AEP MENYEMPROT PANGKRINGAN SEMAR

ANIS MERAH SEMAR

Menang Terus, Ini Perlakuan Aep di Lapangan

Dalam dua pekan ini, anis merah Semar tampil cemerlang. Setelah hatrik di Piala Presiden Jokowi pada 11 Maret, Semar kembali memborong juara di HUT ke-31 TVRI Jawa Barat. Bagaimana perlakuan Aep pada Semar di lapangan?

Kemenangan demi kemenangan terus diraih oleh Semar, jago milik Sien Ronny yang dipercayakan pada Aep Bandung. Semar sudah merasakan kemenangan di semua blok dan hampir di semua EO. Kualitas dan perfoma-nya pun mendapat pengakuan baik dari kawan maupun lawan.

Di Piala Presiden Jokowi yang berlangsung 11 Maret 2018 di Kebun Raya Bogor, Semar menyapu bersih 3 kelas anis merah. Prestasi tak kalah mentereng kembali diraih saat turun di HUT ke-33 TVRI Jawa Barat di Bandung, 18 Maret. Dari tiga kelas yang diikutinya, Semar dua kali juara 1 dan sekali runner-up.

 

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Untuk even yang jaraknya tidak terlalu jauh dari home base-nya di Bandung, Aep berani menurunkannya sepekan sekali. Itu sebabnya, Aep berencana menurunkan kembali Semar di even Majalengka Bangkit, 25 Maret besuk.

“Bagaimana pun, champion-nya burung anis merah ya di PBI, apalagi di Jawa Barat ini sudah cukup lama yang tidak ada even PBI, makanya kita dukunglah. Terakhir menang di PBI kan di Jogja Istimewa sekitar sebulan yang lalu. usai dari Majalengka, istirahat buat persiapan even yang super prestise, Borobudur Cup 8 April, kemudian ke Jogja lagi ikut even Piala Pakualam pada 6 Mei,” ujar Aep di sela-sela even Piala Presiden Jokowi.

Usai menang di sesi ke dua, burungnews mencoba mengikuti Aep. Pengin tahu saja sebenarnya apa perlakuannya selama di lapang. Apa setelah itu burung langsung digantung di tempat istirahat, atau ada perlakuan khusus.

 

 

Aep bersama kru sengaja memilih lokasi istirahat yang cukup jauh dari gantangan. Mungkin 100an meter. Tidak ada pedok, hanya di bawah rerimbunan pohon, dengan lantai konblok. “Di sini lumayan tenang. Kalau terlalu dekat lapang, biasanya cenderung agak gaduh, terlalu banyak orang lalu lalang, kurang nyaman lah buat istirahat burung.”

Semar lantas ditaruh di lantai. Aep kemudian mengambil semprotan. Di semprotlah beberapa bagian sangkar, seperti pangkringan dan bagian tebok. Untuk tubuh Semar, hanya bagian kaki yang ikut basah.

Bersamaan dengan itu, jangkrik dicolokkan, sampai 4 ekor. Kolak pakan diambil, sebagian pakan agak basah kena semprot. Aep lantas menggantinya dengan yang baru. Di dekat Aep, tampak sebungkus pakan Tweet Song kuning.

 

BERIKAN YANG TERBAIK UNTUK BURUNG KESAYANGAN ANDA. Tweet Song, pakan burung dengan nutrisi seimbang sesuai kebutuhan burung Anda, kualitasnya teratas. Pakan yang kini sedang happening, karena banyak yang merasa cocok setelah mencobanya.

Segera berikan Tweet Song, rasakan perubahan pada burung Anda.

 

Setelah itu, sangkar dikerodong. Beberapa bagian kerodong kembali disemprot tipis. “Biar kelembabannya terjaga, jadi segar kan,” ujar Aep sambil menggantungkan di dahan pohon untuk istirahat, menunggu sesi berikutnya.

Di kotak peralatan, tampak ada moncer1, selain juga obat Super-N. Hal yang perlu diperhatikan, jangan sembarang kasih jangkrik. Pastikan jangkrik yang kondisinya segar dan sehat. Sebaiknya bawa dari rumah yang sebelumnya sudah melalui proses karantina, jangan yang baru beli di pasar.

 

DATA JUARA PIALA PRESIDEN JOKOWI, KLIK DI SINI

DATA JUARA TVRI JABAR, KLIK DI SINI

BROSUR MAJALENGKA BANGKIT, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: piala presiden jokowi hut tvri jabar ke-31 bandung majalengka bangkit bambang risdianto

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp