MR. BAMBANG. CH PIKUN PERINGKAT KEDUA KELAS CUCAK HIJAU ANNIVERSARY


2nd ANNIVERSARY KICAU BATURAN BERSATU, #8: Koleksi 120 Tropi Selama Pandemi, Ini Lho Rahasia CH Pikun, Peringkat Kedua Kelas Cucak Hijau Anniversary + VIDEO

Berhasil meraih peringkat kedua di kelas utama Cucak Hijau Anniversary, nama Pikun langsung mencuat di kalangan jamtrokmania. Apa rahasia kestabilan dan konsistensi amunisi milik Mr. Bambang yang telah mengkoleksi 120 tropi selama pandemi ini?

Selain Iconic, salah satu gaco yang terlihat menonjol di kelas Cucak Hijau Anniversary adalah Pikun, gaco milik Mr. Bambang yang akhirnya finish di peringkat kedua. Bermaterikan isian lagu red siskin dan kapas tembak, Pikun tampil spartan dengan menggelontorkan materi lagu rol tembak dengan volume tandes.

 

 

CH PIKUN KONCER B DI KELAS CUCAK HIJAU ANNIVERSARY

 

Penampilannya yang spartan membuat juri sulit untuk berpaling. Selain materi lagunya panjang-panjang, kerajinan dan volumenya bisa terlihat dari buka tutupnya yang rapat dan buka paruhnya yang lebar. Jack Tower, salah satu jamtrokmania kawak asal Solo menilai Pikun layak mendapat bendera koncer A karena tak ada gaco yang tampil maksimal.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Meski hanya meraih peringkat kedua, Bambang pun berbesar hati dan legowo menerima keputusan juri. Saat dihubungi burungnews, Bambang mengungkapkan kalau dirinya memang termasuk pemain baru di Solo Raya meski dirinya telah lama berkecimpung di dunia perburungan saat berdomisili di Semarang.

 

OONG, BAMBANG, DAN JACK TOWER

 

“Kalau main burung sebenarnya sudah lama, sejak masih di Semarang. Mainnya kacer, tetapi saya nggak bisa, terus lari ke cucak hijau karena saya seneng kalau lihat cucak hijau pas digantang itu ada jamtrok e. Dua tahun lalu punya Pikun ini, belum jalan saat itu, sesekali aja menang. Setelah pindah ke Solo di awal pandemi, Pikun ini ikut kubawa. Dicoba di latber, latpres, even sekitar Solo, ternyata mau jalan. Menang, menang lagi, dan lagi. Itu selama tujuh bulan dapat 120-an piala,” ungkapnya.

Salah satu kunci penampilan maksimal Pikun di event kali ini adalah pemahaman tentang karakter Pikun. Mengingat kondisi cuaca cukup panas dan posisi bulu sedang tumbuh, Ia memilih menggunakan jangkrik dan ulat hongkok secukupnya. Hal ini dilakukan karena Pikun belum berani jemur lama.

 

 

“Ini kan masih posisi mabung, nggak berani jemur lama. Kalau panas seperti sekarang, kita main jangkrik sama ulat hongkong, dikit aja. Kalau hujan lebat seperti pas di Elang Sejati, kita genjot ulat hongkongnya. Nanti kalau kondisi bulu sudah full semua, kita nggak pakai ulat hongkong lagi, panas itu efeknya.”

Ia juga mencermati kalau Pikun sangat tenang saat mau digantang biasanya mau kerja maksimal. “Kalau burungnya tenang pas mau digantang, nggak grabyakan, biasanya mau nampil. Ini mainnya kan nembak, nembak dari awal sampai akhir, nerus, jarang ngetem, bahkan ndak pernah ngetem. Burunge gampang,” lanjutnya.

 

BAMBANG. CH PIKUN SIAP BERSAING

 

Selama dua tahun memelihara Pikun, Bambang mengaku sudah mengalami berbagai permasalahan yang dihadapi oleh jamtrokmania seperti gembung, melet, sampai didis ekor. Untuk mengatasi permasalahan itu kuncinya kesabaran dan ketlatenan dalam mengarahkan dan mengubah kebiasaan burung. Kalau ada masalah seperti mencret atau nyekukruk, Ia biasanya menggunakan Super N.

 

 

“Kalau vitamin malah jarang banget, selama ini bahkan nggak pernah pakai vitamin, karena rawatannya alami semua. Kalau vitamin nggak pernah. Tapi, kalau mencret saya langsung kasih Super-N. Saya nggak ngunggul-ngunggulin Super N lho ya, tapi kalau hanya mencret pasti sembuh. Kalau kelihatannya kurang fit atau apa, langsung kasih Super N, pasti sembuh,” tandasnya. [asept]

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

DATA JUARA 2nd ANNIVERSARY KICAU BATURAN BERSATU KLATEN, KLIK DI SINI

 

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

KATA KUNCI: 2nd anniversary kicau baturan bersatu pikun

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp