SITUASI LOMBA KOPDAR 2 RPM PONOROGO, MINGGU (15/10/2023)

DATA JUARA KOPDAR 2 RPM PONOROGO

Persaingan Keras di Suhu Panas

Lomba burung khusus Murai Batu ini adalah lomba besutan komunitas Rekan Penggemar Murai (RPM) yang digawangi Mr. Seno dan kawan-kawan, yang digelar di Taman Wengker, kawasan Jl. Raya Ponorogo-Madiun pada Minggu (15/10/2023).

RPM sendiri merupakan komunitas yang pesertanya, saat mengikuti lomba, berasal dari Member dan atau yang direkomendasikan (Rekom) oleh para Member RPM. Ketika lomba pun Murai yang digantang wajib menggunakan sangkar seragam dan melarang penggunaan embel-embel (asesoris) di luar yang sudah ditentukan.

PANITIA KOPDAR 2 RPM PONOROGO


JURI YANG BERTUGAS DI RPM PONOROGO

 

 

Kopdar 2 Ini sendiri adalah gelaran lomba burung perdana yang untuk pertama kalinya dihelat di lokasi ini, sebuah lokasi Taman Keanekaragaman Hayati yang dikelola oleh DInas Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo.

Even yang dihadiri langsung oleh Bupati H. Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Ponorogo, Hj. Lisdyaria ini hanya menyajikan 7 kelas dengan tiket tertinggi 550K dan terendah 110K.

Disampaikan oleh Mr. Seno, setiap lomba yang digelar oleh RPM akan selalu dikawal para pengadil dari RPM sendiri yang direkrut melalui seleksi ketat dari para juri berpengalaman dan sudah dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya.

"Jadi kita nggak mau main-main soal penjurian, makanya seleksinya juga sangat ketat bagi juri-juri yang bertugas di RPM, dan meski teman-teman juri ini berasal dari berbagi EO tapi saat bertugas di RPM harus melepaskan semua seragam lamanya dan dan berganti dengan baju RPM," tandas pria dengan khas berjenggot ini.

Dengan pilihan juri-juri berkualitas ditunjang ketegasan panitia, lomba pun berlangsung sangat tertib dengan sama sekali tanpa komplain maupun teriakan.

Sejatinya Kopdar ini adalah kali kedua, dimana Kopdar RPM sebelumnya atau yang pertama sudah sempat berlangsung pada 27 Agustus 2023 di Yuvan Enterprise Ponorogo.

Panasnya suhu udara di puncak musim kemarau ini tidak menyurutkan animo member dan rekom yang hadir, meski siasat menyiapkan kondisi burung demi menyesuaikan suhu di lokasi harus makin cermat dilakukan, agar burung tetap bisa kerja maksimal.

Pada lomba yang dibagi dalam tiga paruh (sesi) ini, persaingan sengit justru terjadi saat lomba memasuki paruh kedua atau ketika kelas 550K digantang hingga paruh terakhir.

Banyak peserta beranggapan bahwa selain kualitas burung di tiket 550K burung-burung memang bagus-bagus, sepertinya para peserta termasuk burung-burungnya sudah mulai memahami situasi lapangan termasuk soal suhu udaranya.

Dari hasil sengitnya persaingan para pengadil menobatkan Bodrex, Murai Batu Panji Laras sebagai peraih juara 1 di kelas RPMI (55K), sedangkan di kelas Bupati, MB Sekti milik Yuza dari Ponorogo berhasil menyabet tropi juara 1.

BEBERAPA TOKOH KICAUMANIA PONOROGO YANG HADIR SEKALIGUS MEMBER RPM, (KIRI KE KANAN) MR. KUN NASIKIN, MR. WAHJU PM DAN MR. ASMADI.

 

Sedangkan Zionist, Murai Batu milik Jhony Glembuk asal Sarangan Magetan, kembali mentasbihkan dirinya sebagai burung 'pelanggan' juara lintas EO dan lintas blok.

Di ujung lomba Mr. Seno mengucapkan terim kasih yang sebesar-besarnya pada seluruh member dan rekom termasuk khalayak Murai Batu kawasan ini, yang sudah hadir memeriahkan gelaran kedua ini.

JAWARA LINTAS BLOK. MURAI BATU ZIONIST MILIK JHONY GLEMBUK MAGETAN, RAIH JUARA 1 DI KELAS LEGOWO DAN JUARA 2 KELAS WAKIL BUPATI. MAKIN KOKOH MENYANDANG GELAR BURUNG JAWARA LINTAS EO & LINTAS BLOK.

MR. SLANK SERAHKAN TROPI JUARA PADA JAWARA DI KELAS BUPATI.


MR. ANGGI (TENGAH BAJU BIRU) ALAH SATU PENGGAWA RPM KETAT MENGONTROL JALANNYA LOMBA HINGGA AKHIR

NYARIS DOUBLE WINNER: MURAI BATU SEKTI MILIK YUZA KANTATA JAWARA DI KELAS BUPATI DAN JUARA 2 KELAS LINGKUNGAN HIDUP.


TETAP HAPPY. MURAI BATU GLUDUK MILIK GUNAWAN GSM BELUM HOKY DI KELAS UTAMA.

KATA KUNCI: rpm ponorogo lomba burung ponorogolomba burung magetanlomba burung madiun

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp