KRU EFFENDY TJIO DI PLAZA CUP. SESI 2, CASPER TAK TERBENDUNG

PLAZA CUP #4

Sesi Pertama AK Casper ‘Dijebak’ Betina, Sesi Kedua Tak Terbendung

Anis kembang Casper menjadi salah satu unggulan di Plaza Cup. Sayangnya, di sesi pertama Casper tidak  tampil sebagaima mestinya. Sempat bunyi di awal, belum sampai ngerol lantas mletik, begitu terus sampai rampung. Ada yang bilang karena dijebak, maksudnya?

Ternyata, di sesi pertama ditengarai ada yang sengaja menggantang betina, tepat di sebelah Casper. “Saya sendiri tidak ke sana, kebetulan yang bawa anak buah masih baru, belum paham taktik cerdik begituan. Saya hanya dikasih tahu sesi pertama mletik tidak kerja. Tapi kan saya pantau terus situasinya di lapang,” jelas Effendy Tjio, sang pemilik yang jagoannya ikut memperkuat Sien Ronny

Hingga ada laporan ada betina yang digantang tepat di depannya. Yang nggantang betina juga tidak langsung menurunkannya setelah lomba selesai. Cukup lama tidak diturunkan, sampai akhirnya diturunkan oleh Pesek. Entahlah, apakah karena tidak berani, atau alasan lainnya.

 

 

EFFENDY TJIO, DALAM KEGIATAN DI PBI

 

“Saya lantas kasih tahu ke kru, sesi kedua jangan asal gantang saja. Perhatikan kanan kiri, kalau lihat ada yang bawa betina, ya geser atau pindah ke nomor lainnya. Jangan keburu nggantang yang pertama, karena bisa ada yang sengaja tempel begituan, karena kan anis kembang  gantangan tidak penuh.”

Intruksi itu lalu dijalankan di sesi kedua. Jadilah Casper tampil dari awal sampai akhir. Koncer A mutlak pun menjadi milik Casper yang berada di gantangan nomor 9.

 

EKSISTENSI DAN MASA DEPAN KELAS ANIS KEMBANG (RING) SANGAT BERGANTUNG PADA PARA BREEDER. Anis kembang (ring) memang sepenuhnya melombakan burung-burung hasil breeding. Kita patut memberikan apresiasi baik untuk para penangkar maupun pelomba yang sudah mau memanfaatkan hasil breeding, dan mulai meninggalkan hasil tangkapan alam.

TOPSONG Breeding, cocok untuk indukan maupun anakan. Kandungan nutrisi sudah disesuaikan dengan kebutuhan burung breeding. Dari laporan para penangkar, bahkan di saat sedikit jangkrik atau malah ekstrim tanpa diberi jangkrik pun, produksi tetap lancar. Halus tanpa butiran kasar/kristal sehingga aman untuk loloh basah sejak usia baby/piyik. Lebih sehat, tidak gampang mati, cepat bongsor, terhindar dari peluang cacat seperti kaki pengkor.  Tersedia kemasan mulai 1 - 25 kg. HOTLINE 0813.2941.0510

 

Kalau benar bahwa itu memang ada kesengajaan memasang betina untuk menjebak Casper, Effendy pung mengaku  tidak habis pikir. “Kok bisa ya bersaing dengan cara-cara seperti itu. Bukan bagaimana nyeting burung supaya tampil bagus, lebih bagus dari punya lawan, tapi bagaimana agar burung lawan tidak tampil.”

“Taktik” menyerang burung lawan agar tidak mau tampil, antara lain dengan cara menggantang betina sesungguhnya bukan hal baru. Sejak jaman baheula akal-akalan seperti sudah ada. Selain di anis kembang, juga kerap dilakukan jaman dahulu waktu ada kelas hwamey. Dua jenis burung ini, secara bentuk, ukuran, dan rupa nyaris sama. Sulit dibedakan oleh yang masih awam.

 

CASPER SAAT CHAS SEBELUM GANTANG

 

Kalau didekatkan dengan betina, anis kembang (dan hwamey) akan birahi, sehingga memicu untuk mletik, ngelabrak, dan semacamnya. Burung pun jadi tidak mau kerja. Kalau pas ada petugas lapangan yang jeli, apakah itu korlap atau juri, ada kalanya betina anis kembang yang ketahuan ikut digantang akan diturunkan.

Satu dua kasus, memang hal itu semata karena tidak sengaja, karena pemiliknya baru awal-awal sekali lomba burung, belum tahu kalau keberadaan betina bisa mengganggu, selain juga tidak bisa tampil juga. Pada beberapa kasus lainnya, diduga memang karena kesengejaaan untuk mengganggu burung lain agar tidak tampil dan tidak menang.

 

MASIH GALAU JAGOAN ANDA BELUM MAU TAMPIL MAKSI JUGA? Berikan Moncer1, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan meneteskan langsung ke paruh, bila burung biasa dipegang tangan. Teteskan pada air minum, campurkan pada pakan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

UNTUK TAHAP AWAL, berikan tiap hari selama sepekan. Selanjutnya, gunakan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. WASPADA barang TIRUAN.

 

Bagaimana menurut Anda, apakah taktik semacam ini, menjadikan burung lawan tidak mau tampil, masih bisa diterima?

Yang jelas harap dicatat, sejumlah even penting sudah menunggu, Casper juga kembali bersiap turun di even-even berikut ini, seperti Harmoni PBI Kediri 4 Februari, hingga "Valentine" Supremasi Jogja Istimewa 11 Februari. Siapkan jago Anda sebaik mungkin, agar bisa tampil lebih baik dari yang lain.

KATA KUNCI: anis kembang casper effendy tjio kolektor sangkar antik plaza cup breeding anis kembang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp