CHRIST MURDOCH. SIAP FASILITASI PESERTA LUAR PULAU

PESERTA LUAR PULAU KE PIALA PASUNDAN III

2 Hari Tanggal Merah Jelang Lomba, Urus Karantina Harus Lebih Awal

Piala Pasundan III yang akan digelar pada 21 April, didahului dengan 2 hari libur / tanggal merah. Hal ini perlu menjadi perhatian khususnya bagi peserta dari luar pulau, mesti lebih awal mengurus surat karantina.

Hari libur dimaksud mulai dari Rabu 17 April, bertepatan dengan Pemilu serentak yang sudah diputuskan sebagai hari libur nasional, dan Jumat 19 April. Waktu untuk mengurusnya jadi terbatas, karena dalam sepekan itu hanya ada waktu di hari Senin 15 April, Selasa 16 April dan Kamis 18 April. Bahkan yang benar-benar efektif, bisa dikatakan hanya Senin dan Selasa. Hari Kamis, mungkin saja sudah banyak pegawai yang mengambil cuti.

Hal ini berlaku untuk pengurusan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dan Surat Rekomendasi Keluar (Karantina), baik saat keberangkatan dari daerah asal kicaumania, maupun pengurusan kepulangan dari Bandung ke daerah asal.

 

 

CONTOH FORMULIR PENGAJURAN SKKH

 

Kicaumania yang akan ke Bandung baik melalui jalur laut atau terutama udara, harus berkodinasi lebih awal dengan pihak terkait, dalam hal ini Dinas Peternakan di daerahnya masing-masing. Hari Senin (15/4) atau Selasa (16/4) sudah bisa diproses, atau dilakukan lebih awal lagi. Maksimal, jika ada kendala hari Kamis (18/4) sudah beres.

Ingat, biasanya waktu berlaku SKKH hanya 4 hari sampai 7 hari. Kita anggap saja seminggu. Jika Senin diproses dari daerah asal, paling telat besoknya (Selasa) bisa keluar SKKH dan surat karantina dari daerah asal menuju Bandung.

Langkah selanjutnya, begitu surat SKKH dan Karantina daerah asal sudah diperoleh, langsung segera dikirimkan melalui WA ke bagian pengurusan Karantina di Bandung (HOTLINE 087722211666). Selanjutnya akan diproses di dinas terkait, dalam hal ini Dinas Pertanian Kab. Bandung, di Pemkab Soreang. Karena lomba berlangsung di Lanud Sulaeman, yang berada di wilayah Kab. Bandung.

 

Pastikan burung selalu sehat, sehingga mau tampil maksi. LEMAN'S, menjaga stamina, mendongkrak perfoma, sekaligus melindungi burung dari kemungkinan serangan penyakit.

 

Drh. Maria, dari Dinas Pertania Kab. Bandung menyarankan, akan lebih baik jika data SKKH dan karantina dari daerah asal kicaumania sudah terkumpul secara kolektif  pada hari Senin (15/4). “Sehingga Selasa (16/4) atau paling maksimal Kamis (18/4), surat karantina dari Bandung sudah keluar. Karena, perlu diingat lagi, bahwa hari Jumat (19/4) libur nasional dan Sabtu (20/3) kantor tutup,” jelasnya,

Maria menambahkan, jika pengiriman datanya baru masuk hari Kamis (18/4) ke Dinas Pertanian Kab. Bandung, akan sangat riskan. Karena waktunya mepet, sehingga tidak akan beres saat itu juga. Paling bisa beres Senin (22/4), itu pun sorenya. Jadi mohon diperhatikan,”  tambahnya.

 

 

Dari pihak panitia Piala Pasundan III siap memfasilitasi kicaumania yang berasal dari luar pulau yang akan pulang pada saatnya nanti sudah bisa tenang. Oleh karenanya, panitia menghimbau dan kerjasama dari kicaumania untuk bisa mengikuti scedule pengurusan karantina.

“Jadi diharapkan saat pengambilan tiket di lapangan pada hari Sabtu (20/4), surat karantina sudah bisa diambil, dan hari Senin (22/4) bisa langsung pulang,” ujar Christ Murdock, ketua pelaksana lomba.

 

 

 

KATA KUNCI: piala pasundan iii surat karantina christ murdoch prio sutrisno daftar pemesan tiket piala pasundan

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp