CAK BOGANG DAN CUCAK HIJAU SONEO


SALMA BC JOMBANG: Rangsang Cucak Hijau Tampil Jegrik dan Ngentrok

Dibeli Rp 850 ribu, Soneo masih berupa cucak hijau bahan. Khamid tertarik karena suaranya lantang dan ngerolnya lumayan panjang. Ditangani Muhadi selama enam bulan, gaco ini bisa tampil jamtrok. Simak rahasianya?

Punya cucak hijau yang bisa tampil Jegrik dan Ngentrok (jamtrok) adalah kebanggaan tersendiri, apalagi kalau diimbangi dengan kualitas vokal maksimal. Untungnya, gaco seperti ini bukan hanya punya para sultan saja.

 

 

JUARA CUCAK HIJAU A

 

Para penggemar pemula juga bisa mencetak gaco bertaraf sultan, asal tahu caranya. Mulai dari membidik bahan, memoles, hingga menerjunkannya ke lapangan. Proses tidak akan menghianati hasil.

"Telaten dan teliti. Ini modal utamanya. Jangan mudah putus asa, banyak-banyak membaca tips setingan gaco, bukan hanya khusus cucak hijau saja ya, tapi semua jenis burung. Siapa tahu diantara banyak tips yang dibaca, ada yang jodoh," kata Muhadi atau pemain yang akrab dipanggil Cak Bogang dari Dukuhklopo Jombang.

 

JUARA CUCAK HIJAU B

 

Cak Bogang adalah pria yang dipercaya merawat sejumlah gaco milik Khamid yang biasa mengorbitkan gaco punya Pak Sis dari Pasar Pon Team Jombang. Sudah banyak gaco yang dipoles dan berprestasi mentereng, mulai gaco cucak hijau, murai batu, dan love bird.

Di gelaran Salma BC Jombang di Tambakberas Gang 2 Jombang, Kamis 11 Februari 2021, Khamid dan Muhadi membawa beberapa gaco, salah satunya cucak hijau Soneo. Gaco ini sudah mengoleksi banyak prestasi yang diraihnya dari berbagai gantangan, baik latber, latpres maupun cup.

 

VitaMix METABOLIS, atau lebih dikenal sebagai Metabolis Putih, cara baru, mudah, dan cespleng menggacorkan burung. Mudah didapat di kios-kios burung. Buktikan.

 

Turun di kelas Cucak Hijau B, Soneo berhasil meraih juara I. Gaco ini tidak hanya pamer aksi jamtrok, tapi juga membongkar vokal mewah. Suara tipe roll tembak panjang bermaterikan besetan cucak jenggot disambung tengkek, juga gereja tarung dipungkasi dengan suara love bird.

"Soneo ini isiannya sangat banyak. Ada suara gereja tarung, kenari, cucak jenggot, tengkek buto, love bird, dan srindit. Setiap hari Soneo selalu dekat dengan burung-burung itu yang memang saya jadikan guru vokal. Cucak hijau itu kebanyakan tipe burung cerdas, cepat menirukan suara burung lain, tapi juga cepat lupa kalau dipisah dari guru vokalnya," beber Cak Bogang yang juga teknisi di Masjid Agung Jombang.

 

JUARA MURAI BATU A

 

Kalau melihat hasilnya di lapangan, tentu banyak yang mengira kalau Soneo dibeli dengan mahar mahal. Tapi hal ini dipatahkan Cak Bogang. "Soneo ini beli Cak Khamid dari rumahan dan masih bahan. Dapatnya cuma Rp 850 ribu. Tapi waktu itu belum bisa jamtrok, namanya juga burung bahan," ungkapnya.

Muhadi mengaku butuh waktu sekitar enam bulan untuk merubah karakternya. Dari semula tidak bisa jamtrok menjadi jamtrok. "Sejak saya tangani, saya cuma kasih pakan jangkrik dan pisang kepok putih. Tidak pakai ulat hongkong dan kroto," cetusnya.

 

JUARA MURAI BATU B

 

Porsi jangkrik juga tidak pakai takaran. CakBogang memberinya dalam jumlah banyak, sampai burung merasa kenyang dan tidak mau lagi ketika disodori jangkrik. Jangkrik yang paling disukai Soneo adalah jangkrik yang bulunya masih muda dan berwarna putih.

Untuk meredam birahi, setiap hari Soneo dimandikan. Caranya, di sangkarnya diberi cepuk besar dan diisi air sampai penuh. Setelah disemprot sedikit, Soneo langsung mandi. Penjemuran juga tidak terlalu lama, sebagai gantinya dimasukkan tenggaran mulai pagi sampai siang.

 

 

"Untuk menunjang performanya agar tetap prima dan siap tarung, Soneo selalu saya beri vitamin Lemans yang saya oplos dengan Quattrick. Vitamin ini sudah jadi tren di Jombang dan kota lain. Sudah banyak yang pakai meski belinya hanya lewat Tokopedia atau Shopie," ungkap Cak Bogang.

Cara pemberian vitamin Lemans, menurut Cak Bogang tidak langsung diteteskan ke paruh seperti saat memberikan ke love bird atau kenari. Tapi dioleskan ke jangkrik atau pisang kepok. Itupun hanya satu tetes setiap pagi saja.

 

AL MILIK AZIZ SONIC MERAJAI KELAS KENARI

 

Saat tampil di Salma BC, Soneo mampu menyita perhatian juri dan pemain karena selain full jamtrok, suaranya juga lantang dan panjang. Materi yang kerap dibongkar adalah suara besetan cucak jenggot disambung tengkek buto, dan suara gereja tarung diopungkasi suara love bird.

Gaco yang jadi lawan Soneo di kelas ini adalah X Man yang jadi andalan Nuryanto dari Mesem SF, dan Andalan Aing milik Harsono dari Kleper SF. Kedua gaco yang dikalahkan Soneo memiliki catatan prestasi apik dan kerap moncer di podium teratas.

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER A

 

Sementara gaco yang moncer di kelas Cucak Hijau A adalah Ziga andalan Shaka Atharizz dari Griya Konin SF. Gaco ini sudah mengoleksi puluhan tropi dan kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Ternyata, Shaka juga rajin memberikan oplosan vitamin Lemans dan Quatrick.

Mantri yang dikawal Joko dari DM SF dan Al andalan Aziz Mustofa dari Sonic SF menjadi terhebat di gelaran Salma BC kali ini. Mantri yang turun di kelas Murai Batu A dan B berhasil nyeri juara I. Begitu juga Al yang diturunkan di kelas Kenari A dan B, juga berhasil merangkum prestasi emas.

 

 

Di kelas Love Bird Fighter, line up teratas ditempati dua gaco pilih tanding. Brolin milik AY BF dari Rea Reo Hore menjadi jawara di kelas Love Bird Fighter A, sedangkan  Man Ana milik H Gimo dari Hasil Laut SF menjadi yang terbaik di sesi Love Bird Fighter B. (RAFF)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

JUARA LOVE BIRD M2 A

 

JUARA LOVE BIRD M1 A

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

 

KATA KUNCI: tips cucak hijau salma bc cucak hijau jamtrok

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp