IVAN SYAM DAN PIUS, KEBAGIAN TROPI DI PIALA BAROMETER


PIALA BAROMETER INDONESIA, #7

Duet MB Jendral dan AM Misteri Raih Tropi, Bersiap ke Piala Raja

Pada Piala Raja tahun 2019 yang lalu, sebuah berita cukup mengagetkan viral. Burung yang awalnya tidak mau diturunkan bisa juara, diambil mendadak dengan gocar karena ada burung milik temannya trobel dan batal turun.

Itulah Jendral, burung milik Ricky Donald dari Maximum Team yang kini sudah berpindah tangan ke Mr. Pius Bandung. Selama berada di tangan Pius, burung secara umum tetap stabil penampilannya. Juara sudah sering direbutnya, baik di seputar Bandung, Jawa Barat, hingga seputar ibu kota Jakarta.

BACA: Niatnya Jalan-Jalan di Piala Raja, Ada Tiket Cancel Langsung Ambil Burung Pakai Gojek, Ternyata Juara 1

 

 

“Sudah sering, sudah banyak tropinya, tapi saya mah lupa satu persatunya,” ujarnya saat berjumpa burungnews.com di sela-sela lomba Piala Barometer Indonesia di Tangerang (17/10).

Ya, Mr. Pius menyempatkan diri berangkat ke salah satu event prestis yang jadi pembuka di blok barat. Gelaran PBI Tangerang ini berlokasi di Batalyon 09 Serpong, Tangerang Selatan.

Mr. Pius tidak datang sendirian. Ia berkolaborasi dengan Ivan Syam Royal Sakura, yang menurunkan salah satu andalannya, anis merah Misteri. Misteri meraih juara 1 di sesi pertama. “Di sesi terakhir, menit-menit akhir saat juri tampak sudah banding-banding, eh malah oncling,” begitu Ivan menceritakan sambil geleng-geleng kepala.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Seperti halnya Jendral, Misteri pun sudah tak terhitung juaranya, beberapa kali diantaranya juga borong juara, entah double winner entah hatrik.

Pius menuturkan, Jendral, Misteri, juga beberapa jago lainnya yang siap, akan dipersiapkan kembali untuk turun di Piala Raja, yang b akal digelar pada 28 November yang akan datang. Pihak panitia sudah mempublish poster stoppres, meskipun brosur utuh belum dikeluarkan.

“Bagaimana pun, Piala Raja itu harus diakui memang luar biasa prestisnya. Siap tidak siap, rasanya kok rugi sekali kalau sampai tidak hadir. Jadi ya kita siapkan lah jago terbaiknya. Soal hasil, ya kita lihat saja nanti. Semoga saja tidak mengecewakan. Pokoknya sudah ancang-ancang untuk segera pesan tiket biar kebagian yang kita butuhkan.”

 

Jangan lupa, Anda juga mesti memiliki kaos Piala Raja yang selalu jadi baju kebesaran kicaumania untuk dipakai kapan saja tanpa pernah lekang oleh waktu. Kaos yang sangat direkomendasikan karena kualitas bahan, disain yang stilis, juga pengerjaannya yang halus adalah produk dari Trend-Kicau. Biar kebagian, silakan Anda bisa segera menghubungi 0852.5863.4229.

 

Pius pun menceritakan bagaiman dia dan banyak para sahabatnya dalam menjaga kondisi jagoan-jagoannya, sehingga penampilannya secara umum stabil dan sering meraih juara. “Kalau soal rawatan tiap orang tentu ada bedanya. Bahkan burung milik saya saja masing-masing ada beda, tergantung karakter, meski kita berusaha supaya rawatan itu sedapat mungkin ya simpel tidak terlalu merepotkan.”

Satu hal yang sangat penting dan benar-benar vital, menurut Pius adalah soal pemberian EF jangkrik. “Hampir semua burung terutama pemakan serangga, kita berikan EF jangkrik. Jangkrik memang sudah lama kita kenal sebagai agen nutrisi yang bagus, selain kroto. Jangkrik juga relatif mudah di pasar, dibandingkan dengan serangga lain seperti belalang misalnya.”

 

 

Hal yang sering kali terabaikan, menurut Pius, adalah fakta bila jangkrik juga bisa menjadi agen pembawa bibit penyakit. “Bukan hanya penyakit yang mengganggu kondisi burung, seringkali juga penyakit yang bisa berakibat fatal. Karena itu kita harus benar-benar teliti ketika hendak memberikan jangkrik pada burung.”

Cara paling mudah dan aman, jangkrik yang baru dibeli jangan langsung diberikan ke burung. “Kita tidak pernah tahu selama perjalanan dari peternak, ke pengepul, di pasar, di kios, dia makan apa. Seringkali jangkrik dikasih pakan sembarangan, misalnya voer bekas yang tumpah, sayur yang tidak segar atau sudah mengandung risidu bahan kimia, ditempatkan pada wadah yang kurang bersih, dikasih rumah-rumahan dari bahan yang mengandung zat tidak sehat semacam asbes, tempat telur bekas, dan semacamnya. “Nah itu dia yang bila tidak beruntung, bisa membawa serta bibit penyakit ke burung kesayangan kita,” terang Pius.

 

 

Cara yang dilakukan oleh Pius dan banyak kicuamania, dengan menyimpan atau semacam mengkarantina dulu jangkrik setidaknya satu hari. Tempatkan pada wadah yang bersih dan kering, berikan pakan yang segar, bersih, dan sehat. Misalnya diberikan sayuran harus benar-benar segar dan bersih dari risidu zat kimia, misalnya dikasih voer juga harus segar dan belum kadaluwarsa, dan lainnya.

“Paling praktis dan aman, saya selalu memberikan pakan jangkrik yang sudah disiapkan secara khusus, namanya Maximum. Praktis, mudah didapatkan di pasar. Jangkrik jadi sehat dan pastinya juga menyehatkan burung. Kandungan nutrisinya jadi lebih terstandar, sehingga untuk nyeting burung tidak melenceng hasilnya. Selama ini burung jadi lebih sehat, lebih fighter, lebih stabil penampilannya.”

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Situasi ini dan manfaat dari pakan jangkrik Maximum, disebut Pius sangat kita rasakan ketika memasuki pancaroba, dari kemarau ke musim penghujan misalnya. “Kondisi lembab itu sangat bagus untuk berkembangnya bakteri dan kuman lain yang bisa menginfeksi burung, dengan jangkrik sebelumnya kita treatmen seperti itu, jadi lebih terjamin kesehatan dan kebugarannya.”

Sebelum Piala Raja, PBI juga akan menggelar sejumlah event akbar lainnya, mulai dari The Premiere of Java di Area Taman Candi Borobudur (31/10). Event ini menggunakan 3 lapang, semua 36-G. Para peserta bisa duduk di kursi di dalam lapang, dalam jarak yang bisa memantau suara burung dengan baik.

 

 

Setelahnya ada Balekambang Kumandang bersama PBI Surakarta atau Solo (14/11). Ini adalah lomba rutin yang sangat prestis dan sudah sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Menyiapkan tropi khusus yang begitu mewah dan eksklusif.

Sementara itu, event di luar PBI yang dipastikan bakal dijubeli peserta adalah Piala Pariwisata bersama BnR Magelang (7/11). Lomba akan berlangsung di dalam area Taman Kyai Langgeng. Para peserta akan mendapatkan tiket gratis masuk ke area taman legendaris seluas 27 hektar, termasuk aksis gratis masuk 9 wahana kekinian yang pasti sangat cocok bila Anda mengajak serta anggota keluarga untuk sekalis bertamasya.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon/voucher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER (burung berkicau, lovebird, perkutut, merpati) dan/atau NICE (anjing, kucing). Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda MOTOR, hingga MOBIL baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021. (Kupon yang baru diterima setelah 31 Desember, tetap berlaku, hadiah bisa diurus lewat kios/agen tempat membeli pakan tersebut)

 

Bagi Anda para pembaca burungnews.com, kabar gembira senantiasa disampaikan terus menerus. Saat ini, kesempatan semakin terbuka luas bisa meraih MOBIL, MOTOR, dan ratusan hadiah menarik lainnya, langsung tanpa diundi.

Beli terus TWISTER (burung berkicau, lovebird, merpati) dan/atau NICE (kucing, anjing). Perhatikan baik-baik saat membuka kemasan, siapa tahu Anda yang beruntung mendapatkan kuponnya. Kupon yang diterima setelah 31 Desember 2021 tetap berlaku. [maltimbus]

 

DATA JUARA PIALA BAROMETER INDONESIA KLIK DI SINI

BROSUR DAN AGENDA LOMBA TERDEKAT, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: piala barometer indonesia murai batu jendral anis merah misteri ivan syam pius

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp