TEKA TEKI JESICA, PEMENANG BOB BEAUTY CONTEST


KRT POERBOKUSUMO CUP YOGYAKARTA, #2: Teka Teki di Balik Nama Jesica, Pemenang BOB Kelas Beauty Contest

Berdasarkan data yang didapatkan burungnews.com, semua love bird milik Mario J. Lesmana yang turun di Beauty Contest (BC) semua bernama Jesica, termasuk pemenang BOB. Love bird manakah yang sebenarnya keluar sebagai pemenang BOB?

Selain lomba burung berkicau (Singing Contest), KRT Poerbokusumo Cup juga menggelar Beauty Contest yang diikuti oleh pemain dari dalam dan luar kota, bahkan luar pulau. Den Iip, ketua panitia mengatakan apabila pemain terjauh yang merapat ke even kali ini adalah Palembang dan Samarinda.

 

DEN IIP. TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN KAWAN-KAWAN KLI

 

“Untuk peserta kali ini yang terjauh dari Sumatera Selatan, Palembang, trus Samarinda infonya juga ada. Ada juga Madura, Banyuwangi, Bandung, Jakarta, semua pulau Jawa ada,” terangnya. Sebagai salah satu even perdana di masa pandemi yang menggandeng KLI, antuasiasme peserta untuk mengukuti even kali ini memang luar biasa.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Melombakan kelas Personatus Green, Opaline Fischeri, Fischeri Green, Fallow, Parblue, Personatus Blue, Fischeri Blue, Nigrigenis dan Lilianae, Ring KLI Aveon, Rosseicolis Normal Type, Rosseicolis Standart Type, Pied, dan PAUD, laga kelas Beauty Contest berlangsung kondusif.

 

SUASANA BOB BEAUTY CONTEST

 

Dominasi Mario J. Lesmana di kelas Personatus Green dan Fischeri Green tak terbendung setelah empat love birdnya berhasil masuk posisi sepuluh besar. Di kelas Personatus Green, Mario berhasil menduduki podium 1, 2, 6, dan 10, sementara di kelas Fischeri Green di podium 1, 2, 4, dan 5. Puncaknya salah satu gaco milik Mario keluar sebagai pemenang BOB.

Apabila dicermati di data juara yang beredar, semua love bird milik Mario J. Lesmana diberi nama Jesica. Lalu, Jesica manakah yang sebenarnya dinobatkan sebagai pemenang BOB? Apa alasan Toni dan Zulfikar, kru PIN LB Surabaya memilih nama Jesica? Berikut ini penelusuran burungnews pada Mario J. Lesmana.

 

TONI DAN ZULFIKAR PIN LB SURABAYA. BORONG JUARA DI KELAS BEAUTY CONTEST

 

Menurut Mario, kru PIN LB Surabaya memilih nama Jesica di KRT Poerbokusumo dikarenakan dirinya tak ikut ke lokasi karena kesibukan. “Kan Saya nggak ikut ke Jogja. Hanya anak-anak yang bawa, jadi mereka pakai satu nama saja. Kalau ditanya kenapa nama Jesica, saya juga nggak paham. Itu burung baru semua belum ada nama, makanya dikasih nama Jesica semua. Coba nanti tanya ke Toni atau Zul,” ungkapnya.

 

 

Untuk Jesica yang menjadi pemenang BOB, Ia memastikan kalau love bird tersebut sebenarnya bernama Dancer, hasil ternakan sendiri yang di kakinya tersemat ring PIN LB KLI Sidoarjo 099. “Dancer hasil ternak sendiri, jenis green fischeri, usianya satu tahun, anakan dari impor Juan Jesus X Juan Jesus,” bebernya.

 

TONI DAN ZULFIKAR PIN LB SURABAYA. LB DANCER JUARA KELAS BOB BEAUTY CONTEST

 

Potensi Dancer sendiri sebenarnya sudah terlihat ketika masuk sepuluh besar di KLI Tangerang 2 di awal tahun. Menurut Mario, salah satu keunggulan Dancer adalah size, marking, format burung proporsional, bentuk kepala, dan performa ketika show.

Meski bisa dibilang sebagai pendatang baru di Beauty Contest, nama Mario J. Lesmana memang sangat diperhitungkan setelah amunisi-amunisinya menang di KLI Cup 7 Bali, BVA, dan KLI Tangerang 2. “Kalau yang menang di Bali namanya Kadal Mesir, jenis personatus green. Kalau yang BVA dan KLI Tangerang 2 namanya Oscars, fischery green. Oscars itu saya beli dari breeder Eropa, salah satu team BVA Champion 2019 kelas A. Fischeri Green. Sampai di Indonesia, langsung menang BOB di Tangerang,” bebernya.

 

MARIO J. LESMANA DI KLI CUP 7 BALI DAN KLI TANGERANG 2

 

Mulai menekuni dunia breeding sejak tahun 2012, Mario mengaku mulai fokus ke Beauty Contest (BC) di tahun 2019. “Kalau breeding sudah dari tahun 2012, tapi dulu lebih ke mutasi. Mulai tahun 2019 fokus di galur murni khususnya Fischeri dan Personatus. Di awal tahun 2020 ini mulai mengembangkan nigrigenis dan liliane sama rosecolies,”.

Dengan koleksi 100-an lebih burung, Mario serius mengembangkan breeding love bird yang benar sesuai standar spesies masing-masing. Untuk mendapatkan indukan dan anakan berkualitas, Ia tak segan-segan mendatangkan jawara-jawara Eropa ke kandang PIN LB.

 

PENYERAHAN JUARA UMUM BOB BEAUTY CONTEST

 

Mendapatkan anakan yang lebih baik dari induknya merupakan tantangan terberat yang dihadapi Mario dan para pemain beauty contest lainnya. Salah satu upaya yang wajib dilakukan agar menjadi world class breeder adalah mengetahui detail genetika love bird yang akan dijadikan induk dan pairing sehingga bisa didapatkan anakan yang lebih upgrade dari induknya. [asept]

 

KLI MADURA DI KRT POERBOKUSUMO CUP

 

KLI PLAT AD DI KRT. POERBOKUSUMO CUP

 

 

 

 

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

KATA KUNCI: krt poerbokusumo cup jesica dancer mario j. lesmana

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp