SUUD MALANG, INDUKAN HASIL SELEKSI KETAT


Mr. SUUD, DUA PUTRI BF MALANG + VIDIO

Agar Indukan Tidak Sering Mati Mendadak, Kelak Jagoan Bisa Sujud Plus Bongkar Volume dan Lagu

Bagi Anda penangkar murai, mungkin pernah atau bahkan sering indukannya tiba-tiba seperti kejang-kejang, lalu mati. Pada betina, telur terlalu besar atau melintang, mati juga. Suud dari Malang membagikan sebab dan solusinya, termasuk agar jagoan mau tampil sujud dan bongkar lagu.

Namanya banyak dikenal hampir di semua daerah. Suud yang tinggal di Malang memang kicaumania yang sudah sangat senior. Ia juga mengusai kualitas burung yang dibutuhkan agar bisa menang kontes. Maklum, Ia sudah berpengalaman menjadi juri di PBI dari tahun 2000an, lalu BnR, dan terakhir menjadi salah satu inisiator NZR Indonesia.

 

SUUD DAN MAGIC SHOW, SEJAK PAKAI TWISTER TAMPIL SAMBIL SUJUD, VOLUME DAN LAGU BONGKAR

 

Suud termasuk pionir breeding murai batu. Ia sudah memulai saat masih aktif di PBI, tepatnya mulai tahun 2005, sekitar 15 tahun yang lalu. Breedingnya pernah berkembang besar, menjadi 32 pasang/kandang. Sekarang dipilih atau diseleksi hingga tinggal menyisakan 8 pasang yang dianggapnya benar-benar paten.

“Saya pilih yang paling bagus saja, terutama dari sisi kualitas anakannya. Karena ternaknya sudah lama, sudah ketahuan anakannya setelah dewasa seperti apa jadinya. 8 tersisa ini yang menurut saya memang menghasilkan anakan istimewa. Semua indukan, pejantannya, sebelumnya adalah burung-burung jawara atau prestasi.”

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Tentu saja, dalam menjalani breeding tidak berjalan mulus terus menerus. Suud mengalami banyak kendala di tahun-tahun awal, setelah mulai produksi.

“Indukan sering kena syaraf. Kadang tiba-tiba kejang-kejang seperti kena ayan, lalu mati. Kendala pada betina, telur sering terlalu besar atau melintang, akhirnya mati juga.”

Lama-lama Suud tahu juga. Ternyata itu semua karena kurang vitamin B. Solusi, kini rutin diberikan vitamin B atau Tiamin, kendala seperti di atas sudah tidak ada lagi.

 

 

“Untuk obatan-obatan, racikan sendiri. Anak saya kebetulan kan kerja di bidang farmasi, jadi tahu komposisi yang pas buat burung.”

Suud biasa memanen anakan saat umur 5-6 hari, lalu lanjut loloh sendiri di luar, sampai bisa makan sendiri. Anakan kemudian dipasangi ring Dua Putri BF Malang.

Sejak awal pakan Twister muncul, Suud mengaku sudah mencobanya. “Bahkan saya sudah menjadi tester sebelum pakan ini resmi diedarkan pada bulan Agustus tahun yang lalu.”

 

ANAKAN PANEN UMUR 5- 6 HARI, LOLOH FULL TWISTER TANPA TAMBAHAN LAINNYA

 

Secara blak-blakan, Suud mengakui kualitas Twister memang istimewa. Perbedaan dari sebelum menggunakan Twister juga tampak jelas sekali. “Kalau tidak yakin dan tahu persis kualitasnya, tentu saya tak akan mencoba pada burung-burung saya, mulai untuk indukan, buat lolohan, hingga untuk burung jago.”

Untuk indukan, hanya sedikit yang mau makan voer, karena sudah banyak sekali EF di dalam kandang.

 

 

“Tapi untuk lolohan dan burung lomba, benar-benar tampak sekali perbedaannya. Buat lolohan, kalau sudah pakai Twister Gold tidak perlu ditambah kroto atau campuran lainnya, hasilnya sudah jos, anakan jadi montok, cepat besar, dan sehat. Ini menunjukkan nutrisi yang dibutuhkan sudah lebih dari mencukupi. Sangat memudahkan bagi kita baik sebagai breeder maupun sebagai penghobi untuk lomba.”

Perubahan pada burung lapangan atau lomba diklaim oleh Suud perbedaannya sangat jauh. “Pada burung-burung saya, seperti Magic Show, saat memakai pakan sebelumnya sudah mau ngeplay, tapi tidak sampai sujud, hanya ngeplay nyangkul biasa. Volume juga biasa, standar saja. Selain itu, tenaga cepat habis, tidak kuat sampai rampung penilaian.”

TONTON VIDIO PERUBAHAN SEBELUM DAN SETELAH MEMAKAI TWISTER:

 

Nah, setelah memakai Twister, sujudnya perlahan mau keluar. Pada saat yang sama, irama lagu isian juga juga digelontorkan silih berganti. Volume lebih keras, tembus sampai luar pagar lapangan. Tenaga juga terjaga sampai akhir, tidak gampang lepeh atau lemas.

Memang, burung jadi ada nabrak jerujinya. “Itu menandakan burung lebih bertenaga dan keluar volumenya,” tandas Suud.

 

WASPADA dengan produk yang logonya MIRIP, dibaca/dilafalkan dengan cara yang SAMA, tetapi BUKAN produk yang dikeluarkan TOPSONG. Lihat selengkapnya DI SINI.

 

Menurut Suud, burung sesekali lompat, pindah tangkringan, atau nabrak jeruji lalu segera kembali ke posisi normal di tangkringan, adalah hal yang lumrah pada burung.

“Namanya burung, makhluk hidup yang punya kaki dan sayap, kalau sesekali bergerak untuk menyeimbangkan diri, mengatur nafas, ya wajar saja. Yang penting dilihat secara keseluruhan bagaimana penampilannya, bagaimana materi lagu yang digelontorkan, volumenya, dari awal sampai akhir bagaimana. Sedikit pelanggaran atau kekurangan mestinya tidak latas menghilangkan segala keunggulan lainnya begitu saja.”

 

ANAKAN MULAI NANGKRING

 

Hingga saat ini, sudah banyak sekali tokoh-tokoh nasional yang mengolek anakan dari Dua Putri BF. “Anakan alhamdulillah sudah tersebar luas hampir seluruh Indonesia. Banyak juga di antaranya yang sudah meraih prestasi.”

Bagi Anda yang ingin kenal lebih dekat dengan Suud, silakan hubungi WA 0813-3478-1204 [maltimbus]

 

Buat indukan sangat cocok, menjaga tetap sehat sekaligus menjaga produktivitas stabil. Buat campuran lolohan, anakan lebih sehat, tidak mudah mati, dan cepat bongsor. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

MURAI NGEPLAY SUJUD BONGKAR ISIAN, TWISTER MENGUBAH PENAMPILAN MAGIC SHOW

 

SUUD DAN ANAKAN YANG SUDAH BISA MAKAN SENDIRI

KATA KUNCI: suud malang dua putri bf breeding murai batu twister juri pbi juri bnr juri nzr indonesia

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp