KOVER VIDEO YANG DIJADIKAN JUDUL BERITA


VIRAL VIDEO SEBUT BnR AKAN BUBAR

Ini Kata Aa Duki Si Pembuat Video dan Bang Boy BnR

Malam ini, jagad kicaumania tanah air kembali dibuat geger oleh sebuah vidio yang baru saja diposting magrib tadi. Judulnya memang serem, “Benarkah BnR Akan Bubar Setelah Pengurus Pusat Mengundurkan Diri?”

Vidio itu dibuat dan dipublish oleh Aa Duki, yang kemudian diposting dan dimuat dalam berita di web duniakicau.com, tempat Aa Duki beraktivitas. Penjelasan vidio itu, juga untuk narasi pengantar di web duniakicau.com, adalah sebagai berikut"

 

Beberapa Tokoh Burung Nasional yang menjadi pengurus dalam organisasi BnR mengundurkan diri, seperti Toni Jangkung dan Keke, dua pilar utama Kemajuan dan Inovasi BnR mengundurkan karena beberapa faktor. Om Keke berani terbuka dengan 1000 alasan beliau hengkang dari BnR, bahkan beliau memprediksikan hal buruk akan terjadi jika BnR tidak memperbaiki dari sejak dini. Lalu apa sebab mereka keluar? dan seperti apa jadinya BnR tanpa pilar utama di pusat? berikut ulasannya:

 

Ulasan yang dimaksud dalam penjelasan atau pengantar berita di atas, bukan dalam bentuk artikel atau tulisan, tetapi dengan menonton video yang disematkan di bawah narasi tersebut.

Link video berikut narasi di atas lantas banyak dicopy paste dan tersebar di media sosial, termasuk di grub-grub watshap, sehingga cepat viral. Burungnews pun mencoba menelusuri, dengan cara melihat dan mempelajari konten vidio, kemudian melakukan konfirmasi kepada Aa Duki si pembuat video, juga meminta tanggapan kepada Bang Boy yang mewakili BnR.

 

 

Tak lama setelah vidio ini menyebar, Bang Boy memang langsung membuat tanggapan melalui akun face booknya. Dia mengawali dengan diksi yang cukup keras, “Awas wartawan ini bisa buat marah org BnR seluruh Indonesia ini.., jangan buat HOAX...”

Lalu diakhiri dengan memberi batas waktu. “Kalau 2 x 24 jam tidak ada klarifikasi, yang maju sudah bagian hukum BnR...”

Kepada Bang Boy, burungnews pun meminta konfirmasi. Jawaban penbuka bang Boy adalah, “Vidio itu judulnya saja yang bikin gaduh, tidak konek dengan isinya,” ujarnya mengawali konfirmasi.

 

BERIKUT TANGGAPAN LENGKAP BANG BOY ATAS VIDIO AA DUKI:

 

 

Burungnews sudah mencoba melihat video secara lengkap. Isinya wawancara dengan salah satu nara sumber yang baru saja mengundurkan diri dari BnR, Keu Keu dari Bandung.

Aa Duki yang bertindak sebagai host, sempat menyinggung dan menghubungkan dengan pengunduran diri Toni Jangkung, yang hanya berselang sekitar 1 pekan. Keu Keu sendiri menyangkal dengan menjelaskan bila keputusan mundurnya tidak terkait dengan Toni.

Keu Keu juga tegas menjelaskan, di BnR dirinya lebih sebagai loyalis, dan bukan bagian dari Pengurus (pusat). “Saya dulu pernah terpuruk, lalu bisa mentas juga karena jasa bang Boy, jadi soal ini sampai kapanpun tidak akan pernah saya lupakan. Saya orang yang selalu bisa mengingat dan menghargai jasa orang lain.”

 

 

 

Ada pun salah satu alasan memilih mundur, adalah karena sudah merasa tidak nyaman lagi. “Saya sudah cukup tua, apa yang saya cari adalah kenyamanan. Hal yang sebenarnya sudah cukup lama saya rasakan di BnR. Tapi saya mencoba tetap bertahan, karena itu menghargai Bang Boy. Namun belakangan ini ketidaknyaman itu memang memuncak, karena saya malah dicurigai. Dicurigai itu kan sangat tidak enak, siapa pun pasti tidak suka. Jadi membulatkan saya untuk mundur. Saya sudah menyampaikan langsung pengunduran diri saya, juga alasan-alasannya, termasuk apa yang akan saya lakukan kemudian setelah tidak lagi bergabung dengan BnR.”

Duki yang dalam wawancara itu melabeli Toni Jangkung dan Keu Keu sebagai bagian dari Tokoh penting dan berpengaruh di BnR itu (pilar utama), selain menanyakan alasan Keu Keu mundur, juga membuat pertanyaan yang berani dan cukup sensitif, apakah kemunduran keduanya (mengingat perannya yang disebut sebagai pilar utama) bisa membuat BnR bubar.

 

 

Pertanyaan ini pun dijawab tegas oleh Keu Keu. “Tidak, BnR tidak akan bubar hanya karena ditinggal saya dan Toni. Di BnR SDM kaitannya dengan juri sebagai ujung tombak EO itu banyak. Yang penting pengurus memang harus bisa memilih yang benar-benar objektif, yang tidak punya kepentingan terselubung. Di BnR kan banyak yang ambisi pengin jadi ketua atau pejabat. Nah itu harus pinter-pinter pilih yang benar-benar memang punya keinginan untuk membesarkan BnR, bukan punya kepentingan pribadi yang bisa merugikan BnR.”

Nah, biar tidak lepas kontek dan salah paham, Anda para pembaca burungnews pun mesti melihat videonya secara utuh:

 

 

Kepada Aa Duki, burungnews pun mengklarifikasi persoalan vidio yang lagi heboh ini. “Iya, lagi ramai. Banyak juga yang telepon langsung ke saya menanyakan soal vidio ini,” ujarnya.

Hingga berita ini dipublish sekitar jam 22, vidio ini sudah ditonton lebih dari 1.700 kali.

Duki merasa tidak ada yang salah dengan videonya, sehingga tidak berniat untuk menarik atau menghapus dari Youtube. “Judul berita atau video, kan kita tarik dari dari kesimpulan besar, dipilih semenarik mungkin, supaya orang pengin melihat. Judul itu saya buat dengan pertanyaan. Kalau orang kemudian penasaran dan ingin tahu jawabnya, ya harus tonton vidio itu sampai rampung, baru paham maksudnya secara utuh,” jelasnya.

 

 

Demikian pula dengan pertanyaan, “Benarkah BnR Akan Bubar...” Menurut Duki, kalau kita mau nonton isinya secara lengkap, kan jelas dan tegas dijawab oleh Keu Keu, BnR Tidak Akan Bubar. Jelas kan. "Jadi.., di mana salahnya”

Duki juga mengaku sudah membaca status Bang Boy yang menuntut klarifikasi. “Ya begini, kalau misal ada yang tidak terima, lalu ingin menuntut di muka hukum, ya silakan. Saya akan hadapinya, karena saya memang harus bertanggungjawab atas apa yang saya publikasikan dan dibaca oleh publik. Kalau diminta untuk melakukan klarifikasi, saya juga akan dengan senang hati mengklarifikasi segala hal tentang vidio tersebut. Selalu siap.”

 

 

Kepada burungnews, Bang Boy menjelaskan bahwa klarifikasi yang dimaksud adalah terutama tentang pilihan judul. “Tolong jelaskan siapa yang dimaksud Tokoh dan siapa pula Pengurus Pusat yang keluar. Terutama terkait penyebutan Pengurus Pusat, karena itu kan menyangkut jabatan formal yang tercantum dalam AD/ART.”

Dalam struktur kepengurusan BnR yang saat ini masih berlaku, disebutkan oleh Bang Boy:

  • Ketua Umum: M. Kadafi
  • Ketua Harian: H. Mansur
  • Sekjen: Erlangga
  • Bendahara: Lucito
  • Ka. Bidang Bisnis: Faisol
  • Ka. Bidangf Penangkaran: Joko TJM
  • Ka. Bidang Sosial: Awei
  • Ketua EO: Kadir
  • Ka. Divisi Juri: Heri IP

 

“Tidak ada nama Toni Jangkung dan Keu Keu dalam struktur pengurus pusat BnR. Toni hanya ketua EO DKI, Keu Keu Penasehat BnR Jawa Barat. Jadi dari mana ketemu judul ‘Pengurus Pusat Mengundurkan Diri’. Ini yang harus dijelaskan juga kepada publik.”

Bagaimana akhir dari "drama" vidio ini?

 

KATA KUNCI: vidio viral sebut bnr akan bubar aa duki bang boy

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp