MENDEM JAYA DAN RIVAI

23th PIALA RAJA, #23

Cerita Kenari Pusaka MJI, Jago yang Perfoma dan Prestasinya Dapat Pengakuan dari Musuh

Mendengar si pecundang mencela dan ngomong kelemahan sang juara, itu biasa. Bagaimana ketika musuh-musuhnya memuji dan mengakui bila si pemenang memang benar-benar bagus dan layak juara? Itulah yang terjadi pada kenari Pusaka MJI di Piala Raja 2023.

Kita tentu sering mendengar obrolan seperti ini seusai lomba, apa pun dan di mana pun. “Punya saya kurang apa ya, yang dicari yang seperti apa lagi, kok ditinggal terus,” “Burung begitu juara, memang tidak ada lainnya yang lebih baik,” “Juaranya kok itu-itu saja, hapalan apa ya,” “Oh dia yang gantung, itu punya si anu, ya pantas saja susah kalah,” dan semacamnya.

Tapi obrolan pada Kamis sore, 14 September, di warung gantangan RI Kedulan, Kalasan, Yogyakarta sungguh berbeda. Beberapa kicaumania mud aitu sedang istirahat di sela-sela Latber rutin. Salah satu yang dibicarakan adalah kenari milik Mendem Jaya dari Klaten.

 

 

Burungnews yang baru datang dan mendengar itu, ikut nimbrung dan mengulik lebih jauh lagi. Mencoba memancing untuk “bernyinyir ria:. “itu tadi ngomong burungnya Mendem, maksudnya, burung itu menurut sampean memang benar-benar bagus dan layak juara, atau seharusnya tidak juara tapi dipaksakan menang?”

“Memang bagus sekali itu mas. Ya durasi, gaya, lagu, itu burung tidak bisa ditinggal. Untuk saat ini, burung itu paling banyak dibicarakan di kalangan kenari mania,” jawabnya spontan dan serius.

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Ia lantas mengabsen beberapa burung atau pemilik burung yang secara data juara, prestasinya lebih baik, termasuk berada di kelas-kelas yang lebih tinggi. “Tapi responnya tidak sebaik pada Pusaka MJI. Menurut kami dan para kenari mania lain yang nonton dan netral, penampil terbaik untuk kenari di Piala Raja kemarin tetap Pusaka MJI, kendati turunnya di kelas-kelas bawah."

Kicaumania yang di Kedulan juga tampak menurunkan kenari itu, ternyata juga paham awal mula sejak burung itu dicolok oleh Rivai Klaten saat masih ombyokan di tempat Muptek Salatiga, hingga kemudian dibeli Mendem Jaya. “Sebelumnya di Festival kenari Semarang juga borong juara.”

 

KENARI MANIA MANTAU BURUNG BARU TIBA DI MUPTEK BIRD CANARY SALATIGA

 

Sabtu 16 Juli, burungnews secara tak sengaja, tanpa janjian, ketemu dengan Rivai di Soft Launching Garuda BC Semarang. Obrolan tentang Pusaka MJI pun dilanjutkan.

Menurut Vai, informasi awal dari mas Eko, ada burung rusmi bagus di tempatnya mas Muptek. “Terus dapat lampu hijau dari Om David Semarang, ya sudah saya datang ke sana. Kita lihat burung masih di ombyokan, memang sudah paling rajin bunyi di antara yang lain,” ujar Vai mulai mengisahkan.

 

KATA KUNCI: kenari pusaka mji kenari al gabir mendem jaya rivai juara diakui musuh

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp