SUASANA GANTANGAN SURYA GEMILANG SEBELUM WABAH (dok. Ozan Panjalu)


GELAR LOMBA DI AREA PSBB KOTA BEKASI

Dibubarkan Polisi, Panitia Dimintai Keterangan di Mapolsek + Vidio

Beda Tegal, beda Bekasi. Bila di Tegal sebuah gelaran Latber pada Jumat 15 Mei bisa berlangsung meriah dan mulus sampai rampung, tidak demikian dengan di Bekasi. Baru berjalan 3 sesi, aparat membubarkan. penanggungjawab diajak ke markas dimintai keterangan.

Begitulah sebuah berita yang heboh pada Sabtu malam, 16 Mei 2020. Salah satu yang mengabarkan soal ini adalah halaman facebook / fanpage kabarburung, yang mempublish pada sekitar pukul 21.00.

 

 

Menurut kabarburung, pembubaran itu dilakukan pada jam 15.45. Gelaran itu berlangsung di belakang Suranta Jaya Carwash, Jalan Raya Hankam RT 02/06 Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi.

Disebutkan, pihak kepolisian dari Polsek Pondok Gede yang mendapatkan laporan masyarakat adanya kegiatan pengumpulkan massa berupa lomba burung berkiau langsung merapat untuk memantau situasi.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Masih menurut laporan tersebut, saat itu ada sekitar 300 orang peserta yang berkumpul di arena gantangan “Surya Gemilan Enterprise”. Kapolsek Pondok Gede Ipda Johnson Limbong lantas membubarkan kegiatan yang dinilainya melanggar aturan PSBB yang sedang berlangsung di Kota Bekasi bahkan Jawa Barat itu.

Penanggungjawab kegiatan Sdr. Herman Felani pun ikut serta diajak ke Mapolsek untuk dimintai keterangan. Bersamanya juga dibawa serta barang bukti berupa uang pendaftaran dari peserta sebesar 3.170.000 rupiah, serta tiket kosong bertuliskan Surya Gemilang Enterprise.

 

WASPADA dengan produk yang logonya MIRIP, dibaca/dilafalkan dengan cara yang SAMA, tetapi BUKAN produk yang dikeluarkan TOPSONG. Lihat selengkapnya DI SINI.

 

Bila merujuk pada preseden pelanggar PSBB sebelumnya di Jawa Barat, diberlakukan sanksi denda antara 250 ribu – 50 juta rupiah, atau selain  kerja sosial bersih-bersih fasilitas umum. Sanksi 250 ribu dan kerja sosial, diberikan untuk mereka yang tidak memakai masker.

Kabar burung juga melampirkan sebuah vidio kesibukan saat para peserta mengambil pengembalian uang pendaftaran yang sudah dibayarkan.

 

Sebagai obat, terbukti efektif. Sudah sering mampu mengatasi kondisi kritis, apalagi cuma sakit "biasa". Di saat perubahan musim dari kemarau menuju penghujan seperti sekarang, juga sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Mengapa tindakan aparat di Tegal dan di Bekasi berbeda? Harus dipahami bila perlakuan dua kota ini dalam menangani pandemi memang tidak sama. Mulai Jumat 15 Mei, Kota Tegal memang sudah mulai membuka kegiatan masyarakat dengan catatan tetap taat pada protokol kesehatan, sementara kota Bekasi dan Jawa Barat masih memperpanjang masa berlaku PSBB dan salah satu butir aturannya adalah larangan kegiatan pengumpulan massa.

 

VIDIO PANITIA MENGEMBALIKAN UANG PENDAFTARAN:

 

Sumber burungnews.com menyebutkan, sejumlah kegiatan lomba burung lokal setingkat Latber atau Latpres belakangan ini sudah mulai kerap digelar, namun secara “sembunyi-sembunyi”. Publikasi pun dilakukan terbatas dan tertutup melalui japri WA saja, tidak dipublish terbuka di media sosial seperti facebook misalnya. Antara panitia dan peserta juga ada kesepakatan agar kegiatan ini tidak dishare melalui media sosial.

Sebelumnya, beberapa kegiatan serupa di daerah lain juga sudah dibubarkan paksa oleh aparat. Namun, yang sampai “mengamankan” panitia atau penanggungjawab kegiatan ke Mapolsek untuk dimintai keterangan, sejauh yang terpantau, baru kali ini.

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Di hari yang sama, pada sekitar jam 14.00 chanel Brandy Watch juga menyiarkan kegiatan lomba burung secara Live dari wilayah Cikarang. Brandy memulai vidio ini dengan menayangkan sejumlah pedagang di seputaran gantangan.

Vidio ini hanya berlangsung 9 menit lebih, karena saat gambar mulai lebih dekat ke area gantangan, kemudian datang polisi yang membubarkan kegiatan dengan alasan selama masa PSBB tidak diperkenankan menggelar kegiatan pengumpulan massa termasuk lomba burung berkicau di semua wilayah Cikarang.

Tidak ada informasi apakah penyelenggara kemudian dimintai keterangan oleh aparat sebagaimana di gantangan Surya Gemilang Kota Bekasi.

 

 

Lalu bagaimana dengan EO atau daerah lain yang mungkin sudah mulai bersiap-siap kembali membuka gantangan, dengan merujuk pada gantangan di Tegal yang sudah diijinkan? Untuk kebaikan bersama, alangkah baiknya bila melakukan koordinasi dengan pihak yang berwenang terlebih dahulu, tidak menggelarnya dengan cara sembunyi-sembunyi.[maltimbus]

 

LIVE SHOW BRANDY WATCH CHANEL (16/5/2020, JAM 14.22)

 

BACA JUGA: Lomba Burung Berkicau Dibubarkan

BACA JUGA: Hati-Hati Pelanggar PSBB Jilid 3, Selain Sanksi juga Ada Denda Denda 50 Juta

KATA KUNCI: lomba burung dibubarkan polisi surya gemilang enterprise lomba perdana di tengah pandemi covid-19 ajat tegal radjawali indonesia dpc tegal

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp