NINGRAT ADALAH JENIS LOVE BIRD LILIANA NYASA.

KONTES MANCAR BC JOMBANG

Nyasa, Benarkah Love Bird Paling Rajin Ngekek?

Diantara sekian banyak jenis love bird, Liliana Nyasa diakui para breeder love bird sebagai jenis love bird paling fighter, setara dengan Black Cheeked. Ini ulasannya...

Agapornis Liliane atau yang kita kenal sebagai love bird liliana nyasa atau lebih jamak disebut nyasa akhir-akhir ini mulai diburu love bird lovers untuk dijadigak gacoan. Di sejumlah arena, love bird dominan warna hijau ini berhasil naik podium dengan durasi mengagumkan.

 

 

CIRI LOVE BIRD NYASA TERLIHAT DARI PANGKAL PARUH BERWARNA MERAH MUDA.

 

Jojo 99, gaco andalan Lukma Haikal Pratama dari kandang Jojo salah satu contohnya. Meski lama absen karena dikandangkan, begitu digantang langsung mencatat durasi super, meski dengan kondisi kaki patah akibat gigitan tikus atau pasangannya.

Anakan Jojo 99 juga tersebar di Jakarta, Probolinggo dan Madura. "Sampai saat ini saya tidak menyimpan anakan Jojo, karena begitu menetas langsung dibooking teman-teman dari Jakarta, Madura dan Probolinggo. Silangan Nyasa lainnya juga ludes," kata Lukman.

 

ANGGEK TUKIMIN SUBEJO FANATIK LOVEBIRD NYASA.

 

Meski mengaku ini satu kesalahan, karena tidak menyimpan keturunan nyasa, Lukman merasa banga karenadari pembelinya, ia mendapat kabar kalau produknya sudah moncerdi sejumlah even akbar dengan durasi maut.

Satu lagi, Ningrat, love bird baby debutan Anggek dari Pelangi SF Peterongan Jombang, Jumat kemarin, 30 Maret berhasil moncerdi Kontes Mancar BC di Desa Mancar, Peterongan Jombang. Gaco ini mencatat poin 68 dan meraih juara I di kelas Baby A dan juara II di kelas Baby B.

 

ADU DURASI SUPER DI KELAS LOVE BIRD B.

 

"Love bird nyasa tidak hanya fighter, tapi suaranya melengking nyaring sehingga memudahkan juri untuk memantaunya. Ningrat baru berumur 2,5 bulan, tapi suaranya tidak seperti love bird baby pada umumnya," kata Anggek yang dikenal dengan Tukimin Subejo di dunia maya.

H. Ferry pemilik Dewi Sri yang juga breederlove bird nyasa membenarkan kalau Ningrat baru berumur dua bulan lebih. Karena Ningrat adalah hasil ternakannya yang pertama dan langsung ditake over Tukimin Subejo 1,2 juta.

 

IQBAL MERAJAI KELAS LOVE BIRD PAUD.

 

Soal perawatan Ningrat, Tukimin mengaku tidak ada yang ribet. Gaco debutan ini setiap hari dikasih milet dan kangkung hanya kalu mau turun. Setiap hari diberi untulan atau pasangan yang umurnya sama. "Karena nyasa tipenya sangat fighter, love yang saya jadikan untulan sering kalah," ujarnya.

Di pasaran umum, harga anakan Liliana Nyasa asli impor sekitar 750 ribu. Tapi untuk anakan nyasa hasil breeding lokal, harganya tembus di atas sejuta. Kenapa demikian? Karena  nyasa asli impor susah diternak. "Butuh waktu sekitar dua tahun untuk bisa breeding nyasa," kata Lukman yang diamini H Ferry.

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Jefrri Afrianto breeder nyasa dan blackcheeked (BC) dari Babat, Bojonegoro pun membenarkan pernyataan ini. "Iya mas, tidak mudah untuk mengawinkan nyasa atau BC. Saya baru bisa berhasil sekitar 2 tahunan," kata Jefri.

Kontes Mancar BC kali ini menjadi harinya Tukimin Subejo. Di kelas A, Ningrat berhasil meraih juara I dan di kelas B meraih juara II kalah dari Kitty orbitan Jefri dari Serut SF yang sudah langganan juara I di berbagai kontes di Jombang Raya.

 

JAWARA KELAS LOVE BIRD PAUD A.

 

Tidak hanya sukses mengawal Ningrat, Mr Tuki juga sukses mengantongi hadiah teratas di kelas love bird dewasa A dan juara II di kelas B, lewat aksi Gendiss andalan Bang JW yang keluar durasi super 2, panjang 2, panjang 1, super 2 dan lanjut 1.

Di kelas B, durasi Gendiss diungguli Imut andalan Manu dari Sarirejo yang terpantau ngekek istimewa dan super 2. Di kelas A, Imut meraih juara III di bawah Nazmi orbitan Pak Wo dari Denanyar.

 

IQBAL PEMAIN KECIL PALING FIGHTER.

 

Di kelas Paud, Sino andalan Iqbal pemain cilik  dari Perdana BC berhasil menyapu bersih prestasi emas di kelas A dan B. Iqbal meskipun masih anak-anak, tapi fighternya luar biasa. Ia berani duduk di atas tembok untuk menjoki gacoannya.

Selain Sino, gaco yang sukses merangkum prestasi emas di Kontes Mancar BC yang meriah dan berlangsung kondusif meski hujan deras, adalah BJ andalan Arsya dari Kebokicak BC yang dikawal Ardian Bayem.

 

NYALI PARA PEMAIN TIDAK SURUT OLEH HUJAN.

 

"Meskipun hujan, lomba ini masih ramai. Atas nama panitia kami ucapkan terimakasih atas partisipasi Kicaumania," kata Tato Sutanto, MC kondang yang mengawal even ini.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

JAWARA KELAS LOVE BIRD DEWASA A.

 

MESKI HUJAN LOVE BIRD BABY TETAP NGEKEK.

 

BJ MERAJAI KELAS KENARI.

 

 

KATA KUNCI: kontes mancar bc jombang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp