YOGI PRAYOGI, PERKENALKAN TEKONOLOGI ONLINE

YOGI KM CUP 5 Mei 2019

Tiketing Benar-Benar Real Online, Bisa Pilih Nomor Gantangan

Yogi KM Cup dirancang bukan semata berbeda dari yang lain. Beragam unsur pembeda itu sekaligus juga menjadi nilai lebih. Salah satunya adalah cara pemesanan / pembelian tiket yang akan menerapkan sistem online dalan arti yang sebenarnya.

Apa yang dimaksud “dalam arti yang sebenarnya”, karena benar-benar sudah dijalankan melalui sistem (aplikasi) online. Selama ini banyak EO yang menyebut pemesanan via “online”, ternyata yang dimaksud online hanya sebatas memesan lewat SMS atau WA. Padahal pencatatan dan penghitungan dilakukan dengan entry manual.

Ada pun pada Yogi KM Cup 2019, sistem pemesanan akan menggunakan aplikasi My Silobur yang sudah diuji dalam sejumlah even seperti KM Jateng Cup II dan Dandim Cup 2 Jepara. Kita pemilik perangkat HP Android bisa mengaksesnya dengan mengunduh melalui Google Play atau Play Store.

 

 

HAL DEPAN / HOME. PERHATIAN BAGIAN TIKET ONLINE (TENGAH KANAN) DAN IKON MY TICKET (BAWAH TENGAH)

 

Dengan memesan melalui My Silobur, panitia Yogi KM Cup 2019 akan memberikan bonus / diskon khusus. Keistimewaan lain yang didapat, ada fasilitas bisa langsung memilih nomor gantangan sesuai yang Anda inginkan, tentu saja selama belum dipilih oleh orang lain.

Sistem juga memberikan deadline waktu pembayaran, dalam hal Yogi KM Cup akan diset 2 Jam saja. Setelah 2 jam kita belum melakukan pembayaran, otomatis pesanan akan dibatalkan (untuk sementara, masih akan ada toleransi 1 x 24 jam). Tidak ada kompromi, apakah Anda seorang bos atau tokoh besar, sahabat, saudara, kalau sudah batas akhir belum bayar ya langsung dibatalkan.

Begitu ada pesanan yang dibatalkan, nomor gantangan pada kelas/jenis burung yang tadinya sudah terblok/berwarna abu/gelap, akan kembali dibuka sehingga bisa dipesan/dipilih oleh orang lain.

 

 

TATA CARA MEMESAN TIKET MELALUI MY SILOBUR

Anda yang belum punya akun apps my silobur, yang sebagian besar memakai platfom android bisa langsung dari Play Store, selain Google Play dari browser. Ikuti langkah, mulai install dan mengisi data yang diminta.

 

UNDUH / INSTALL MY SILOBUR DI GOOGLE PLAY ATAU PLAY STORE

 

Kalau proses install/unduh sudah berhasil, klik OPEN atau buka. Pada halaman utama atau HOME, kita pilih bagian TIKET ONLINE. Dari situ akan masuk pada pilihan nama-nama EVEN. Pilih dengan menekan tombol Yogi KM Cup 2019, akan masuk pada pilihan KELAS/ HARGA TIKET. Klik salah satu kelas yang akan kita beli, akan masuk pada pilihan JENIS BURUNG yang tersedia pada masing-masing kelas.

 

KIRI: PILIHAN EVENT, LALU MASUK PILIHAN KELAS DAN HARGA TIKET

 

Misal klik kelas FOUNDER, muncul pilihan murai batu (pada kelas ini hanya membuka jenis burung murai batu), akan keluar susunan lay out gantangan dan nomornya dalam hal ini 1 – 60. Tinggal klik nomor gantangan, kotak yang kita pilih akan berubah warnanya dari putih menjadi biru. Nomor yang sudah dipesan terlebih dahulu oleh orang lain tampak terblok warna abu gelap, tidak bisa lagi kita pilih.

 

KIRI: WARNA ABU / GELAP MENUNJUKKAN SUDAH TERPESAN, MAKA KITA PILIH LAINNYA MISAL NOMOR 1 DAN 18

 

Berikutnya klik tombol PESAN TIKET di bagian bawah, lalu muncul rincian nama kelas, jenis burung, jumlah tiket, nomor gantangan, dan jumlah bayar. Kalau yakin data yang muncul itu sudah betul, klik tombol BAYAR.

 

SETELAH KLIK TOMBOL BAYAR, MUNCUL "SELAMAT..."

 

Muncul keterangan; Selamat, pemesanan tiket sudah berhasil. Kita akan masuk pada halaman My Tiket seperti tampak di bawah ini. Ingat, ini baru separuh langkah. Setelah ini, kita diberi waktu 2 jam untuk melakukan pembayaran. Caranya, sentuh atau klik halaman My Tiket, akan masuk ke DETAIL TIKET seperti tampak di bawah ini.

Di bagian bawah, ada petunjuk metode bayar, yaitu dengan transfer ke rekening BCA. Kalau pembayaran sudah berhasil, silakan screenshot bukti pembayaran, klik tombol KIRIM BUKTI TRANSFER.

CUKUP SENTUH ATAU KLIK HAL MY TICKET, MASUK KE DETAIL TIKET

 

Di halaman Detail Tiket, kita juga bisa membatalkan / cancel pesanan tanpa harus menunggu 2 jam lalu dihanguskan secara otomatis bila belum membayar. Silakan klik tombol CANCEL TIKET yang bewarna merah, di bawah tombol kirim bukti transfer.

Dengan aplikasi ini, kita bisa melihat berapa tiket yang benar-benar sudah terpesan (bagian kotak yang sudah diberi warna abu/gelap) dan berapa yang masih tersisa (kotak berwarna putih). Seperti yang sudah disebut di bagian awal, nomor gantangan yang tadinya berwarna abu/gelap, bisa kembali putih bila sampai batas waktu yang diberikan, belum dibayar, atau dicancel oleh pemesan.

“Jadi berapa jumlah tiket yang sudah terpesan, baik secara numerik maupun persentase bisa diketahui secara persis dan nyata. Itu akan kita update juga secara berkala, termasuk melalui burungnews.com. Selama ini kan banyak EO mengumumkan jumlah pesanan lebih sebagai klaim. Misalnya menyebut sudah terpesan 90 persen, sudah menipis, tersisa sedikit, dan istilah-istilah yang sifatnya hanya gambaran saja.”

 

 

 

PERBEDAAN SEKALIGUS KELEBIHAN YOGI KM CUP

Pembeda lain dari gelaran Yogi KM Cup yang sekaligus juga menjadi kelebihannya, antara lain pada kemasan hadiah Losgan. Istilah Losgan dalam kontek Yogi KM Cup, sama dengan hadiah Utuh tanpa potongan. Artinya, berapa pun peserta, hadiah untuk juara 1 akan tetap keluar utuh.

Jadi, peserta tak perlu kawatir. Sudah senang-senang juara, ternyata hadiahnya tidak sesuai (misalnya juara 1, tetapi yang diterima adalah setara juara 2) dengan alasan peserta tidak memenuhi kuota. Di sini, bila peserta tidak memenuhi kuota, hanya mengurangi urutan, misalnya hanya diambil 1-5 tetapi semuanya utuh sesuai yang tertera di brosur.

 

 

Peserta tidap kelas / sesi dibatasi hanya 54 gantangan. Artinya, pantauan juri akan lebih maksimal. Bila pada even lain seperti ada adu berbanyak-banyak sesi (rata-rata 30-an bahkan ada yang sampai 40), di sini hanya akan memainkan 22 sesi. Artinya, lomba memang dirancang agar bisa rampung sore sebelum gelap.

Tak hanya tiketingnya yang transparan, termasuk nomor gantangan yang bisa dipilih, sistem penjurian Silobur pun real transparan dan terbuka. Hal ini tentu saja bisa menjadi jawaban akan lomba yang fairplay dan mengedepankan hati nurani.

“Jadi kami ingin even Silobur ini memang transparan sejak awal, sejak pemesanan tiket hingga terutama bagian intinya, penilaian atau penjurian, dan kemudian bila memang ada juga penghitungan poin juara umum. Penjelasan tentang sistem penjurian Silobur seperti apa, tunggu saja pada artikel berikutnya.”

 

 

APPS MY SILOBUR BISA DIMANFAATKAN SIAPA SAJA

Pada prinsipnya, My Silobur diciptakan bukan semata untuk dipakai sendiri oleh Silobur saja. Pihak atau EO lain pun bisa memanfaatkannya. “Karena kami juga ingin bisa bermanfaat bagi perkembangan hobi burung secara umum. Bila sistem yang kami kembangkan juga bisa membantu membuat (semua) EO lain jadi lebih baik, paling tidak pada bagian pemesanan tiketnya, tentu itu juga hal yang membuat kami bangga.”

Lalu apa kelebihan / benefit bila kita memakai atau memanfaatkan Apps My Silobur?

Pertama, My Silobur bisa diunduh dengan mudah oleh sebagian besar kicaumania yang menggunakan platform Android (lewat Play Store atau Google Play dari browser). Artinya, EO yang ingin memanfaatkan My Silobur bisa diakses secara lebih mudah oleh semua kicaumania.

Ke-2, soal kehandalan sistem My Silobur. Ketangguhannya sudah diuji pada lomba-lomba Silobur sejak 2015 – 2018. Pada awalnya, tahun 2015, aplikasi ini based on web yang kemudian diuji antara tahun 2016 – 2017. Kemudian migrasi ke android dan diuji pada beberapa lomba tahun 2018, lalu ada tambahan / revisi pada awal 2019 yang berasal dari masukan para pengguna.

Ke-3, tiketing online standar Silobur memang memakai lay-out 6 x 10 (60 gantangan), ini karena menyesuaikan dengan blok Juri Silobur. Namun ini fleksibel, tersedia juga lay-out 7 x 10 (70 gantangan), 8 x 9 (72 gantangan), atau lay-out lainnya sesuai request.

Ke-4, memudahkan kicaumania saat memesan tiket karena cukup klik nomor gantangan yang diinginkan. Sebelum batas akhir pembayaran, peserta juga bisa membatalkan/cancel tiket. Jadi tidak perlu menghubungi bagian pesanan tiket dengan WA atau telepon, lalu menunggu jawaban / konfirmasi apakah masih tersedia tiketnya, jumlah yang harus dibayar dan seterusnya. Tidak selalu bagian pesanan tiket dalam posisi stanby, kadang kala memakan waktu untuk mendapatkan tanggapan. Sementara sistem secara real time, dalam sekejap langsung memberikan jawaban.

Ke-5, deadline atau batas akhir pembayaran bisa diset, misalnya 2 jam atau 1 x 24 sesuai yang request. Setelah lewat batas itu, otomatis pesanan akan hangus / batal. Demikian pula dengan batas penutupan pemesanan, misalnya H-1.

Ke-6 membantu panitia dalam merekap dengan akurat peserta yang sudah memesan dan benar-benar serius akan mengikuti lomba, dan tiket yang masih tersedia. Sistem ini juga efektif untuk menghindari kasus “ngeblong”, yakni ada pesanan dalam jumlah banyak, membuat panitia harus menolak pesanan dari calon peserta lainnya (yang lebih serius dan membutuhkan), ternyata pemesan awal itu tidak datang tanpa kabar, padahal waktu pelaksanaan lomba telanjur molor karena menunggu calon peserta yang tidak jelas.

 

 

Berikut even-even yang sudah akan memanfaatkan My Silobur untuk tiketingnya:

  1. Launching APlikasi Android My Silobur "YOGI KM CUP", 5 Mei 2019 di Hubad, Depok. All Class Lost Gantangan.
  2. Grand Launching APBUI SILOBUR BENGKULU, Minggu 16 Juni 2019
  3. PUTRA PESISIR CUP, Minggu 30 Juni 2019, Pati, Jateng 
  4. KAPOLRES CUP JEPARA, Minggu 14 Juli 2019 
  5. ALL IN CUP 3, Minggu 29 September 2019, Pati, Jateng

 

Perlu diketahui, bahwa Project Silobur dirintis sejak tahun 2012, merupakan bagian dari program kerja saat Yogi Prayogi menjadi Ketua KM (2011-2013).

Selain Tiket Online (TOL), proyek-proyek yang masih terus dikerjakan adalah: (1) Pembenahan Data Base untuk mengintegrasikan Komunitas Grup-grup Facebook yang kami kelola., (2) MarketPlace, semua Transaksi akan berada di sini, disebabkan di grup-grup Facebook banyak penipuan., (3) REKAP ONLINE (ROL)., (4) KLIK LB (Software LB).

 

KATA KUNCI: yogi km yogi km cup 2019 my silobur silobur tiket online di lomba burung

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp