KENARI MOZART


SALMA BC JOMBANG

Cetak Kenari Konslet Berdurasi Panjang

Mozart belum pernah gagal merebut podium di setiap penampilannya. Di Salma BC, gaco milik Dony Honda SF ini nyeri juara I. Kalau bunyi gaco ini bisa dibilang konslet, durasinya bisa tembus 90 detik. Apa rahasianya?

Selama dipegang Dony Budi Santoso dari Honda SF Jombang, Mozart belum pernah gagal menyandang juara. Prestasinya selalau berada di tiga besar. Di gelaran Salma BC di Tambakberas Gang 2 Jombang, pada Selasa 22 Desember 2020, Mozart berhasil meraih double winners.

 

 

MOZART MERAJAI KELAS KENARI

 

Segala kelebihan ada pada gaco ini. Meski memiliki durasi panjang, sekitar 90 detikan, suara gaco berwana kuning bon ini cukup lantang. Performanya mantap, bunyi di satu dan bisa membawakan lagu mewah.

Selain membekal suara dominan kenari standart, di sela-sela lagunya kerap ada selingan isian suara jalak suren, kolibri, dan gelatik batu atau gelatik wingko. Saat bunyi juga terlihat cuek dengan kondisi di sekitarnya.

 

 

"Selama punya kenari, Mozart inilah yang terbaik. Meski posturnya bukan jenis F, tapi suaranya keras, durasi panjang, lagu mewah, cengkok luwes, dan bisa saat bunyi seperti love bird konslet, tidak peduli keadaan sekeliling, meski ada teriakan keras atau gangguan lainnya tetap bunyi nagen," ujar Dony kepada Burungnews.

Tentu saja untuk menampilkan kenari seperti ini sangat sulit. Selain dibutuhkan setingan pakan yang pas agar tidak over birahi, juga diperlukan perlakuan khusus. Soal pakan, Dony memakai biji kenari seet dan biji sawi yang dibeli kiloan dari pasar burung dan dioplos sendiri. Perbandingan biji kenari dan biji sawi 10:1.

 

JUARA CENDET A

 

Sayur yang dipakai adalah sawi putih untuk harian, dan jagung muda saat kontes. Perlakuan yang paling menentukan, menurut Donny adalah, saat di lapangan harus dicas atau ditrek dengan kenari lain. Dan harus kenari jantan.

"Agar Mozart bisa konslet saat digantang, saat di lapangan harus dicas dengan kenari jantan. Meskipun ditempel rapat, baik Mozart maupun casnya tidak mau bunyi. Dengan cara ini, tenaganya tidak akan terforsir dan selalu siap gantang," ujar Sales Marketing mobil Honda ini.

 

JUARA CUCAK HIJAU B

 

Terbukti saat turun di kelas Kenari A dan B, Mozart berhasil mengisi line up teratas. Gaco yang jadi lawan berat Mozart di gelaran Salma BC kali ini adalah Once yang diorbitkan Iqnal dari KCC SF, dan Mandala milik Aziz dari Sonic SF.

Dony juga mengusung murai batu andalannya, tapi kali ini gagal tampil. Gaco yang meraih sukses besar di kelas Murai Batu adalah Densus milik Abil 201 dari Denanyar BC. Gaco ini berhasil meraih dua prestasi emas di kelas A dan B.

 

 

Melawan Putra Rajawali andalan H Kalam dari RT BC dan Piston milik Subhan dari Mbois BC, Densus yang rajin membongkar suara cililin dan kapas tembak nyaris tak tertandingi. Begitu juga saat revans di leg kedua, Densus tetap yang terbaik.

Sukses yang sama juga diraih Tegar, gaco orbitan Solikan dari Seroja 18 di kelas Cendet. Turun di sesi Cendet A dan B, Tegar berhasil melibas podium teratas. Kuprit milik Tedi dari Lor BC yang juga bukan gaco kaleng-kaleng, berhasil mengisi posisi runner up di kelas Cendet A.

 

JUARA CUCAK HIJUA A

 

Di kelas Cucak Hijau yang dibuka tiga kelas, podium teratas terbagi untuk tiga amunisi. Di kelas Cucak Hijau A, Sableng milik Roza dari Pagerwojo nyaris tak tertandingi. Rajin mengobral suara mbak kunti dan kapas tembak dengan vokal keras dan durasi panjang, Sableng berhasil menundukkan Gallardo milik Abil 201 yang sarat prestasi.

Di kelas B, Giliran Bagong orbitan GTS Plandi yang menjadi bintang lapangan. Tak kalah hebat dari Sableng, Bagong mampu mempesona tim juri dengan suara cucak jenggot dan tembakan cililin. Sementara gaco yang berhasil merebut podium satu di kelas Cucak Hijau C adalah Bocil andalan Mr Herkat dari Tarjo Team.

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER A

 

Di kelas Love Bird Fighter, cukup banyak gaco hebat berdurasi mewah yang turut ambil bagian. Benny dari MRT SF dengan gaco andalannya, Gendis, mampu mengukir prestasi emas setelah mengungguli poin yang diraih Jagal yang dikawal Huda dari Angel SF dan Ilona andalan Diky Permak Levis.

Di kelas Fighter B, tropi utama diboyong Weweh dari Barongan SF. Di kelas ini, Weweh menurunkan love bird andalannya: Slowe yang meraih poin tertinggi mengalahkan Pretty milik Oyek, dan Topan milik Arif dari Tambakberas.

 

 

Di kelas Love Bird M2 A, Wawan Gatjen dari Mancar BC berhasil mengisi daftar juara di urutan teratas lewat aksi Abu Jalal, gaco yang sudah uzur dan sarat prestasi. Di kelas M2 A, Abu Jalal mampu melampaui poin yang dibukukan Sawo milik Karji dari Camplang dan Busi milik Tanto Cias.

Sedangkan di kelas M2 B, pretasi teratas direbut Milea yang diorbitkan Yoyok HDP dari Upas Legi SF. Milea mengalahkan Sanches yang dikawal Yaman dari Griya Kicau. "Jangan lupa, Kamis besok 24 Desember 2020, Salma BC menggelar Latpres. Tiket sudah bisa dipesan," kata Rikko BS, Ketua Salma BC. (RAFF)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

JUARA LOVE BIRD FIGHTER B

 

JUARA LOVE BIRD M2 A

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

JUARA MURAI BATU A

 

JUARA MURAI BATU B

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

 

KATA KUNCI: salma bc jombang kenari konslet

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp