IRUL DI DEPAN KANDANG. BANYAK TAMU ASING TERTARIK BREEDING MURAI

IRUL, BML BF BALI

Punya 5 Kandang Spesial, Sudah Jual Lebih dari 100 Pasang Indukan

Di Bali kebutuhan akan anakan murai batu ring sangat besar. Dari penangkar yang ada saat ini, belum bisa memenuhi semua permintaan. Apalagi untuk anakan trah atau berkualitas. Irul dari BML BF, mengisi ceruk ini dengan menyediakan indukan berkualitas dan trah juara, sebagian dari anakan sendiri.

Indukan yang sudah dilepas Irul ternyata cukup banyak.  “Saya sudah melepas atau menjual lebih dari 100 pasang, semua sudah saya pilih yang indukan dan materinya bagus, baik secara volume maupun isiannya,” jelas Irul kepada burungnews.com.

 

 

INDUKAN SPESIAL. HANYA 5 KANDANG / PASANG, PERHATIKAN GLODOKNYA.

 

Irul sendiri melalui BML BF sengaja hanya membatasi jumlah indukannya 5 pasang saja. “Ya meskipun saya banyak menjual indukan, tapi untuk materi kandang sendiri cukup bertahan pada 5 pasang saja, tapi benar-benar materi yang spesial atau khusus,” imbuhnya.

Disebut khusus, selain indukannya burung-burung lapangan yang penampilan bagus dan pernah juara, anakannya juga sudah terbukti bagus-bagus. “Ketika kembali disiapkan untuk indukan lagi, kelak keturunannya juga jadi burung trah bagus. Tinggal bagaimana perawatannya, bagaimana memasternya, dan seterusnya.”

Irul juga menerapkan sistem poligami 1 : 3 di kandang terpisah. Maksudnya, 1 pejantan untuk tiga betina, bergantian. Hasilnya ternyata juga cukup bagus.

 

 

Sebagian indukan yang disediakan Irul, berasal dari anakan sendiri. Ada pula yang dari breeder lain. Setelah bergabung dengan APBN, membuatnya semakin luas jaringan sesama breeder, sebagian juga ambil anakan dari sesama breeder APBN yang diketahui memang memiliki materi indukan bagus.

 

DEAL. 100 PASANG LEBIH INDUKAN MATERI SUDAH DILEPAS

 

“Saya kan breeder juga berdagang, ambil keuntungan, tetapi secukupnya saja. Insya Allah yang saya jual benar-benar memang punya basik materi yang baik. Rata-rata calon indukannya sudah lepas sekali ambrol bulu, sehingga sudah bisa dipantau materinya.”

Pembeli indukan dari Irul semuanya kicaumania Bali. “Untuk para breeder yang baru memulai, juga banyak di antaranya breeder lama yang pengin upgrade indukan. Indukan dari saya kan sudah jodoh, jadi tinggal masukkan kandang saja. Cocoklah buat yang baru akan memulai atau breeder pemula. Insya Allah bila dibutuhkan, juga selalu siap untuk membimbing sesuai dengan pengetahuan saya.”

 

Buat indukan sangat cocok, menjaga tetap sehat sekaligus menjaga produktivitas stabil. Buat campuran lolohan, anakan lebih sehat, tidak mudah mati, dan cepat bongsor. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Irul membandrol sepasang indukan antara 6-7 juta rupiah. Harga yang cukup ekonomis pantas, apalagi materinya sudah dipilih yang benar-benar bagus.

Soal breeding atau beternak murai batu, Irul sudah memiliki jam terbang yang cukup tinggi. Ia sudah berpengalaman menjadi breeder sejak tahun 2008, sekitar 12 tahun.

“Dari tahun 2000an saya hanya jadi pemain saja, memang sukanya murai batu, sebelum memulai menjadi peternak. Baru belakangan ini kadang-kadang ikut bantu EO gelar lomba,” ujar Irul yang sehari-hari menjadi pengrajin.

 

PARTISIPASI DI RAKERNA APBN, 16 FEBRUARI 2020 (dok. RNnews)

 

Karena jam terbang dan pengetahuannya secara umum tentang murai batu, Irul dipercaya menjadi Korwil APBN Bali. Anggotanya 14 orang, namun benar-benar solid dan terus berkembang menjadi breeder yang handal.

“Mumpung belum begitu banyak, kita terus mencoba belajar bareng-bareng agar bisa menjadi breeder yang handal, dan kelak bisa bersama-sama pula membimbing breeder lain yang lebih yunior. Breeder yang tidak hanya berpikir bagaimana menghasilkan anakan, tetapi juga harus paham burung yang bagus dan dibutuhkan para penghobi buat lomba itu seperti apa kualitasnya, sehingga arahnya ya bagaimana bisa mencetak yang kualitasnya bisa buat lomba.”

 

RING SUDAH DOBEL BML & APBN. SEHAT BERKAT VOER TROTOL EBOD JAYA

 

Saat ini, baik Irul maupun 14 breeder anggota, tidak ada masalah yang berarti dalam memasarkan anakan. “Kalau saya kan sebagian memang dibesarkan untuk disiapkan jadi indukan dulu. Bebarapa juga ambil dari anggota.”

Hanya saja, harga jual anakan ring APBN rata-rata memang masih standar, antara 2 – 2,5 juta per ekor jantan. “Kita berharap semakin banyak lomba di Bali yang ada kelas khusus ring APBN, agar kebutuhan untuk ring APBN semakin besar, dan kita bisa memasang harga yang lebih baik.”

 

 

Harapan ini sepertinya bakal segera terwujud. “Ya selaku korwil saya terus melakukan komunikasi dengan Koordinator Nasional bapak Dody Naga. Saya diminta untuk mencoba mengajak kerjasama dengan EO yang ada di Bali untuk bisa membuka kelas khusus Ring APBN.”

Irul pun mengaku sangat optimis, kelak setelah lomba kelas khusus ring APBN di Bali dan sekitarnya semakin sering dan terjadwal secara jelas, kebutuhan akan anakan murai ring APBN pun akan meningkat pesat.

 

UMUR SEMINGGU DIPANEN, DILOLOH PAKAI VOER TROTOL EBOD CEPAT BONGSOR

 

“APBN secara umum juga akan ikut berkembang pesat pula. Saat ini situasi seperti itu kan sudah terjadi di blok barat dan sebagian di tengah. Kita di Bali juga ingin bisa mengejar ketertinggalan itu. Mohon doa dan dukungannya.”

Anda pengin kenal lebih dekat dengan Irul, bisa berkomunikasi langsung lebih lanjut melalui WA 0813-3815-3700. Anda yang tinggal di Bali juga bisa mendaftar menjadi anggota APBN melalui bapak Irul. Yang di luar Bali bisa melalui Korwil masing-masing, silakan akses di www.apbnendemik.com, atau dibantu melalui Koordinator Nasional bapak Dody Naga di WA 0813-9907-1971. [maltimbus, konfirmasi berita bisa ke 08170251279]

 

INDUKAN SEDANG MENGERAM

 

BERSAMA KADAFI DI RAKERNAS APBN (KDV BF LAMPUNG)

 

WASPADA dengan produk yang logonya MIRIP, dibaca/dilafalkan dengan cara yang SAMA, tetapi BUKAN produk yang dikeluarkan TOPSONG. Lihat selengkapnya DI SINI.

 

SERING ADA KUNJUNGAN, UNTUK PERCONTOHAN DAN BELAJAR

 

KEDATANGAN TAMU CANTIK YANG KEPINCUT LIHAT KEMOLEKAN MURAI BATU

 

Pengalaman dari Suud, peternak murai sejak 2005. Buat meloloh, Twister tak perlu dicampur apa pun, piyik sehat cepat besar. Buat jago, kuat main sampai akhir penilaian, volume dan lagu bongkar. (baca SELENGKAPNYA)

Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

KATA KUNCI: irul bali bml bf apbn sedia indukan murai materi kualitas

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp