ATURAN DAN TATA TERTIB PIALA PRADANA

PRESS RELEASE PIALA PRADANA, #4

Lomba Akan Dimulai Pukul 09:00 WIB, Berikut Aturan dan Tata Tertib Lomba

Mengingat banyaknya kelas yang akan dilombakan, Piala Pradana yang akan digelar besok Minggu, 31 Januari 2021 di Bolali, Wonosari, Klaten direncanakan akan dimulai pukul 09:00 WIB tepat. Berikut ini aturan dan tata lomba yang wajib dipatuhi oleh peserta.

Mengingat lomba digelar dalam situasi pandemi Covid-19, peserta diwajibkan untuk mematuhi semua protokol kesehatan baik wajib pakai masker, jaga jarak, maupun cuci tangan. Sebagai bentuk tanggung jawab akan protokol kesehatan, panitia akan melakukan pengecekan suhu tubuh di pintu-pintu masuk dan menyediakan tempat cuci tangan di sejumlah tempat strategis.

 

 

JADWAL PIALA PRADANA

 

Untuk memaksimalkan penilaian sekaligus menjaga kondusifitas, lomba diharapkan bisa berjalan tanpa teriak. Peserta dilarang berteriak, memanggil juri, ataupun menyebut nomor gantangan. Apabila masih dilakukan, panitia berhak memberikan bendera peringatan atau diskualifikasi.

Peserta juga dilarang melambaikan tangan atau kerodong, membunyikan peluit dan alat bantu lainnya yang dapat mengganggu penilaian juri. Keputusan juri bersifat mutlak dan tak bisa diganggu gugat. Jika terjadi force majeur (gangguan alam) seperti, gempa bumi, hujan lebat, atau huru hara yang membuat lomba tidak bisa dilanjutkan, tiket yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan.

 

ATURAN DAN TATA TERTIB PIALA PRADANA

 

Apabila ada peserta yang membuat keributan, anarkis, dan tindak kriminal lainnya hingga mengganggu kelancaran lomba, panitia akan menyerahkan pelaku kepada pihak yang berwajib untuk diproses sesuai hukum yang berlaku. Demi kelancaran lomba, peserta yang sudah mendaftar dianggap sudah mengerti aturan dan tata tertib lomba.

Pakem penilaian untuk kelas kicauan meliputi aspek durasi kerja (40%), irama lagu (20%), volume (15%), tonjolan (15%) dan gaya (10%). Untuk burung-burung yang nglantai/nebok, nglowo (murai batu), balon (kacer), buka sayap/bayek (cendet), ngering jeruji (kenari), cacat fisik permanen, nyisir sampai ekor dan tidak njambul (cucak hijau), nglantai lebih dari 3 menit (branjangan) akan didiskualifikasi.

 

PAKEM PENILAIAN KELAS KICAUAN

 

Sementara untuk burung-burung yang sering ngering jeruji, salto, cacat fisik non permanen, atau terlalu nyaman nyisir sayap/bulu kecil akan mendapatkan pengurangan nilai. Ketika sesi akan dimulai, hitungan 1-10 akan diberlakukan bendera start. Jika tidak mendapat bendera start, maka tidak bisa juara 1/2/3.

Struk yang masuk dalam poin SF/BC tidak boleh ada coretan dan wajib diisi lengkap baik nama, pemilik, maupun alamat sebelum menggantang. Adapun untuk kelas-kelas reguler poin juara 1=100, juara 2=50, juara 3=25. Khusus untuk tiket 2 juta dan 1 juta rupiah, pemenang mendapat poin ganda (dua kali lipat). Sementara untuk kelas komunitas, tidak ada poin SF/BC.

 

BATAS AKHIR PEMESANAN TIKET

 

Penentuan juara umum SF/BC akan dihitung berdasarkan poin juara 1 terbanyak, apabila poinnya sama, akan ditentukan berdasarkan juara ke 2 terbanyak, dan seterusnya. Apabila ada pertanyaaan mengenai aturan dan tata tertib lomba yang belum jelas, silakan hubungi panitia. [RLS]

 

KATA KUNCI: piala pradana

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp