KENARI BIMOLI SUDAH MENYATU DENGAN ANDRE GOLWEK

KONTES NEW KMW JEMBER

Durasi 1 Menit Up, Leher Juri Dibuat Pegal Saat Pantau Kenari Bimoli. Mau Tahu Caranya?

Para juri yang bertugas di kontes New KMW Jember, benar-benar dibuat pegal lehernya karena serasa dipaksa untuk menoleh ke arah kenari Bimoli. Selain durasinya yang begitu panjang, sekali narik setidaknya mencapai 1 menit, urusan cengkok lagu juga ciamik.

Even yang digelar pada Sabtu 19 Mei 2018 pun akhirnya menobatkan Bimoli menjadi kenari terbaik, setelah menyapu 3 kali juara 1. Hal yang membuat para juri mesti terus mengarahkan mata dan telinganya ke arah kenari berwarna kuning bon ini, karena selain rajin, durasinya panjang, volume tembus, gaya gela-gelo, juga mahir memainkan cengkok lagu.

Seperti ikut terdengar dan terpantau oleh pewarta burungnews, lagu standar yang dibawakan Bimoli memiliki cengkok yang tajam, di tengah-tengah alunan lagunya. Dengan gaya kekinian ngawet sambil  gela-gelo, juri pun semakin terasa berat untuk memalingkan mata dan telinga-nya ke burung lain.

 

 

 

Memenangkan tiga kali juara 1, menempatkan Bimoly di puncak klasemen dengan nilai poin 580. Di even ini, untuk beberapa jenis burung memang membuka liga, dengan menghitung total nilai sampai kurun waktu tertentu.

Andre Golwek, sang pemilik, ternyata kesehariannya sibuk sebagai karyawan kantoran. Tiap hari, ia mesti masuk mulai jam 07.30 – 17.00. Padahal, ia mengaku tidak memiliki perawat khusus. Lalu, bagaimana Andre bisa mengatur waktu agar burung kesayangannya tetap mau tampil stabil dan maksimal?

“Saya tentu saja, tidak bisa melakukan perawatan yang intensif sebagaimana kicaumania lain yang mungkin juga punya kesibukan tinggi, tapi memiliki perawat. Karena saya tidak memiliki baik waktu yang cukup maupun perawat khusus, maka strateginya adalah pada pilihan menu pakan atau asupan yang benar-benar bisa membuatnya mau tampil maksimal, sekaligus juga stabil.”

 

 

Andre mengaku memakai pakan hasil racikan dari temannya, lalu setiap pagi sebelum berangkat kerja diberikan sawi hijau yang kondisinya masih hijau, segar, dan bersih dan kemungkinan terkena residu kimia. “Mandi saya semprot, langsung dijempur pagi dan begitu mau berangkat kerja burung dimasukkan rumah, lalu dikerodong tapi resletin tdiak ditutup. Barulah malam hari, benar-benar ditutup rapat.”

Menjelang lomba mulai H-2, Andre menggantu sawi dengan timur. “ Untuk hari H, sawi hijau diberikan lagi, ditambahi telur puyuh 1 butir saja,” imbuhnya.

Dengan perawatan yang konsisten, serta bisa membaca karakter sang jagoan, Andre Galwok sukses membawa Bimoli sebagai kenari papan atas di kota Jember dan calon peraih juara liga di arena New KMW.

 

LB PUTRI CALON JUARA BERTAHAN LIGA

 

Di kategori love bird dewasa, Putri milik H. Ghofur Daffa Cell sukses menempati puncak klasemen liga berkat raihan juara 1 dua kali. Sebelumnya, Putri berada di posisi ke tiga di bawah Radja, dan D.J yang keduanya milik Max Borobudur dari Edane BC.

Kekean yang dihargai dengan 3 bendera merah dalam sekali tarik, membuat Putri satu-satunya calon love bird yang akan mempertahankan juara bertahan peraih liga putaran kedua. “Sesi pertama tadi belum datang, untung saja Putri mau tampil maksimal,” ungkap H. Ghofur.

 

LB MIMI PERIH SEMAKIN KOKOH DI PUNCAK PODIUM

 

Sedangkan di kelas love bird paud, Mimi Perih milik Darel Arkhan dari GWB SF semakin tak terkejar dalam perebutan juara liga. itu berkat raihan juara 1 dua kali . “Nyaris saja tadi disalip poinnya oleh Rimba. Tapi sesi ke dua dan ke tiga, Mimi Perih mau kerja maksimal,” ucap punggawa GWB SF ini.

Di kelas cucak hijau, Puma milik Hadi Edane BC bertarung sengit dengan Raja Tembak debutan Suswito dari Wuluhan. Di sesi A, Puma berhasil mengungguli Raja Tembak berkat penampilannya yang memukau dengan mengumbar isian tengkek buto. Hal ini memaksa Raja Tembak harus puas berada di posisi runner up.

 

HADI BAWA CH PUMA RAIH PRESTASI

 

Di sesi B, Raja Tembak membalas dengan aksi mengumbar isian ciblek disambung cililin dengan volume dahsyat yang membuat juri terpukau. Puma  akhirnya harus puas di podium ke tiga, di bawah Monster milik Dony Dije SF yang menempati urutan ke dua.

Dony DiJe SF juga bersuara lewat murai batu Anak Muda, dengan meraih emas di sesi A. Sayang penampilan Anak Muda di sesi B kurang greget, sehingga memberikan tiket untuk Satria milik Toni menjadi kampiun di sesi B. “Anak Muda saya paksa untuk turun, biar cepat rontok bulunya karena udah nyerit,” tandas Dony DiJe SF.

 

DONY DIJE SF PAKSA GANTANG MB ANAK MUDA AGAR CEPAT MABUNG

 

Mr. Suyatno selaku ketua New KMW mengumumkan, bahwasanya untuk kontes selanjutnya, akan dimulai lebih awal. “Untuk kontes rutin ke depannya dimulai jam 14.00 WIB, biar selesainya tidak terlalu sore, jadi bisa menikmati buka puasa bersama keluarga di rumah.”

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

KATA KUNCI: new kmw jember kenari bimoli bimoli

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp