SEDULUR 4 SF BORONG TROPI JUARA

GEMOLONG CUP 2 SRAGEN

RJ, Yakuza, Brutal & Moro Joyo Mengorbit, Sedulur 4 SF Borong Tropi Juara

Gelaran Gemolong Cup 2 Sragen, Minggu 9 Oktober 2022, menjadi ajang pemanasan bagi murai batu RJ, kenari Lawu, dan kacer Alexis sebelum bertarung di even bergengsi lainnya di Sragen seperti Kemuning Cup, Piala Danramil, dan Piala Dandim.

Setelah sempat vakum melaksanakan kegiatan gantangan akibat pendemi, gelaran Gemolong Cup tahun 2022 ini cukup berbeda. Bila sebelumnya selalu menggandengan BnR Sragen sebagai juri, kali ini IKM Gemolong selaku inisiator lomba menggunakan Juri Independen. Namun, lomba masih tetap berlangsung di gantangan IKM Gemolong.

Seperti even-even sebelumnya yang berlangsung di gantangan IKM Gemolong, kelas ocehan seperti murai batu, cucak hijau menjadi kelas paling favorit bagi peserta. Hadirnya komunitas kenari KKSA (Komunitas Kenari Sragen Asri) juga turut merangkul kenarimania luar Sragen untuk turut hadir meramaikan even tahunan ini.

 

CH KIPLI CETAK DOUBLE WINNER

 

Sedulur 4 SF yang dikomandoi oleh Abah Jetto kembali mengukir prestasi dengan memborong beberapa gelar juara. Beberapa amunisi milik Sedulur 4 SF sukses menjadi yang terbaik pada kelasnya masing-masing. Diantaranya yang paling menonjol diraih oleh cucak hijau Kipli yang dikawal oleh Bahrudin berhasil meraih double winner.

Menjadi amunisi paling stabil di jalur juara milik Sedulur 4 SF, Kipli pada beberapa pekan ini memang sedang dalam kondisi top form, beberapa lawatan sebelumnya selalu meraih juara pertama seperti pada pekan sebelumnya di gelaran Championship Kicau Liar Community, kala itu Kipli juga meraih double winner.

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Dengan gaya jamrok mencolok dalam membawakan lagu isiannya, aksi Kipli mengundang perhatian para pengadil lapangan. Tak heran, bila kelas utama Cucak Hijau Spesial dan kelas Cucak Hijau VIP dengan ciamik sukses dilibas Kipli.

Selain Kipli, Sedulur 4 SF juga menambah pundi-pundi juara berkat penampilan cucak hijau Ashura yang meraih runner up di kelas Spesial dan adapula murai batu Mataram yang moncer di kelas Murai Batu Pastol VIP.

 

 TIRA WB SF. MB YAKUZA JUARA KELAS UTAMA

 

Trend positif di jalur juara kembali ditorehkan oleh murai batu Yakuza. Gaco andalan milik Tira WB SF ini sukses menjadi yang terbaik di kelas utama Murai Batu Gemolong. Hasil positif ini juga melanjutkan prestasi sebelumnya saat pekan lalu juga meraih juara kelas utama di gelaran Championship Kicau Liar Community.

Yakuza yang dijuluki si kecil cabe rawit ini tampil ngotot, tidak mudah loyo walaupun dimainkan sebanyak 4 sesi pada lawatan sebelumnya. Memiliki power di atas rata-rata, begitu melihat musuh jadi agresif gampang bongkar lagu dengan irama panjang-panjang didukung volume tembus sampai keluar pagar.

“Tour murai batu Yakuza, masih tetap bisa diandalkan dari rencana awal naik 5 sesi hanya terealisasi 3 sesi karena faktor cuaca yang ekstrim. Alhamdulillah tiket utama aman mutlak podium 1. Semoga terus stabil kedepannya,” tulis Buyung Alwi Fauzi yang dipercaya mengawal Yakuza di laman facebooknya.

 

BABAHE CHIKI TEAM. GAM JR JAWARA MB IKM

 

Tampil dengan bulu baru, murai batu GAM Jr milik Babahe Chiki Palur yang dikawal oleh Ari menunjukkan aksi yang mewah, begitu digantangkan dan melihat lawan langsung bereaksi dengan menggedor balik. Perform narung dengan gaya ngecun sujud sambil memuntahkan materi komplit isian burung gereja, cililin, cungkok, kenari, sogon dengan irama lagu variatif membuatnya menjadi yang terbaik di kelas Murai Batu IKM.

“GAM Jr masih cari-cari settingan yang pas, maklum bulu baru. Progresnya makin baik setelah dua pekan sebelumnya juga tampil bagus di Road to Kemuning Cup 1 di gantangan GI Masaran Sragen,” jelas Ari kepada Burungnews.

 

HENGKY SARWOJOYO. RJ MAKIN STABIL, JUARA MB VIP

 

Penampilan murai batu Raja Jungkel (RJ) milik Hengky Sarwojoyo semakin mapan setelah memungkasi masa mabungnya. Beberapa lawatan terakhir seperti di Road to Kemuning Cup 1 feat GI Masaran selalu meraih podium juara. Prestasi demi prestasi juara kembali ditorehkan RJ setelah pada gelaran Gemolong Cup 2 juga mampu mencuri gelar juara saat memenangi kelas Murai Batu VIP.

Hengky yang sengaja menurunkan RJ sebanyak 2 sesi selain untuk pemanasan even selanjutnya juga untuk untuk mengukur kemampuan RJ yang dirasa belum maksimal seperti penampilan sebelum mabung.

“Pemanasan sambil liat progress RJ kedepan, rencana kalo tidak ada halangan mau meramaikan 3 even prestis di wilayah Sragen seperti Piala Danramil, Kemuning Cup 1 dan juga Piala Dandim. Semoga bisa tampil maksimal,” tutur Hengky.

 

TT SRAGEN. PEMANASAN MB SAMUDRO, SIAP LANJUT KE VIKING ARENA

 

Tampil tangguh dengan tembakan panjang didukung volume tembus, murai batu Samudro jagoan milik TT Sragen memungkasi gelaran Gemolong Cup 2 dengan raihan dua kali runner up setelah berlaga di kelas utama Murai Batu Gemolong dan juga di kelas Murai Batu Spesial. Danu aka Gejik yang dipercaya mengawal Samudro oleh Marwant merasa cukup puas dengan performa Samudro kali ini.

“Hari ini Samudro belum hoki, tapi tidak mengapa karena tadi cukup bagus penampilannya. Pemanasan ke Viking Arena, semoga tidak ada halangan mau gas ke sana,” tegas Gejik dengan penuh semangat dan percaya diri.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

Klepon Seiko BF Masaran bersama Gepeng Janoko Kembar kembali mengorbitkan gaco berkualitas. Seperti di gelaran Gemolong Cup 2, kali ini bersama murai batu pastol Brutal sukses mencuri perhatian dewan juri dan pecinta ekor panjang yang hadir di gantangan IKM Gemolong.

Brutal amunisi hasil tangkaran sendiri ini menunjukkan bakat yang baik. Walaupun berusia muda, secara mental dan kualitas terlihat mumpuni saat memenangi kelas Murai Batu Pastol Spesial. Mengandalkan tonjolan materi cucak jenggot, kenari dan cililin dimuntahkan dengan gaya ngecun sujud sujud.

 

 SEIKO BF MASARAN. MB BRUTAL RETAS PRESTASI DI KELAS PASTOL

 

“Brutal masih saudaranya Brandal milik Eko Banteng RM The Ayi Masaran. Kedua burung tersebut hasil ternakan sendiri di Seiko BF Masaran,” jelas Gepeng yang waktu itu juga turut mengawal murai batu Mukti Jaya milik Janoko Kembar SF di tangga juara.

Senyum sumringah terlihat pada diri Kliwon Lhor X BC saat bendera koncer A mendarat tepat di bawah gantangan murai batu Moro Joyo saat penjurian kelas Murai Batu Pastol Bintang berakhir. Waktu itu, Moro Joyo yang mengobral tembakan isian sogon, ciwak, cililin dan kenari ini dinobatkan sebagai yang terbaik oleh dewan juri yang bertugas.

 

KLIWON LHOR X BC. MB MORO JOYO STABIL DI JALUR JUARA

 

Moro Joyo mengawali lomba di kelas Murai Batu Pastol Spesial dengan menduduki posisi runner up membayangi Brutal, sesi kedua kurang beruntung dan hanya berada di peringkat ke 7. Baru disesi terakhir kelas Murai Batu Bintang penampilan Moro Joyo semakin mapan.

“Alhamdulillah Moro Joyo walaupun dimainkan secara spartan penampilannya stabil, dua pekan sebelumnya nyaris hatrik di Anniversary Sukodono feat BnR Sragen, semoga kedepan makin stabil dan bisa bersaing di gelaran yang lebih besar,” ucap Kliwon.

 

MR TRI SANGIRAN. KACER ALEXIS NYARIS DOUBLE WINNER

 

Mr Tri Sangiran turut meramaikan kelas kacer di gelaran Gemolong Cup 2. Kali ini bersama kacer Alexis memungkasi gelaran dengan meraih podium 1 dan 2. Tampil garang dengan membawakan irama lagu yang merdu, speed rapat nyaris tanpa spasi membuatnya memimpin saat tampil di kelas Kacer Vip.

Nanda Jodi Kra Team kembali mengorbitkan kenari Lawu di tangga juara. Lawu sukses menjadi yang terbaik saat turun di kelas Kenari Vip yang menjadi kelas utama. Kiprah Lawu yang diambil namanya dari gunung di tempat tinggal Nanda di Kranganyar terus mencuat setelah pada gelaran Piala Raja 2022 juga nangkring di peringkat empat besar kelas Kenari Std  Kalitan Sekar Kedaton.

 

NANDA JODI KRA TEAM. LAWU MAKIN CIAMIK, JAWARA KENARI VIP

 

Beberapa lawatan seperti di Anniversary K2BT dan Road to Kemuning Cup 1 feat GI Masaran juga meraih podium juara. Nanda juga berencana menurunkan jagoannya di beberapa even prestis di Sragen pada bulan Oktober seperti Piala Danramil, Kemuning Cup 1 dan Piala Dandim feat PBI Sragen.

Mengawali perlombaan dengan menduduki posisi runner up di kelas Kenari Sejati dan tiga besar di kelas Kenari Komunitas KKSA, kenari Mukti milik Wawan SJ dari Sate Jamu SF yang tampil ngedur dengan membawakan irama lagu lengkap dari awal, tengah sampai akhir penilaian menjadikannya pantas sebagai yang terbaik di kelas pamungkas Kenari BOB.

 

ADI SAPUTRO. ORBITKAN CENDET MAFIA, MAKIN STABIL DI JALUR JUARA

 

Adi Saputro Kartosuro kembali mengorbitkan cendet pastol bernama Mafia hasil cetakan sendiri. Walaupun terhitung agak lambat karena pada usia 2 tahun baru mau tampil, namun untuk show dan lagunya sudah cukup bisa membuat bangga sang empu.

Mafia saat turun perdana pekan lalu di DJ Independet berada di posisi runner up, lalu berlanjut di tempat yang sama masuk tiga besar. Terakhir di Gemolong Cup 2 masih bisa masuk di urutan ke 4 sesi pertama cendet dan nomor 3 di sesi kedua. Mafia memiliki tonjolan love bird, cililin, gereja, jangkrik, prenjak tir, kapas tembak, kunthi dan lagu rancak lainnya.

“Orbitan pertama yang bagus Doom dan 21, untuk cetakan kedua ya Mafia ini yang bagus. Selain bawa Mafia juga tadi bawa Reinkarnasi Raja (RR) masuk peringkat ke 3 sesi pertama, cuma belum stabil penampilannya," jelas Adi Saputro kepada Burungnews.

 

 

Secara keseluruhan gelaran Gemolong Cup 2 berlangsung ramai dan meriah, lomba sukses berjalan kondusif nyaris tanpa teriak, dewan juri yang bertugas juga cukup maksimal menjalankan tugasnya dengan baik sehingan minim protes dari peserta.

“Terima kasih kepada kicaumania yang telah hadir mendukung even tahunan ini kembali dilaksanakan. Maaf apabila masih ada kekurangan dalam pelayanan dan penyajian lomba. Sampai jumpa di even kami berikutnya di Anniversary IKM Gemolong, 6 November mendatang," ucap Donat mewakili segenap panitia yang bertugas.

 

 KOMUNITAS KENARI SRAGEN. JANGAN LUPA 13 NOVEMBER, LAUNCHING KKSA

 

Pada akhir lomba, tradisi rotasi ketua IKM dilaksanakan. Donat yang sebelumnya menjabat sebagai ketua IKM Gemolong menyerahkan  jabatannya kepada Okta sebagai ketua IKM Gemolong berikutnya.

"Selamat kepada saudara Okta yang terpilih sebagai ketua IKM Gemolong Sragen berikutnya, semoga bisa mengemban amanah dengan baik, menjadikan IKM Gemolong lebih maju dan lebih solid," pungkas Donat.[Hery]

 

 

SATE JAMU SF. MUKTI JAWARA BOB KENARI

 

UZIE & ANTOK UD DIAN PUTRA. MB ARJUNA CURI PERHATIAN

 

RIDHO & JECK  NUG. SILATURAHMI & GALANG DUKUNGAN KEMUNING CUP 1

 

 KAPER & GEPENG. SUKSES KAWAL MB MUKTI JAYA DEBUTAN JANOKO KEMBAR SF

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

 

BROSUR VIKING ARENA:

 

BROSUR PIALA DANDIM SRAGEN:

 

BROSUR BALEKAMBAMG KUMANDANG:

 

KATA KUNCI: ikm gemolong gemolong cup

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp