PANGLIMA RI SOFYAN JUANDI, DI DEPAN PAPAN REKAP AJUAN TERBUKA

MELONGOK PENILAIAN TERBUKA ALA RADJAWALI INDONESIA

Juaranya Ditentukan Oleh Nilai Plus

Sesi 24 dan 36 G di Piala Candi Prambanan 2 menerapkan ajuan terbuka. Teknisnya berbeda dengan yang berlaku di tempat lain. Tiap selesai menilai 1 blok, juri menuliskan ajuan yang ketemu. Selain nomor gantangan, ada yang diberi tanda +.

Setelah rolling lengkap atau perpindahan 3 kali, hasil pun direkap. Di kelas 2 juta misalnya. Ada 5 burung yang nilai mentoknya sampai 4.

 

AGUS NASA. KURANG HOKI, MB ALGOJO KALAH TOS JUARA 2

 

Burung nomor 28 yang mendapat 3 tambhan + dinyarakan sebagai juara 1, nomor gantangan 33 dengan dua tanda + ditetapkan sebagai juara 2, juara 3 dan 4 tos antara nomor 39 dan 40, masing-masing mendapatkan satu nilai +.

Menurut Sofyan Juandi, Panglima RI, tanda + menunjukkan kombinasi antara materi lagu, durasi, volume lebih unggul dari burung lainnya di blok tersebut. “Saya kira untuk saat ini apa yang kami tampilkan adalah sistem ajuan terbuka paling transparan dan lengkap. Peserta tak bingung kenapa sama-sama dapat ajuan dari 4 juri, bisa kalah. Di sisi mana kekurangannya, atau di sisi mana kelebihan sang juara. Jelas kan di sini,” jelasnya saat ditanya burungnews.com.

 

KOLABORASI burungnews.com dan Trend Kicau! 

Kaos Piala Raja 2022 paling mewah, exclusive dan limted. Tersedia lengan pendek dan lengan panjang, warna putih, biru, dan hitam. Segera pesan sebelum kehabisan.

 

Sementara itu, Dicko mengaku sempat bingung dengan model penilaian ini. “Kan burung tidak banyak, tadi ada 10 atau 11 burung saja. Saya sempat muter mantau kok tidak nemu 28, nemunya antara 40 dan 39,” ujar Dicko.

Nomor 28 adalah Bintang Iklan, jago milik H. Pinot dari Demak. Menurut Rizki, salah satu kru, burung sehari-hari dirawat di Pati. “Pak bos kebetulan kerja di Sulawesi. Ini burung pekan depan mau turun lagi ke Piala Raja,” jelasnya.

 

KRU H. PINOT DEMAK. BINTANG IKLAN JUARA TIKET 2 JUTA

 

Pertarungan seru juga terjadi di tiket 1 juta rupiah. Di kelas ini, juga ada 5 burung yang mentok 4. Dua di antaranya, nomor 26 dan 28, mendapat tanda + masing-masing 3. Dua burung nomor 15 dan 46 masing-masing mendapat 1 tanda +, satu burung nomor 40 ditemukan 4 juri tapi tidak ada tanda +.

Juara 1 dan 2 ditentukan lewat adu tos, yang dimenangkan oleh nomor 28, Ong-Bak yang berangkat dari Lampung. Ong-Bak sebelumnya juara 3 di tiket 5 juta. “Ini kita nginap seminggu langsung mau turun ke Piala Raja, salah satunya di tiket 11 juta,” ujar salah satu kru.

 

Bawa burung bisa nginap di hotel berbintang? Kenapa tidak, semua bisa Anda nikmati dengan harga khusus bagi peserta Piala Candi Prambanan (10 dan 11 September) dan Piala Raja (18 September). Tersedia banyak pilihan hotel berbintang tersebar di Yogyakarta dengan jarak tempuh 15-30 menit ke lokasi lomba. 

Segera hubungi Davin Ong di 0882.3338.6067 untuk reservasi.

 

Ada pun nomor 26 adalah Algojo yang dikawal Agus Nasa. “Ini burung sehari-hari berada di kandang ternak. Baru saya cabut tadi pagi, posisi lagi mengeram. Posisi bulu juga relatif baru,” terang Agus Nasa yang pekan sebelumnya mengaku zonk saat turun di Ngawi.

Menurut Sofyan, sistem ajuan ini sebenarnya sudah cukup lama diterapkan. “Kalau yang event akbar memang baru di Tangerang dan di Piala Candi Prambanan ini. Ini baru permulaan, nantinya setelah para juri benar-benar paham, demikian juga para kicaumania, nilai plus akan dirinci atau dipecah lagi, ada nilai + di materi lagu, + di volume, atau + di durasi, dengan bobot masing-masing yang bisa jadi berbeda,” imbuh Sofyan.

 

ABB POS PEKALONGAN. MB SATRIA MUDA "SEMPURNA", 4 AJUAN JURI, 4 NILAI +

 

Sofyan berharap, apa yang diberlakukan di RI ini bisa semakin diterima oleh kicaumania. “Kami ingin selalu berinovasi dan terdepan dalam memberikan kepuasan kepada kicaumania,” tegasnya.

Piala Candi Prambanan 2 adalah event yang tertunda karena pandemi. Lomba berlangsung dua hari, Sabtu 10 September khusus lovebird bersama Kopdar Konslet, hari Minggu untuk burung ocehan pada umumnya.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Lokasi lomba di kawasan candi Banyunibo, Prambanan, Sleman. Lokasi yang luas dan cukup asri, cukup kondusif dan nyaman untuk kegiatan lomba burung. Fasilitas pendukung seperti warung makan, café, dan lainnya juga tersedia cukup di sekitar lokasi.

Banyak peserta luar kota yang menyatakan akan langsung tinggal selama sepekan hingga pelaksanaan Piala Raja yang akan berlangsung pekan depan pada 18 September. Hal ini antara lain disampaikan oleh rombongan H. Cahaya, peserta lovebird asal Banjarmasin. Demikian juga dengan kru MB Ong-Bak dari Lampung yang sempat mencuri juara 1 tiket 1 juta dan juara 3 tiket 5 juta. [maltimbus]

 

 

ANDRI BOLANG NGAWI. JUARA TIKET 5 JUTA DAN 1 JUTA

 

 

 

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp