LAMYS PAKAI TANGKRINGAN KOTAK


SALMA BC JOMBANG: Seting Tangkringan Redam Love Bird Ngekek Ngering

Love bird bisa ngekek panjang di rumah, tentu banyak yang punya. Yang susah adalah membuatnya mau ngekek panjang di gantangan hingga dapat juara. Ini juga yang dialami Ivan Crist, perawat gaco koleksi Rudi Tanata dari Widjoyo SF jombang.

Rudy adalah kolektor love bird durasi. Gaco terbaru yang dikoleksinya adalah Lamys. Love bird fighter warna josan ini baru dibeli dari pemain di Puncu, Kediri.  Lamys saat di rumah, kerap ngekek panjang hingga tembus 2 menit up.

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER VIP

 

Namun saat digantang, Lamys memang ngekek panjang tapi tidak di bertengger di atas tangkringan. Ivan pun sudah berulangkali mengubah setingan, namun berkali-kali harus kondangan tanpa hasil.

"Susah sekali mencari setingan love bird yang suka ngekek sambil ngering. Bikin hati panas. Karena bisa ngekek di atas gantangan, tapi tidak mendapat hitungan karena tidak bertengger di tangkringan," kata Ivan Crist saat ditemui Burungnews di sudut Gantangan Salma BC di Tambakberas gang 2 Jombang, Selasa 24 November 2020.

 

PHOENIX Makanan Love Bird Multivitamin. Berikan yang terbaik untuk love bird kesayangan Anda, menjadik burung selalu sehat dan rajin bunyi. Mudah diperoleh di kios-kios terdekat.

 

Sebelum berangkat ke Gantangan Salma BC, Ivan mencoba mengganti tangkringan Lamys. Kalau biasanya pakai tangkringan bulat dari resin yang permukaannya kasar, diganti dengan tangkringan kotak dari kayu.

Ternyata, Lamys tidak lagi ngering. Turun di kelas Love Bird Fighter B, Lamys langsung mengumbar durasi mewah dan bertengger di atas tangkringan. Durasi yang dibuat Lamys adalah super 2 dan istimewa 7.

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER A

 

Tropi juara 1 pun diboyong Ivan ke base camp Widjoyo SF. "Ternyata Lamys maunya pakai tangkringan kotak dari kayu. Sebelumnya, tangkringan kotak ini saya taruh di bawah dan yang bulat di atas. Tadi saya coba tukar, yang kotak di atas dan yang bulat di bawah. Ternyata tampilnya nagen. Meski sesekali masih ngering, merayap di sangkar, tapi itu pas tidak ngekek," beber Ivan.

Setelah menemukan setingan ini, Ivan akan meminta ijin ke Rudy Tanata untuk menjajal Lamys turun di even yang lebih prestis. Salah satu even yang dibidik adalah Anniversary Denanyar BC di Lapangan Denanyar Jombang pada hari Minggu, 13 Desember 2020.

 

JUARA LOVE BIRD M2

 

Soal rawatan harian, Ivan memberikan perlakuan khusus. Terutama soal pakan. Umumnya ekstrafooding buat love bird adalah jagung dan kangkung. Buat Lamys, Ivan memberikan mentimun untuk harian. Tujuannya adalah untuk meredam birahi. "Kalau tidak diberi mentimun, pasti mbebek terus," ungkap Ivan.

Untuk pakan harian, Ivan hanya memakai milet putih polos. Sedangkan untuk lomba, Lamys diberi kangkung sampai kenyang. Perawatan mandi jemur tidak ada yang istimewa. Lamys mandinya setiap pagi dan jemurnya cuma sebentar, sekitar 10 menitan.

 

 

Di Salma BC, Lamys berhadapan dengan dua gaco yang sama mewahnya. Mbib milik Abah Umar dari Ardat SF adalah gaco biola pb biru yang punya durasi mewah. Di gelaran ini, Mbib berhasil menduduki posisi runner up di dua kelas.

Di kelas Fighter Vip, gaco yang berhasil moncer di puncak adalah Sableng milik Iwan dari Sonokeling SF. Keistimewaan Sableng adalah suaranya yang mirip pelatuk sampit. Ngekeknya rapet dan melengking. Durasinya di kisaran sebutan lanjut tapi sangat bocor.

 

JUARA MURAI BATU VIP

 

Vokal istimewa juga dimiliki murai batu Tunggal Sakti milik Aris S dari Klimaks SF. Gaco ini rajin membongkar suara prenjak, cililin, rambatan, kenari, dan suara cucak hijau. Volume suaranya juga nyaring, durasi kerja mewah dan sulit dicarikan bandingnya.

Over Dosis milik Eko dari Belrusak SF adalah gaco yang kerap melibas prestasi puncak di sejumlah gelaran di Jombang. Namun hari ini kerjanya kurang topform hingga dikalahkan Tunggal Sakti.

 

JUARA CUCAK HIJAU VIP

 

Di kelas Cucak Hijau yang dibuka tiga sesi, prestasi puncak terbagi untuk tiga nama. Juara I di kelas Vip berhasil direbut Sultan yang jadi andalan Shaka Atharizz dari Griya Konin SF. Di kelas Cucak Hijau B, pemilik burung lupa menulis data juara. Yang tertera di data juara hanya nomor gantangan 16. Sedangakan juara I di kelas Cucak Hijau C adalah Bocil andalan Harkat dari Tarjo Team.

Di kelas Kenari, Kenzyro bersaing melawan dua gaco orbitan Anthonio Mitra SF. Kenzyro yang dikawal Rere akhirnya berhasil moncer di podium teratas, sedangkan Rocker debutan Mitra SF meraih juara II. (RAFF)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

JUARA CUCAK HIJAU A

 

PARA JAWARA KENARI

 

 

 

 

KATA KUNCI: salma bc jombang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp