MR JOMBANG & IPUL, KE MANA-MANA SEDIA LEMAN'S


MR. JOMBANG JOGJA

Orbitkan Banyak Cendet, Wisanggeni Rebut Juara Piala Raja

Dari semua Cendet yang pernah dipantau, Mr. Jombang menyebut Wisanggeni adalah yang terbaik. Sejak berada dalam rawatannya, langsung merebut juara beruntun di Dream Sengon Cup, Piala Kota Pendekar Madiun, dan Piala Raja.

Mr. Jombang kini menjadi salah satu pengorbit cendet yang sukses. Salah satu hasil bidikan terbarunya adalah cendet Wisanggeni. Atas rekomendasinya, jagoan milik H. Goffur dari Bangkalan Madura ini kemudian dibeli oleh Ir. H. Agus Gamping.

 

Burung mau tampil maksi dan stabil di segala cuaca, serta terjaga kesehatannya. Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup 1 tetes untuk harian, bisa dicampur pada minuman, atau oleskan pada EF. Sudah banyak yang membuktikannya, jangan sampai ketinggalan...

 

Sejak kehadirannya di Jogja, Wisanggeni sudah tiga kali merebut juara 1, yang bisa disebut secara beruntun. Baru sampai pada Sabtu (17 Agustus 2019), sehari kemudian langsung turun di Dream Sengon Cup Jogja (BnR, 18 Agustus). Wisanggeni pun langsung mau tampil dan merebut juara 1. Sepekan berikutnya, digeber ke Piala Kota Pendekar bersama PBI (25/8) juara 1 dan 2.

Paling mutakhir tentu saja saat turun di even akbar Piala Raja (8 September). Wisanggeni menjadi yang terbaik di kelas Pariwisata, juara 4 kelas Cendet Jogja Istimewa, dan juara 7 kelas utama Prameswari.

 

Mr JOMBANG DAN KRU DI PIALA RAJA 2019

 

Menurut Jombang, Wisanggeni memiliki keistimewaan tersendiri, speednya sangat rapat, volume keras, dan punya napas panjang. Kerjanya anteng main ekor nekuk kebelangan. Bila burung memiliki nafas panjang membawakan lagu mesti panjang-panjang.

Ditambahkan Mr. Jombang, sebelumnya mas Agus minta tolong kepadanya dicarikan cendet yang bisa main di semua EO. “Saya langsung rekom untuk mengambil Wisanggeni, karena saya sudah lama memantaunya, ini yang terbaik dari semua cendet yang pernah saya pantau. Mas Agus saya persilakan nego sendiri dengan H. Goffur dari Bangkalan Madura, pemilik sebelumnya.”

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Sebelumnya, H. Agus Gamping sudah memiliki sejumlah gaco yang cukup mumpuni, serta sudah kerap meraih juara baik di Jogja maupun saat dibawa ke luar kota. Sadis dan Hiroshima, nama jagoan tersebut, juga hasil bidikan Mr. Jombang. Selama ini segala urusan mulai perawatan hingga melombakan, juga diserahkan kepada Mr. Jombang untuk mengurusnya.

Selain jago-jago di atas yang kini menjadi milik Ir. H. Agus Gamping, sejumlah jago lain juga pernah diorbitkan olehnya. Beberapa di antaranya, cendet Extrim milik Hally WS, Casanova milik Benz Wira dari Purworejo, Bajang Keret milik Budi Temanggung yang kemudian dibeli Sien Rony, Riddick milik Ricky Donald yang dibeli 80 juta setelah meraih juara 1 dan 2 di Plaza Cup Semarang dan kemudian juara di President Cup Jakarta.

 

 

Siapa Mr. Jombang yang tampak begitu paham soal cendet?

Jombang adalah pria asli Madura, hanya sudah lama bermukim di Jogja. Menekuni hobi burung sejak tahun 2017. Awalnya main anis merah dan kacer. Salah satu jagoan yang cukup ngetop kacer adalah Marimba yang akhirnya dibeli Bos Cleo Rahmat Pekan Baru.

Adakah resep khusus dalam merawat jagoan cendet. “Sebenarnya tidak ada, tapi memang tiap burung selalu punya ciri khas masing-masing. Semua itu akan kita dapatkan kalau kita mau merawat dengan penuh kasih sayang, cepat atau lambat akan ketemu juga setelannya. Untuk burung yang kita beli sudah jadi, kadang bisa sepenuhnya ikut rawatan sebelumnya, namun kadang juga ada beberapa hal yang perlu disesuaikan lagi mengingat kondisi tempat baru yang berbeda juga.”

 

 

Salah hal penting yang perlu diperhatikan menurut Jombang, adalah soal pakan dan minum. “Pakan itu ya mesti yang bagus kualitasnya, bersih dan sehat. Berikan secukupnya tiap hari, selalu diganti tiap hari agar selalu fresh baik pakan maupun minumnya. Bersihkan juga kolak tempat makan dan minum secara rutin. Tempat dan minuman khususnya, sebab itu bisa jadi tempat berkembang biak bibit penyakit yang baik kalau kita tidak rajin membersihkan dan menggantinya dengan yang baru.”

Sejak turun di Piala Kota Pendekar Madiun, Mr. Jombang mengaku mendapat pembagian Twister. Ia pun mencobanya pada sebagian jagoan yang ia rawat. “Ternyata pakan ini memang bagus. Kotorannya lebih kering, kecil-kecil, dan lebih sedikit. Setelah beberapa hari, saya lihat respon pada burung juga bagus. Lebih aktif, greget, nafsu makannya juga meningkat. Sepertinya di kios-kios belum tersebar merata, makanya saya senang sekali karena di event seperti Piala Raja ternyata juga ada lagi pembagian sampling Twister.”

 

MAXIMUM. Pakan Jangkrik yang praktis, membuat jangkrik lebih sehat dengan kandungan nutrisi terstandar. Lihat video tutorialnya.

 

Selain pakan berupa voer, untuk extra fooding juga harus benar-benar diperhatikan, seperti jangkrik dan kroto. “Kroto harus segar. Jangan pernah memberikannya kalau sudah terlihat layu apalagi sudah bau,” tandasnya.

Jangkrik juga perlu mendapat perhatian khusus. “Kalau boleh menganjurkan, jangkrik yang baru dibeli, jangan langsung diberikan ke burung ke sayangan kita. Maaf, rekom ini mungkin sudah sering disampaikan, tapi memang benar-benar penting. Kita rawat dulu itu jangkrik paling tidak sehari, berikan pakan yang benar-benar bersih dan sehat, apakah itu sayuran seperti wortel atau lainnya, kadang ada juga yang memberikan voer tapi yang benar-benar baru. Kalau tak mau repot, sekarang ada pakan yang disiapkan khusus untuk jangkrik, bahkan sudah ada sendok takarnya. Namanya Maximum, itulah yang selalu saya berikan kepada jangkrik, sebelum esoknya saya berikan ke burung.”

 

 

Hal terakhir yang juga selalu dilakukan oleh Mr. Jombang adalah menyiapkan asupan Leman’s. “Jadi, ini ada beberapa manfaat. Pertama, untuk mengobati dan mencegah penyakit yang bisa datang tanpa kulonuwun. Kedua, dalam Leman’s ternyata juga sudah dilengkapi dengan vitamin, jadi ini membantu supaya burung bisa lebih greng dan bertenaga ketika bertarung.”

 

JUARA CENDET DI PIALA RAJA,  KLIK DI SINI

KATA KUNCI: mr jombang jogja 20th piala raja piala raja 2019 cendet wisanggeni twister maximum lemans

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp