RADANG PADA OTAK MERPATI (dok. mas nino)

TELO PADA BURUNG

Benarkah Virus ND Biangnya?

Sebuah tulisan menarik diposting oleh akun Mas Nino. Tulisan ini sudah banyak banyak dibagikan. Burungnews diijinkan untuk menayangkan kembal tulisannyua. Hanya sedikit editing pada ejaan, urutan dan isi tetap sama. Judul aslinya cukup provokatif, Membela Virus ND. Postingan/tulisan asli disertakan.

Tulisan lebih mengarah pada burung merpati. Namun, penyakit ini juga bisa menyerang jenis burung lainnya, termasuk sejumlah burung berkicau. Anda para kicaumania sebaiknya juga mencermati artikel ini.

Pertama, pada tulisan ini saya tidak mau membahas soal “obat telo apa”, atau "Cara menyembuhkan telo gimana?". Buat saya itu jenis pertanyaan yang membosankan.

Tapi secara implisit, dengan alur nalar yang baik, cara tadi sebenernya ada dalam tulisan ini. Jadi kalau merasa perlu tahu obat atau penyembuhannya, cerna baik-baik. Mestinya ketemu.

 

 

MAS NINO

 

Ok, kita mulai. Sering kali dalam kasus "Telo" yang menjadi kambing hitam adalah virus ND, pada merpati dikenal sebagai PMV-1. Seolah-olah hanya ND-lah yang bisa menyebabkan kepala melintir. Padahal kenyataannya bisa disebabkan banyak hal.

Kali ini kita pilah jadi 2 kemungkinan. Supaya sederhana, virus atau bukan? Secara ilmiah, pembuktian virus atau bukan memang rumit. Perlu lab yang cukup memadai, dengan mesin PCR dan Mikroskop Elektron. Tapi secara kasat mata tanpa peralatan canggih tadi, bisa kok kita menentukan virus atau bukan. Kita pakai cara nekropsi (bedah bangkai).

Dulu saya berguru pada "mbahnya" Virus di Bogor, bolak balik dengan motor butut, kadang naik kereta juga. Dia mengajarkan bahwa setiap serangan virus akan meninggalkan jejak di 3 organ:

 

 

OTAK

Pada gambar ilustrasi, itu adalah bagian otak yang terkena serangan Telo. Apa pun penyebabnya, akan terjadi peradangan di bagian pembuluh darah di otak. Bagian "urat-urat" yang merah tampak membesar, pada burung sehat tidak sebesar itu dan tidak semerah itu.

Kalau pada bagian otaknya sudah seperti itu, maka semasa hidup si burung akan sangat sensitif terhadap suara, cahaya, mudah kaget, koordinasi motoriknya terganggu (kelapa melintir, terbang nabrak-nabbrak, dst.). Ini sebenarnya mirip pada serangan "stroke" pada manusia. Tapi kondisi otak seperti itu belum tentu disebabkan oleh virus.

Untuk memastikan, kita pelu melihat organ lain.

 

SUPER-N, mengobati beragam penyakit burung, termasuk merpati.

 

PROVENTRICULUS

Ini adalah pangkal usus. Bagian usus seperti kantung yang nempel pada ampela. Bila serangan virus pada bagian ini ada lesi /peradangan di bagian pentil yang menonjol pada permukaan usus. Jadi bentuk peradangannya bercak merah menyerupai titik-titik. Mirip polkadot tapi warnanya merah. Kalo tidak ada peradangan berarti BUKAN virus. Kalo belum yakin, kita cek lagi pada organ ke tiga.

 

PARU

Pada serangan virus ND, jejak ke tiga ada di paru-paru. Bagian ini akan terjadi peradangan juga. Bentuknya bercak-bercak merah di hampir semua bagian paru.

Nah, kalo di ketiga organ tadi ada jejaknya betul positif Telo-nya disebabkan oleh virus. Kalau tidak ada jejak tadi, maka dapat dipastikan itu bukan disebabkan oleh virus.

Kalau masih ada teman yang "ngeyel"..., gampang, duitin aja sekalian. Ajak taruhan, bawa bangkainya ke lab kesehatan hewan. Di Ragunan biaya sekitar 250 ribu untuk pool 5 sample. Hasilnya akan keluar sekitar 1-2 hari kemudian. Jadi jangan mudah mengkambing hitamkan virus ND ya, kasihan dia difitnah terus. (Agak panjang sedikit, semoga menambah wawasan... Mas Nino0

Di luar yang disampaikan oleh Mas Nino, ada juga pengalaman dari mereka yang burungnya pernah terkena Telo atau Tetelo dan kemudian bisa sembuh.

Mereka mengaku memberikan LEMAN'S. Leman's satu-satunya obat yang formulanya dilengkapi dengan vitamin, selain ampuh mengobati beragam penyakit burung termasuk merpati, juga efektif untuk pencegahan.

 

TELO saja bisa sembuh. Apalagi  beragam penyakit burung lainnya. Simak pencerahan dari Mas Nino dan cerita pengalaman mengobati Telo dari kicaumania lainnya.

KLIK DI SINI

 

 

BERIKUT POSTINGAN ASLI MAS NINO:

KATA KUNCI: mas nino merpati virus nd ppmbsi lemans

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp