CUCAK HIJAU DIAMOND

SALMA BC JOMBANG

CH Diamond Moncer Setelah Sembuh dari Kendala Bulu dan Suara Serak

Kendala bulu yang tidak bisa mulus dan suara serak adalah momok nomor satu buat pemain cucak hijau, selain kebiasaan nyisil bulu. Termasuk Diamond, cucak hijau andalan Kho Sf yang baru sembuh dari problem itu. Apa saja solusinya?

Setelah didera kendala bulu berkepanjangan, Diamond kembali diserang suara serak. Pengalaman pahit ini mendera Diamond hampir setahun lamanya. Padahal, setelah kendala bulu teratasi, Diamond sempat koncer di sejumlah gantangan selama satu bulan.

 

 

JUARA CUCAK HIJAU VIP

 

"Diamond mengalami kendala bulu sekitar tujuh bulan lamanya. Setelah sembuh dan bisa koncer di gantangan, kembali diserang suara serak. Kalau kendala bulu bukan masalah, mungkin karena terlalu lama, jadi sudah terbiasa. Sedangkan suara serak, ini yang hampir membuat saya putus asa," kata Hartono, ayah dari Yudho pemilik Diamond.

Saat mengalami kendala bulu, Hartono menganggap gaco kesayangannya itu lagi mabung. Setelah ditunggu tiga bulan, kondisi bulu ternyata tetap belum rapi. Dalam kondisi nyulam, Diamond pernah dipaksa turun di Latber, dan masih bisa naik podium meski performa kurang maksi.

 

JUARA CUCAK HIJAU A

 

Akhirnya diputuskan untuk mengasingkan Diamond di ruang khusus untuk karantina. Pakan masih diberikan seperti biasa, pisang kepok putih divariasi dengan pepaya, jangkrik diberikan tiga ekor setiap pagi dan sore.

Masa karantina ini berlangsung lama, sekitar empat bulan. "Saya pikir setelah disendirikan selama satu dua minggu sudah bisa pulih. Ternyata saya harus menunggu berbulan-bulan. Mungkin setelah empat bulan bulunya masih bisa rapi," beber Kho Har, sapaan akrab Hartono yang juga Anggota Polri ini.

 

 

Dipikirnya, setelah kendala bulu selesai, masalah sudah tuntas. Sekitar satu bulan Hartono mengajak Diamond jalan-jalan antar gantangan. Karena perfomanya sudah mantap, dan isiannya makin komplit, Diamond nyaris tidak pernah gagal naik podium.

Sayang, setelah satu bulan jalan-jalan tiba-tiba suara Diamond jadi serak. "Suara serak inilah yang paling saya takuti. Saya tidak tahu apa penyebabnya. Banyak macam obat saya beli, ternyata belum ada perkembangan signifikan. Sampai saya disarankan teman untuk membeli Lemans," katanya.

 

JUARA MURAI BATU VIP

 

Awalnya, Kho Har kesulitan mencari Lemans, karena obat khusus burung sakit ini tidak ada di kios-kios burung. "Ternyata Lemans belinya harus di marketplace, lewat online. Setelah saya obati pakai Lemans selama satu Minggu, suara serak Diamond berangsur hilang," ungkapnya.

Ia membeberkan cara pemberian Lemans, yang ternyata cukup dioleskan di pisang kepok, kadang dioleskan ke jagkrik baru diberikan ke Diamond. "Kalau dicampur di air minum, banyak yang terbuang karena air minum tidak pernah habis diminum. Saya pikir kalau dioles ke pakan lebih efektif. Dan alhamdulillah berhasil," bilangnya.

 

JUARA LOVE BIRD M2

 

Selasa, 1 Desember 2020, Kho Har mempercayakan Diamond kepada Angga Sukmajati untuk dibawa ke even Mbah Lan Cup I di Mancar Jombang. Di even ini Diamond tampil maksi dan rajin membongkar lagu roll tembak berdurasi mewah. Sore dibawa lagi turun di Latber Salma BC di Tambakberas Gang I, Jombang. Di gelaran ini Salma BC berhasil moncer di podium teratas di kelas Vip dan meraih juara III di sesi kedua.

Di kelas Vip, Diamond bertemu dengan Gallardo yang dikawal Abil 201 dari Duta Anniversary Denanyar BC. Diamond berhasil mengalahkan Gallardo, serta Omega Jr yang dikawal Candra dari Sumobito.

 

 

Di sesi kedua, Diamond terpuruk di podium tiga, dikalahkan Soneo milik Pak Sis dari Pasar Pon Team yang dikawal Cak Bogang. Soneo meraih juara I diikuti Anak Bos milik Udin dari Tarjo SF. "Alhamdulillah Diamond tampil membanggakan," ujar Angga Sukmajati.

Di Latber Salma BC kali ini, Abil Krucil tidak hanya membawa Gallardo, tapi juga menggendong murai batu Densus yang jadi andalan papanya, Yudi PG. Turun di kelas Murai Batu Vip dan A, Densus berhasil nyeri juara I.

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER A

 

Di kelas Vip, Densus berhasil meredam keangkeran Irak yang jadi andalan Haikal Pratama dari Duta Anniversary Denanyar BC. Sekti milik Aris dari Klimaks Sf juga dibabat Densus. "Lumayanlah untuk hari ini, bisa buat uang jajan," kata Abil Krucil yang masih duduk di bangku SMA.

Pertarungan di sesi paruh bengkok juga berlangsung seru. Di kelas Love Bird M2, Billa andalan Karac dari Plama BC berhasil memboyong tropi utama. Billa juga diturunkan di kelas Love Bird M1 dan berhasil meraih juara I. Di kelas M2, Billa mampu mengungguli poin yang diraih Milea milik Yoyok HDP dari Upas Legi SF dan Kolibek milik Reywood, Chairman Mahesa Djenar.

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER B

 

Di kelas Love Bird Fighter A, Reywood juga menurunkan gaco andalannya, Pelope. Sayang, penampilan Pelope jauh di bawah top perform. Pelope harus puas mengisi podium dua, dikalahkan Pretty yang jadi andalan Oyek dari Tanpa Nama SF. Juara III direbut Lamys andalan Rudy Tanata dari Widjoyo SF.

Di kelas Love Bird Fighter B, giliran Sambi Roto orbitan Tatak Arif dari Upas Legi SF yang berhasil mendulang poin tertinggi. Sambi Roto berhasil mengungguli poin yang dicatat Lamys serta Cakra yang dibawa Rama dari Solo SF.

"Selamat kepada para juara. Untuk hari Kamis tanggal 10 Desember, Salma BC akan menggelar Latpres. Pemesanan tiket akan dibuka mulai Latber Kamis lusa tanggal 3 Desember 2020," kata Rikko BS, Ketua Salma BC. (RAFF)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

 

KATA KUNCI: salma bc jombang ch diamond

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp