GANTANGAN DI PASAR BURUNG PURWODADI MULAI AKTIF


LOMBA DI TENGAH PANDEMI

Selain Tegal, Ini Beberapa Daerah yang Mulai Membuka Gelaran Rutin

Tegal melalui salah satu EO-nya Radjawali Indonesia, menjadi yang pertama menggelar lomba rutin secara terbuka dan resmi. Pekan ini, beberapa daerah lain sudah mengikutinya, seperti di Jawa Tengah dan Banten.

Tegal tak sekadar membuka gelaran lokal lagi. Pada laga yang digelar hari Minggu 31 Mei, bahkan mulai hadir para peserta dari luar kota.

Di Jawa Tengah, sejumlah EO di beberapa daerah juga mulai menggelar laga. Misalnya di Karanganyar, Purwodadi, hingga Kota Solo. Bahkan untuk gelaran yang belum sepenuhnya terbuka juga ada di Pekalongan dan Klaten.

BACA: Vertical BC Karanganyar, Latber Rasa Lomba

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Di Purwodadi, kontes juga sudah mulai dibuka pada Minggu 31 Mei 2020 yang lalu. Laga berlangsung di gantangan Pasar Burung Purwodadi, melibatkan para juri dari semua EO yang ada di sini.

Event ini digagas oleh Mariyo ketua Ebod Jaya dan John Crust. “Kita berani menggelar karena sudah seijin Dinkes dan Dinas Pasar, juga berkoordinasi dengan Kepolisian.”

Menurut John, ada aturan protokol kesehatan, seperti peserta dicek suhu dengan termo gun, disemprot desinfektan sebelum masuk gantangan, wajib pakai masker, cuci tangan, dan tentu jaga jarak aman 2-3 meter.

 

PESERTA LOMBA DI MASA PANDEMI, PENYEDIAAN KURSI AKAN MEMBANTU JAGA JARAK

 

“Memang dalam pelaksanaannya belum sempurna, terutama dalam hal jaga jarak. Dari Pihak Polres yang sempat meninjau pun menyarankan supaya panitia menyediakan kursi yang sudah diatur jarak aman sehingga saat menonton peserta (mungkin tanpa sadar) bisa saling merapat.”

Laga yang memainkan 11 sesi itu rata-rata dipenuhi peserta. “Sebenarnya ada banyak permintaan supaya nambah kelas, tapi sementara kami belum bisa penuhi karena masih fokus membenahi manajemen lomba yang berbasis protokol. Pun dengan data juara, kami juga sampai tak kepikiran untuk menyiapkannya agar bisa dipublish. Tapi yang berikutnya akan kita siapkan lebih baik lagi.”

 

 

Masih menurut John Crust, saat ini di Purwodadi ada 6 EO yang sudah berkoordinasi untuk saling berbagi jadwal untuk menggelar lomba dua pekan sekali, dengan menggunakan gantangan yang sama di Pasar Burung secara bergiliran.

“Tentu saja soal protokol kesehatan juga akan dilakukan lebih ketat dan lebih baik lagi. Kita ingin semuanya bisa berjalan beriringan, lomba bisa lancar, tapi keselamatan kicaumania, termasuk panitia dan juri, juga tetap diutamakan,” imbuhnya.

 

Sebagai obat, terbukti efektif. Sudah sering mampu mengatasi kondisi kritis, apalagi cuma sakit "biasa". Di saat perubahan musim dari kemarau menuju penghujan seperti sekarang, juga sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Di kota Solo, salah satu gantangan yang sudah tiga hari Minggu rutin menggelar adalah Tofik “Gombloh” dan kawan-kawan. Laga berlangsung di lahan bekas garasi di Banyuanyar, yang kebetulan ada joglo yang cukup untuk memasang gantangan. Tiketnya pun lumayan, sudah sampai seratus ribu.

“Sejak awal, kami membatasi hanya 15 peserta saja, juri dua orang. Protokol kami berlakukan, sebelum masuk area lomba mesti cuci tangan dulu, wajib pakai masker, serta kami sediakan kursi yang sudah berjarak bagi yang mau nonton jalannya lomba.”

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Meski belum sepenuhnya sempurna, Tofik mengaku untuk gelaran ke depannya akan terus mengajak para peserta untuk bisa mematuhi protokol. “Bila perlu, kalau melanggar kami diskualifikasi atau minta keluar dari arena.”

Charles, salah satu kicaumania gaek di kota Solo, mengaku sangat menikmati kontes di sini. “Selain buat mengisi kekosongan lomba, dengan hanya 15 peserta kan jadi fairplay, karena semua terpantau dengan jelas. Tiketnya relatif terjangkau, hadiahnya juga utuh diambil 1-3.”

 

 

Di Boyolali, beberapa gantangan juga sudah mulai buka. Sumber burungnews menyebutkan, untuk bisa menggelar, yang penting ada ijin dari Polsek, Kelurahan, dan masyarakat sekitar. Penelusuran burungnews.com, saat ini ada dua gantangan yang mulai buka rutin, yaitu Lembusuro tiap Selasa dan Minggu, serta KKB tiap hari Sabtu.

Sementara itu Pradana Klaten juga akan mulai menggelar rutin, meskipun tiketnya masih di bawah 80 ribu rupiah. “Perijinan sedang kami urus dan komunikasikan juga dengan masyarakat sekitar. Insya Allah semuanya akan lancar,” jelas salah satu pengurusnya.

 

 

Di kota Batik Pekalongan, Bandar BC yang dikelola Ronggolawe Nusantara juga mulai dibuka secara rutin. “Sebenarnya sudah dapat ijin, tapi dari pihak berwenang minta supaya tidak dipublish dulu, karena masih ada beberapa gantangan lain yang belum keluar ijinnya,” ujar salah satu pengelolanya.

Dari brosur-brosur yang sudah beredar, di Banten juga akan digelar kontes yang levelnya di atas Latber/Latpres. Laga akan berlangsung pada Minggu 7 Juni 2020 bersama BnR Serang dengan tajuk Road to Bang Boy Cup.

Meski propinsi Banten secara resmi sudah memutuskan untuk memperpanjang masa PSBB, tetapi even ini dikabarkan masih akan tetap berlangsung seperti rencana.

 

BnR SERANG SUDAH GELAR LOMBA, BUKAN LAGI LATPRES

 

Dari pantauan sebaran vidio maupun foto-foto lomba yang sudah digelar, panitia secara umum berupaya menerapkan protokol kesehatan. Setidaknya aturan itu tertempel di baner dan brosur.

Tapi tampak masih ada yang abai, seperti masker yang tidak dipakai atau dipakai tapi kurang benar karena bagian inti hidung dan mulut masih terbuka, dan terutama soal jaga jarak, masih banyak yang tampak berimpitan.

Kita tidak ingin terus menyalahkan atau marah melihat kenyataan ini, bahwa karena satu dan lain hal, tiap orang punya kepentingan sendiri-sendiri untuk melakukan aktivitas, termasuk mendatangi lomba burung.

 

BROSUR ONLINE CONTEST

 

Yang ingin kami akan terus tekankan adalah, setiap orang sudah semestinya mau bertanggung jawab setidaknya untuk menjaga diri sendiri dengan cara memakai masker, sering cuci tangan, dan selalu jaga jarak aman bila terpaksa harus berinteraksi dengan orang lain.

Bagi yang masih penasaran dengan gelaran lomba online, salah satu Apps yang secara khusus didisain untuk lomba burung online adalah TicketCS Cerdas Solusi Indonesia. Silakan download atau install dari Play Store. Lombanya hampir tiap hari, sebagian besar gratis, dan tetap menyediakan hadiah. Anda juga bisa memutar ulang vidio penampilan burung Anda, atau milik peserta lain untuk pembanding, dan disediakan piagam digital yang keren. [asept, danu, maltimbus]

KATA KUNCI: vertical bc bnr serang ticketcs lomba di tengah pandemi lomba burung online

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp