memahami teknis ini. Bagi yang baru akan pertama kali, harap bisa mempelajari dan memahami hal ini. [asept, maltimbus]

 

Hati-hati, makin gencar beredar produk PALSU! Pastikan anda mendapatkan produk SUPER-N asli. Jangan ragu memastikan kepada kios/toko, minta ditunjukkan kardus yang ASLI adalah seperti di bawah ini. Perhatikan juga warna, bentuk, dan ciri BOTOL SUPER-N yang asli.

 

BROSUR PIALA AKARATU KLATEN:

 

JADWAL LOMBA PIALA AKARATU KLATEN:

 

TOPSONG dengan bangga memperkenalkan TOPSONG PREMIUM kemasan baru dengan botol, dengan tambahan pengaman. Infomasi, hubungi 0813.2941.0510.

 

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

KATA KUNCI: piala akaratu

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp