H TOMY PEMILIK CUCAK HIJAU ANAK ALAS


BNR MOJOAGUNG: Perawatan Tidak Ribet, CH Anak Alas Nyaris Hatrik

Tidak bisa dipungkiri kalau pola perawatan sangat menentukan performa gaco. Caranyapun macam-macam. Untuk cucak hijau Anak Alas, kebetulan perawatannya tidak ribet. Bahkan untuk mandi tidak perlu dipaksa.

Ada yang menarik di gelaran BNR Mojoagung di Distrik Koramil Mojoagung, Jombang pada hari Minggu 24 Januari 2021. Gantangan ini diserbu para pemain dari luar kota yang membawa gaco-gaco dahsyat.

 

 

JUARA MURAI BATU A

 

Antara lain dari Mojokerto, Kediri, Nganjuk, dan Lamongan. Kelas Cucak Hijau dibuka tiga kelas, pesertanya hampir full gantangan. Kelas cucak hijau A bisa dibilang sebagai kelas neraka, karena hampir semua burung yang digantangkan memiliki gaya jamtrok dan lagu roll tembak. Pukulan suaranyapun pedas di telinga.

Yang paling mencolok diantaranya kontestan cucak hijau itu adalah Anak Alas milik H. Tomy dari GBPB. Gaco yang dikawal H Tomy ini memeliki kesistimewaan lagu roll tembak dengan suara dominan kasar.

 

PANITIA BNR MOJOAGUNG

 

Paling mewah saat melontarkan tembakan  pelatuk sampit dan kapas tembak yang durasinya cukup mewah. Sekali nembak, gaco-gaco yang ada disampingnya dibuat terdiam. Kehebatan Anak Alas ini juga dibuktikan dengan prestasi gemilang. Dua kali juara I di kelas Cucak Hijau A dan B, plus juara II di kelas C.

Ternyata, kehebatan aksi Anak Alas ini tak sebanding dengan pola perawatan yang cenderung biasa. Burungnews berhasil mengorek setingannya langsung dari H. Tomy usai menurunkan Anak Alas di kelas Cucak Hijau C.

 

 

 

“Sebetulnya perawatan Anak Alas ini gampang kok, setiap pagi dan sore saya kasih jangkrik empat ekor. Mandipun semaunya. Saya tidak pernah memaksa dengan cara menyemprot atau lainnya. Pokoknya saya siapkan cepuk besar di dalam sangkar. Kalau dia mau mandi pasti mandi, kalau tidak ya biarkan saja," ungkapnya.

Untuk urusan mandi, H Tomy memang tidak mau mamandang enteng. "Mandi juga ada imbas ke birahinya. Kalau dipaksa, saya kawatir nanti malah mempengaruhi birahi, dan pasti akan mengimbas ke penampilan. Untuk persiapan lomba, di lapangan EF nya saya tambah ulat hongkong tiga ekor. Sebelum main dikerodong sampai mau naik gantangan," kata H Tomy yang menambahi kalau Minggu lalu Anak Alas juga nyeri juara I di gantangan ini.

 

JUARA SOGON

 

Sesi keenam, kelas Murai Batu A juga berlangsung sengit. Seperti di kelas Cucak Hijau, kelas ekor panjang ini juga diserbu gaco-gaco dari luar kota. Dan gaco yang tampil mencolok adalah Grajakan yang jadi andalan Veri Ismaya dari MMBF.

Penampilannya sangat apik, tidak hanya pamer gaya, Grajakan juga kerap menghujani juri dengan suara gereja tarung disambung kapas tembak. Sesekali juga mencuat suara kenari dan suara pedas ala cililin yang membuat tim juri tak kuasa untuk memalingkan kepala ke arahnya.

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER A

 

Permainan apik Grajakan ini membuahkan hasil. Di kelas Murai Batu A, Grajakan mendapat hadiah koncer A. Sayang, karena cuaca tak mendukung, Veri pilih pulang awal dan tidak menurunkan Grajakan di sesi B.

Di kelas murai batu B, podium utama dikuasai MZ milik Bruno dari Adinata Family. Sebelumnya di sesi A gaco ini mengisi posisi runner up. MZ bersanding dengan Andin yang jadi andalan Hazan dari Pondok Mburi.

 

 

Seperti biasa, gelaran BNR Mojoagung BC selau dipenuhi pemain Sogon dan Prenjak. Gantangan ini memang dijadikan kopdar rutin para pemain yang tergabung di komunitas Sogon (Sogok Ontong) dan Preman (Prenjak Mania).

Sementara itu dari mejas siar panitia diumumkan, kalau besok hari Selasa pagi, 26 Januari 2021, BNR Mojoagung akan menggelar Latpres dimulai jam 10.00 Wib. Dan pada tanggal 14 Februari 2021 akan menggelar even akbar, Kopdar Prenjak Jatim VI. Adapun kelas Prenjak akan dibuka sampai 12 kelas.

 

JUARA LOVE BIRD M2 A

 

"Brosurnya sudah rilis, ada 12 kelas khusus Prenjak. Tapi untuk kelas Murai Batu, Cucak Hijau, Love Bird, Kenari, Kacer, Cendet tetap dibuka seperti biasa. Even ini juga akan diliput Burungnews, jadi saya minta secara khusus ada Tim Burungnews yang meliput even prestis ini," kata H Fatih, komandan BNR Jombang. (ANGGA)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

JUARA LOVE BIRD M1A

 

VitaMix METABOLIS, atau lebih dikenal sebagai Metabolis Putih, cara baru, mudah, dan cespleng menggacorkan burung. Mudah didapat di kios-kios burung. Buktikan.

 

JUARA CUCAK HIJAU A

 

JUARA MURAI BATU B

 

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER B

 

JUARA CUCAK HIJAU C

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

 

 

 

 

KATA KUNCI: bnr mojoagung ch anak alas

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp