H SAMSUL BERSAMA CONTOH KRITERIA SANGKAR YANG DIPAKAI DI PIALA RAJA

PIALA RAJA 2023 (1)

Hal Baru Tentang Sangkar, dari yang Wajib, Coklat Natural, Hingga Bebas (Pengecualian)

Piala Raja tahun ini akan menerapkan babak baru, terkait sangkar. Secara umum, peserta harus memakai sangkar seragam coklat natural, selain beberapa kelas yang dikecualikan. Ada yang benar-benar wajib dan harus beli ke panitia, ada yang bisa memakai yang lama atau beli di mana saja asal sesuai kriteria.

“Kami sudah bosan dan jenuh menerima keluhan atau tuduhan, misalnya juaranya kok yang sangkar itu-itu terus. Mereka bilang sudah hapal dari bentuk, rupa, hingga tanda-tandanya, lantas menuduh team juri pasti lebih hapal lagi. Tuduhan tersebut selalu terjadi setiap kali kami menggelar lomba,” ujar H. Samsulhadi, Ketua Pelaksana Piala Raja 2023, sekaligus juga Humas PBI Pusat.

Dari latar belakang itulah, juga kemauan dan semangat untuk menggelar lomba secara lebih bermartabat, apa adanya, untuk gelaran Piala Raja tahun ini pun langsung menerapkan aturan yang cukup frontal dari sisi sangkar.

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Untuk Piala Raja tahun ini, memang bisa dikatakan semua kelas akan menggunakan sangkar “seragam”, selain beberapa kelas yang masih dikecualikan yaitu anis merah, anis kembang, love bird, dan branjangan.

Seperti disebut di bagian awal, ada yang benar-benar wajib seragam, sangkarnya harus baru dan bersumber dari panitia. Ada pula seragam tapi tidak pakai istilah wajib, lebih fleksibel, asal coklat natural standar.

Pada kelas-kelas yang ada keterangan “wajib sangkar seragam", benar-benar memang harus seragam dalam arti harus membeli dari panitia. Kelas wajib sangkar ini juga masih dibagi 2, ada yang harga tiket sudah include atau termasuk sangkar, ada yang peserta mesti beli sendiri secara terpisah.

 

SANGKAR KOTAK 2 RING, UNTUK KENARI. 

 

Untuk kelas-kelas yang harga tiket sudah termasuk sangkar, tentu sudah tidak perlu pusing, karena begitu Anda pesan, kemudian bayar/transfer, sangkar akan segera dikirim. Kelas-kelas include sangkar, terdiri dari Murai Batu Maharaja (15 juta) dan Murai Batu Ring Silver Maharaja (5,5 juta).

Ada pun untuk kelas wajib sangkar lainnya, peserta harus beli kepada panitia secara terpisah. Rinciannya terdiri dari Murai Batu Ring Prameswari, Cucak Hijau Prameswari, Kenari Standar Kecil Prameswari (2,2 juta). Wajib sangkar yang beli tepisah berikutnya, Kenari Standar All Size A-B Prameswari, (1,5 juta), Cucak Hijau Jogja Istimewa, Kenari Standar All Size Jogja Istimewa, Kacer Jogja Istimewa (1,1 juta), 

Pembelian sangkar wajib yang dibeli secara terpisah, bisa menghubungi langsung H. Samsulhadi di nomor (WA) 0821.3550.5999.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Pada kelas-kelas di luar Wajib Sangkar, pada prinsipnya juga tetap seeragam, tapi lebih longgar, tidak harus beli ke panitia, kriteria umumnya adalah coklat natural. Catat dan ingat lagi, aturan ini tidak berlaku untuk kelas anis merah, anis kembang, branjangan, dan love bird (pengecualian). Ya, khusus kelas-kelas yang terakhir ini, masih bisa menggunakan sangkar bebas.

Sejumlah aturan umum untuk kelas-kelas yang menggunakan sangkar coklat natural, adalah benar-benar polos, termasuk tidak ada merek. Tidak boleh memakai aksesoris tambahan yang tidak standar seperti stopper berbeda, gantungan dibalut, diberi stiker, kunci pintu. Burung yang menggunakan 2 pangkringan harus sama bahan dan bentuknya.

Bagi burung yang menggunakan ranjau atau semacamnya, diperbolehkan untuk semua kategori (wajib, coklat natural, bebas). Syaratnya satu, tidak boleh terlihat dari bawah.

 

SANGKAR KOTAK 3 RING UNTUK KACER, CUCAK HIJAU, CENDET

 

Bagi yang mengikuti kelas-kelas dengan sangkar coklat natural, bisa menggunakan sangkar lama, atau beli baru di toko terdekat. Bila sangkar lama yang spek sudah terpenuhi, tapi masih ada merek, silakan sementara dilepas dahulu.

Syarat / spek sangkar coklat natural, pada prinsipnya sama dengan sangkar wajib, hanya tidak harus beli lewat panitia. Perbedaan-perbedaan kecil masih ditoleransi, semisal sangkar lama yang warna sudah agak kusam. Atau warna coklatnya mungkin tidak sama persis, ada yang agak gelap, ada yang agak teramg. Ini masih dalam batas toleransi.

Bila Anda ragu apakah sangkar yang sudah dimiliki, atau yang akan dibeli, sudah memenuhi syarat atau untuk ikut Piala Raja tahun ini, silakan difoto, kemudian dikirimkan lewat ke H. Samsulhadi di nomor (WA) 0821.3550.5999.

 

Hati-hati, makin gencar beredar produk PALSU! Pastikan anda mendapatkan produk SUPER-N asli. Jangan ragu memastikan kepada kios/toko, minta ditunjukkan kardus yang ASLI adalah seperti di bawah ini. Perhatikan juga warna, bentuk, dan ciri BOTOL SUPER-N yang asli.

 

Rincian kriteria sangkar COKLAT NATURAL adalah sebagai berikut:

SANGKAR BUNDAR MURAI BATU: ukuran 58, pangkringan sama, stopper (bawaan) tidak boleh dilepas, warna coklat polos untuk semua bagian, tanpa tempelan merek, kolak pakan dilepas (saat lomba), ranjau tidak kelihatan dari bawah. Untuk sangkar wajib, harga 1 juta, di luar wajib spek mengikuti.

KOTAK KENARI: warna coklat polos, memakai 2 ring, sepatu pada ujung kaki warna putih (lihat gambar), tanpa stopper / mainan. Untuk sangkar wajib, harga 600 ribu.

KOTAK CUCAK HIJAU DAN KACER. Cucak Hijau kotak nomor 2, kacer kotak nomor 1. Warna coklat polos, memakai 3 ring, sepatu putih, tanpa stopper, ranjau tidak kelihatan dari bawah. Sangkar wajib kacer, harga 650, sangkar wajib cucak hijau harga 600 ribu. Di luar wajib, spek mengikuti.

Harga di atas, untuk sangkar wajib atau bila Anda ingin beli dari panitia, belum termasuk ongkir. Ongkir menggunakan kereta (ambil di stasiun) 100 ribu, menggunakan jenis angkutan lain, menyesuaikan. Daftar harga ongkir bisa langsung menghubungi panitia (H. Samsulhadi)

Pakem dan Sistem Penilaian di Piala Raja 2023, simak di artikel berikutnya. Semua lapang akan menggunakan gantangan elektrik, pagar diset dekat dengan burung terluar (seperti di Jogja Istimewa pada 12 Februari 2023 yang lalu).

 

SEPATU UNTUK SANGKAR KOTAK

 

SEPATU UNTUK SANGKAR MURAI (BAHAN KAYU/BAMBU, WARNA SAMA DEGAN SANGKAR)

 

 

DAFTAR KELAS YANG SUDAH SOLD OUT (s.d Selasa 1 Agustus):

 

BROSUR PIALA RAJA 2023:

CATATAN: Semua lapang (A-B-C-D) sekarang sudah full 25 kelas/sesi. Setiap Lapang akan menggunakan gantagan elektrik.

 

 

JADWAL PIALA RAJA 2023:

 

 

KATA KUNCI: piala raja 2023 piala raja pbi bantul pbi pengda jateng-diy h samsulhadi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp