SUBUR PUSPA. AM JACKSTAR NAIK PODIUM DI SOLO VAGANZA

SUBUR PUSPA SOLO

Menang di Solo Vaganza Cup 2, AM Jack Star Makin Mantap Ke Balekambang Kumandang

Keberhasilan anis merah Jack Star meraih podium pertama dan ketiga di Solo Vaganza 2 membuat Subur Puspa makin mantap melangkah ke Balekambang Kumandang. Langsung teler dan tampil maksi di setiap gelaran, bagaimana rawatan harian Jack Star?

Dikenal sebagai pemain kawak, nama Subur Puspa tentu sudah tak asing lagi di kalangan aniser Solo dan sekitarnya. Dari tahun 2000-an, berbagai gaco telah diorbitkan dan bersinar berkat tangan dinginnya. Di Solo Vaganza 2, Jack Star amunisi terbarunya berhasil meraih podium pertama dan ketiga.

 

 

AM JACK STAR

 

Bongkar materi sambil teler, doyong mentok kiri kanan (hiper lebar), kadang jalan sambil buka ekor, Jack Star berhasil mencuri perhatian juri sepanjang perlombaan. Variasi lagu ciblek, kenari, glatik wingko dan love bird yang dibawakannya secara fasih makin menunjukkan betapa mewahnya materi Jack Star.

Ditemui burung news sesaat setelah lomba, Subur Puspa mengungkapkan kebahagiaannya setelah Jack Star berhasil meraih juara satu dan tiga. “Di Solo Vaganza ini, penampilan Jack Star tak mengecewakan, tanggung jawab dari awal sampai akhir panilaian. Dari awal digantang langsung teler, mentok kiri kanan sampai ndlosor-ndlosor, mewah tadi mainnya,” ungkapnya.

 

 

Penampilan apik Jack Star tak lepas dari pola perawatan harian dan jelang lomba yang diterapkan pada amunisi andalannya ini. “Jack Star ini rawatan hariannya pagi thok, biasanya jemur jam 7 sampai jam 8, terus mandi, diangin-anginkan, langsung full krodong. Untuk pakannya biasanya dikasih buah, biasanya pisang, kalau kamis atau jumat mau lomba ganti apel merah,” terang Wawan Bulus, sang mekanik.

Untuk extra fooding, satu ekor jangkrik biasanya diberikan pada hari Kamis dan Minggu sesaat sebelum naik. “Jangkriknya diberikan hari kamis dan minggu pas mau lomba, kalau nggak tempur ya hanya Kamis thok. Itu pun jangkrik tanpa kepala. Kadang hari Jumat dikasih cacing merah, satu thok,” itu saja.

 

WAWAN BULUS. SUKSES KAWAL JACK STAR

 

Meski selalu tampil maksi setiap kali diturunkan, rupanya Jack Star ini termasuk anis merah yang mudah jenuh. “Jack Star itu kan burung jenuhan, kalau kelamaan di tempat yang sama itu nggak mau bunyi, biar setiap hari bunyi, mesti dipindah-pindah biar ada suasana baru. Misalnya Senin sampai Rabu di tempat e bos, nanti Kamis mulai dipindah ke tempatku,” lanjutnya.

Meski tetap dichas setiap kali mau digantang, Jack Star harus disendirikan terlebih dulu ketika sampai di lokasi lomba. “Minggu itu, harus cari tempat sendiri. Nggak digabungin merah-merah lain, harus sendiri, centelin. Nanti kurang berapa jam baru dichas, nah itu nanti dahsyatnya keluar, mewah itu,” jelasnya.

 

 

Keberhasilan Jack Star meraih kemenangan di Solo Vaganza 2 membuat Subur Puspo makin percaya diri melangkah ke Balekambang Kumandang 2. Ia dan anggota Komunitas Anis Merah Solo siap menyambut aniser-aniser dari kota lain untuk berlaga di salah satu even tahunan di kota Solo ini.

 

KATA KUNCI: subur puspa solo vaganza cup 2 balekambang kumandang jack star

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp