BJ KEMBALI RAIH DOUBLE WINNER DI KELAS KENARI.


KONTES MANCAR BC JOMBANG: Bikin Kenari Tancap di Satu Titik

Kenari durasi panjang banyak, cengkok mewah juga banyak. Tapi kalau cari durasi panjang, cengkok mewah dan bunyi di satu titik, itu baru istimewa. Seperti BJ andalan Arsya dari Kebokicak BC. Mau tahu setingannya?

Meskipun size kalitan atau bodi berukuran kecil, BJ mampu bersaing di kelas kenari campuran melawan gaco-gaco berpostur bongsor seri F. Koleksi tropi kenari lokal berwarna kuning sunkis ini sudah puluhan, kebanyakan top podium.

 

DIKAWAL ARDIYAN BAYEM (KANAN) BJ MERAJAI KELAS KENARI.

 

Seperti di Kontes Mancar BC yang digelar di Arena Mancar BC di Desa Mancar, Peterongan Jombang pada Jumat, 6 April, BJ berhasil merajai kelas kenari dan merangkum dua prestasi puncak dari kelas A dan B.

Durasi di rumah maupun lapangan BJ cukup stabil, berkisar 45 detik dengan vokal standar kenari diselingi sauar aciblek. Perpindahan lagu atau cengkok terdengar dalam dan mewah. Namun, keindahan suara yang dipadu durasi mewah itu tidak akan ada apa-apanya kalau gaco tiba-tiba bunyi sambil ngruji atau ngecop.

 

SEMUA KELAS LOVE BIRD FULL GANTANGAN.

 

"Alhamdulillah BJ tidka pernah ngecop, tidak pernah bunyi sambil ngruji. Di lapangan, BJ kalau bunyi selalu tancap di satu titik. Padahal, gaco kalitan kebanyakan suka bunyi sambil bergeser atau ngering. Tapi BJ sangat tenang," beber Arsya atau Ardiyan Bayem.

Menurut Ardiyan Bayem, tidak ada yang istimewa soal perawatan BJ. Pakan pun beli kiloan di pasar. "Campuran kenari sit, milet putih dan merah, biji sawi dan niger sit. Untuk harian, saya kasih pisang kepok. Tapi kalau di lapangan saya beri jagung muda," ungkapnya.

 

JAWARA LOVE BIRD DEWASA A.

 

Jagung muda, ternyata menjadi kunci setingan BJ agar bisa tancap di satu titik. "Kalau tidak dikasih jagung muda, BJ cenderung nakal dan kurang fighter. Tapi kalau sudah makan jagung, BJ sangat stabil," lanjut Bayem.

Di even ini, BJ adalah satu-satunya gaco yang berhasil nyeri juara I. Gaco lain hanya nyaris nyeri. Seperti Jenaka andalan Diaz dari Tri Star di kelas Cucak Hijau. Jenaka berhasil naik podium utama di kelas A, sayang, di kelas B menajdi runner up Coblak andalan Hadi dari Pasar Pon Team.

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Begitu juga Faiz andalan Rofiq dari Beji. Gaco ini berhasil meraih juara I di kelas Love Bird A mengalahkan durasi Ratu andalan Erwand an Laskar KLI milik Ndunk dari Laskar Jombang. Namun  Durasi P2 Faiz di kelas A, diringkus Natan andalan Supri dari Sentulan yang terpantau ngekek Istimewa 1 di kelas B.

Prestasi Fais pun merosot ke peringkat III di bawah Semir andalan Mas Pram dari KLM SF dan pemuncak kelas Love BIrd B, Natan. "Kebetulan saja Natan mau ketawa," kata Supri merendah.

 

JAWARA LOVE BIRD DEWASA B.

 

Di kelas Love BIrd Paud, Dana andalan H Malik dari Garda BC lagi-lagi terpantau ngekek panjang dan cukup rajin. Gaco yang digantang di nomor 01 ini meraih juara I setelah bersaing melawan Sutini milik Wahyu dari Arjog dan Anak Lala orbitan Agus dari Jember.

Di kelas Baby A, Kitty andalan Jefri dari Serut SF yang sudah langganan naik podium, kali ini merebut prestasi teratas mengalahkan Ki Ageng orbitan Ayun dari Kuman BC dan Sulabi milik Mujib.

 

DANA ANDALAN H MALIK KEMBALI MONCER DI KELAS PAUD.

 

Di kelas Baby B, giliran Minthi orbitan Purwanto dari Penampon yang unjuk gigi. Gaco ini terpantau rajin ngekek pendek dan sesekali mencatat durasi M1. Minthi naik podium puncak didampingi Rava orbitan Elif dari Sumobito dan Sarmento orbitan Indra dari Mojoagung BC.

"Terimakasih, meskipun lomba sangat ramai, peserta tetap tertib dan disiplin berdiri di belakang tali pembatas.  Terimakasih juga kepada tim juri yang sudah bertugas dengan fairplay dan profesional," kata Wawan Gatyen, Ketua Mancar BC.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

KITTY RAIH JUARA I DI KELAS LOVE BIRD BABY A. 

 

JAWARA KELAS LOVE BIRD BABY B.

 

JENAKA NYARIS MENGUASAI KELAS CUCAK HIJAU.

 

PESERTA TERTIB MESKI HANYA DIBATASI TALI PLASTIK.

 

SEMAKIN MENINGKAT KESADARAN KICAUMANIA MULAI MENINGGALKAN BURUNG TANGKAPAN ALAM, BERALIH KE HASIL TERNAK. Topsong Breeding, peduli dengan pelestarian burung Indonesia. Cocok untuk indukan, juga lolohan untuk baby. Produktivitas tetap terjaga meski sedikit atau bahkan tanpa EF jangkrik dan kroto.

Untuk loloh basah halus, tidak ada butiran kasar/kristal. Aman untuk piyik, lebih cepat besar, sehat dan tidak gampang mati. Kemasan 1, 5, 10, 15, dan 25 kg. HOTLINE 0813.2941.0510

###

 

 

KATA KUNCI: kontes mancar bc jombang bikin kenari tancap di satu titik tips kenari kenari bj kebokicak bc jombang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp