AKBAR SPEED DAN MURAI BATU PRONTOX


SALMA BC JOMBANG: Mandi Air Es, Solusi Murai Batu Suka Melantai

Gaco murai batu punya lagu roll tembak dahsyat, speed rapat, isian komplit, tapi saat digantang suka nebok atau melantai, ya tetap kondangan. Untuk mengatasinya, Akbar Speed punya kiat. Salah satunya mandi air es.

Prontox adalah salah satu murai batu yang punya banyak kelebihan, dan belakangan sering bertengger di podium puncak di sejumlah gantangan di Jombang dan kota sekitar. Kelebihan yang dimiliki Prontox antara lain, durasi kerja bagus, daya pukul suara mantap, dibelaki suara isian cililin, kapas tembak, cucak jenggot, cucak cungkok, parkit, Gereja tarung, srindit, konin, dan ciblek ngebren.

 

JUARA MURAI BATU A

 

Vokal mewah itu kerap dibongkar saat digantang dan menarik perhatian tim juri serta para joki murai batu, karena suaranya bisa tembus sampai di luar pagar arena. Sayang, gaco ini kerap melantai saat meladeni aksi lawan.

Dan itu terjadi tidak sekali-duakali, tapi seringkali. "Prontox ini kerjanya luar biasa. Fighternya sangat tinggi dan suka mengejar lawan. Sayangnya, saat lawan yang dihadapi turun dari tangkringan atas ke tangkringan bawah, Prontox akan ikut turun dan bisa kebablasan turun ke bawah. Ini pe-er besar yang harus saya pecahkan. Alhamdulillah sudah ketemu solusinya," kata Akbar Speed.

 

 

Kondangan sudah jadi langganan Akbar Speed, untungnya untuk uang tiket disubsidi Septian, pemilik gaco ini. "Prontox ini bukan burung saya mas, tapi punya pak Septian. Beliau low profil dan suka di belakang layar saja," ungkap Akbar.

Setelah solusi ditemukan, Akbar Speed tidak pernah minta subsidi lagi. Malah, Prontox dijadikan ATM untuk uang belanja mingguan. "Sudah banyak yang nawar Prontox, tapi pak Septian tidak mau melepas. Saya tambah senang karena uang kejuaraan juga tidak mau ambil, jadi bisa untuk belanja kebutuhan dapur," cetus bapak dua anak ini.

 

MANDI MALAM

Solusi yang ditemukan Akbar Speed untuk menekan emosi Prontox ternyata tidak terlalu ribet, tapi untuk menemukan solusi itu yang tidak mudah. "Setiap malam Prontox saya mandikan pakai air dingin. Air saya kasih es batu terus saya semprotkan. Setelah saya terapkan rutin setiap malam, emosinya lebih terkendalikan," ungkapnya.

 

JUARA MURAI BATU B

 

Selain mandi malam dengan cara disemprot, Prontox juga wajib diembunkan sekitar jam 05.00 Wib. "Setiap jam lima pagi, Prontox saya keluarkan untuk pengembunan. Ini wajib setiap hari. Setelah itu, sekitar jam tujuh pagi langsung masuk tenggaran," ujar Akbar sembari menjelaskan kalau Prontox dibeli Septian saat masih pastol dan sekarang umurnya sudah dua tahunan.

Kandang tenggaran yang dipakai untuk Prontox berukuran panjang 3 meter, lebar 1 meter, tinggi 1 meter. Setelah ditenggar, Prontox langsung masuk rumah dan dikerodong. "Untuk pakan harian jangkrik 3 ekor pada pagi dan sore. Saat akan digantang, pada pagi hari dikasih kroto 2 sendok makan.

 

JUARA CUCAK HIJAU A

 

Saat tampil di gelaran Salma BC di Tambakberas Gang 2 Jombang, Kamis 7 Januari 2021, Prontox yang ada di nomor 33 mampu menyita perhatian para pemain. Selain sering membongkar suara cucak jenggot dan gereja tarung, Prontox juga rajin menyuguhi tim juri dengan suara srindit, konin, ciblek ngebren, dan cililin.

Juara I pun berhasil direbut Prontox di kelas Murai Batu A. Yang jadi lawan Prontox di laga ini juga bukan gaco kaleng-kaleng. Diantaranya ada Mantri yang dikawal Joko dari Hasil Laut SF, juga Siliwangi milik Tamys dari Tambakberas.

 

 

Sayang, Akbar Speed hanya membeli tiket Murai Batu A untuk gacoannya. Di kelas B, juara I direbut Dompeng yang jadi andalan Kipli dari Kleper SF. "Hari ini sengaja saya turunkan satu kelas saja buat buang birahi," ungkapnya.

Sementara hasil laga di kelas lain yang kuantitas pesertanya tak kalah ramai dari kelas murai batu, seperti di kelas Cucak Hijau yang dibuka tiga kelas, ada tiga nama yang bersandar di line up teratas.

 

JUARA CUCAK HIJAU B

 

Di kelas Cucak Hijau A, podium emas direbut Satria milik Awn dari Jangkar Merah yang dikawal Tulus Ariadi. Podium dua ditempati Pak Tua yang jadi andalan Pendik dari Rea Reo, dan podium tiga diisi Laksmana milik Dr Rozaq dari Hospital BC.

Di kelas Cucak Hijau B, Salsa milik Baron dari BWI menjadi kampiun setelah menjegal Bahril milik Dribling dari Blower SF, serta Sarep milik Hadi dari Pasar Pon. Di kelas C, podium satu menjadi milik Gandar yang diorbitkan Adi dari Peterongan.

 

KOMUNITAS TRUCUK

 

Di kelas Trucuk yang dibuka dua kelas, Genji dan Pelapis mampu mendominasi podium papan atas. Genji nyeri juara I dan Pelapis nyeri juara II. Di kelas Kenari, Nobita andalan Verdy dari PSK Kediri terpilih sebagai yang terbaik. Gaco berwarna kuning sunkiss ini tampil di satu titik dan memiliki durasi panjang.

"Terimakasih atas dukungan dan partisipasi teman-teman semua, dan selamat kepada para juara. Salma hadir setiap hari Kamis pagi, Sabtu sore dan Selasa sore," kata Rikko BS, Ketua Salma BC. (RAFF)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

VERDY PSK KEDIRI

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER A

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

 

KATA KUNCI: salma bc jombang mandi air es

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp