LOVE BIRD NYILET DALAM PENYEMBUHAN


MENGOBATI LOVE BIRD NYILET

Tidak Boleh Dipegang, Kasih Pakan Haver dan Lemans

Love bird nyilet antara lain bisa terlihat dari kondisi fisiknya yang terlalu kurus. Tulang dada menonjol dan nyaris tidak dibalut daging. "Mudah sekali cara mengenali love bird nyilet. Burung terlihat kurus dan tidak bergairah. Kalau kita raba pada bagian dada, tulangnya menonjol dan lancip. Pokoknya tinggal tulang dan kulit," ungkap Kamdi Gonzales, breeder dan pemain love bird dari Jombang.

Menurut Kamdi, penyebab love bird nyilet cukup banyak. Namun yang paling sering adalah love bird indukan, baik yang diternak secara koloni maupun soliter di box breeding. Tentu saja, semua kembali pada pola perawatan yang diterapkan pemilik love bird.

Tidak memperhatikan kebersihan, kurang memperhatikan stock pakan atau bisa juga karena gangguan kutu, cacing atau parasit lainnya. "Kalau dirawat dengan baik, kemungkinan love bird bisa nyilet sangat kecil. faktor kebersihan dan perhatian pada pakan sangat menentukan," lanjut Kamdi.

 

KAMDI GONZALES BREEDER LOVE BIRD DARI JOMBANG

 

Cara mengatasi love bird nyilet, bilang Kamdi, tidak bisa dilakukan dengan instan. Tapi butuh ketelatenan dan waktu. Love bird nyilet tidak seperti terkena snot yang bisa diobati sekitar 3 - 7 hari sudah bisa sembuh.

Ada beberapa tahap yang wajib dilakukan pemilik love bird agar burung kesayangannya bisa sembuh dari nyilet. Pertama, kasih obat cacing. Pilihannya banyak sekali obat cacing yang beredar di pasaran. Paling mudah beli saja combantrin di toko obat. tapi pemberian Combantrin cukup sekali saja. Kalau memang ada cacing di saluran pencernaan burung, maka akan segera keluar lewat anus," ujarnya.

Setelah diberi obat cacing, pindahkan burung ke sangkar yang bersih dan sebaiknya disendirikan, jangan dicampur dengan burung lain. Ini bertujuan agar love bird bisa makan dengan tenang dan tidak terganggu burung lainnya.

 

BIJI HAVER BAGUS UNTUK MENAMBAH NAFSU MAKAN

 

Penjemuran dan mandi pada saat pengobatan ini harus dihentikan. Karena pada saat nyilet, kondisi fisik love bird relatif lemah. Pakan hanya diberi biji-bijian, tidak boleh diberi jagung muda ataupun kangkung.

Biji-bijian yang bagus untuk memulihkan fisik love bird adalah biji haver. "Beli biji haver yang asli, bukan kupasan. Harga biji haver di pasaran sekitar 40 ribuan per kilogramnya. Komposisi pakan yang diberikan, milet dan haver 1 banding 1," bebernya.

Untuk love bird nyilet, jangan terlalu sering dipegang. Baik saat pemberian obat maupun untuk melihat perkembangan fisiknya. Karena love bird yang sakit, bila sering dipegang akan memperburuk kondisinya.

 

LEMANS OBAT ANTIBIOTIK DAN VITAMIN KHUSUS UNTUK BURUNG

 

Untuk harian, selain diberikan pakan haver dan milet putih, berikan obat Lemans, obat antibiotik plus vitamin khsusus buat burung. Obat ini diteteskan ke wadah minum dan tidka boleh terkena panas matahari secara langsung. "Tidak banyak yang tahu obat Lemans. Karena obat ini hanya bisa dibeli dari online, belum dijual bebas di kios-kios burung," kata Kamdi.

Sudah banyak penggemar burung, baik love bird lovers maupun kicau mania yang membuktikan kasiat obat Lemans. Hanya saja, memang masih sulit untuk mendapatkannya, karena baru dijual secara online untuk mencegah pemalsuan.

 

Ingin mendapatkan LEMANS dan produk berkualitas lainnya yang dijamin asli berikut konsultasi pemakaiannya secara benar, bagaimana membuat burung senantiasa tampil maksi, serta masalah lainnya seperti mengatasi beragam penyakit, hubungi 0857.4811.5758, 0811.3010.789

 

Kamdi bukan sekali dua kali berhasil menyembuhkan love bird nyilet hingga kondisinya pulih seperti sedia kala. "Tapi yang itu tadi, butuh ketlatenan dan waktunya tidak singkat. Untuk menyembuhkan nyilet, paling tidak perlu waktu duapuluh hari. Setelah satu bulan, dengan pemberian biji haver dan obat Lemans secara rutin, satu tetes setiap pagi dan sore, salam satu bulan kondisi fisik love bird sudah cukup normal," cetus Kamdi.

 

LOVE BIRD NYILET HAMPIR SEMBUH TOTAL

 

Setelah dirasa sembuh, love bird mulai bisa dimandikan dengan cara disemprot halus dan dijemur, tapi tidak boleh terlalu lama. "Yang bagus mulai dikeluarkan pada pagi hari sekitar jam tujuh dan dijemur sekitar lima menit saja. Lama penjemuran dilakukan bertahap hingga normal seperti biasanya," kata Kamdi yang juga penjual tebok PVC dan aksesoris sangkar.

"Oh ya, satu lagi pesan saya. Jangan sampai love bird yang nyilet diloloh pakai spet seperti meloloh piyikan love bird. Karena akibatnya sangat fatal. Love bird bisa tersedak dan mati hanya dalam beberapa jam saja," pesannya.

KATA KUNCI: love bird nyilet lemans biji haver

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp