SUASANA KONTES DI AM BC MOJOSARI, MOJOKERTO

KONTES AM BC MOJOSARI

Penilaian Love Bird Pakai Sistem Block Poin

Setelah ditimbang masak-masak, menyaring semua masukan dari para pemain, mulai hari Selasa, 26 Juni, AM BC menerapkan sistem block poin untuk penilaian love bird. Satu orang juri hanya memantau 7 burung.

Apa itu block poin? Di berbagai gantangan, sistem block poin sudah lebih dulu diterapkan. Dengan sistem penilaian ini, penghitungan nilai love bird relatif lebih akurat dan mengurangi jumlah tos.

Sebagaian besar pemain love bird mengapresiasi sistem penilaian ini, karena baik gaco yang punya durasi panjang maupun gaco rajin ngekek, sama-sama berpeluang memperebutkan prestasi teratas.

 

 

TABEL PENILAIAN LOVE BIRD BLOCK POIN AM BC

 

Di arena AM BC di Eks Terminal Mojosari, di Jalan Pemuda, Mojosari, Mojokerto, jumlah nomor gantangan ada 56. Dengan sistem block poin, satu lapangan dibagi menjadi empat block, yakni block A, B, C dan D.

Dalam satu block ditempatkan dua orang juri yang menguasai 14 nomor. Jadi kalau dibagi lagi, satu orang juri menguasai tujuh nomor. "Dengan sistem penilaian Block Poin yang baru diujicobakan hari ini, Selasa 26 Juni, ternyata direspon positif oleh para pemain," kata Ubaid, Humas AM BC.

Dengan pengawasan maksimal 7 nomor, tentu saja pantauan juri relatif lebih teliti. "Apabila dari tujuh nomor itu ternyata burungnya kerja semua, maka juri yang ada di blok yang sama bisa membantu, apabila di daftar nomor pantauannya sedang tidak ada gaco yang ngekek," sambungnya.

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Untuk penilaian love bird dewasa, pergantian sebutan dihitung 8 ketukan atau sekitar 8 detik. Sedangkan untuk kelas love bird M1 dan M2, sebutan dihitung 6 ketukan atau sekitar 6 detik. "Contohnya, sebutan nomor ke masih, durasinya 8 detik untuk love bird dewasa dan 6 detik untuk love bird M1 dan M2, dan seterusnya," katanya lagi.

Poin yang ditetapkan setiap gantangan tentu beda-beda. Tergantung hasil rembukan panitia. Di AM BC, untuk sebutan nomor nilainya 1, medium = 5, M1 = 10, M2 = 30, L1 = 50, L2 = 75, P1 = 100, P2 = 125, S1 = 150, S2 = 200. "Untuk lebih detailnya ada di tabel penilaian," kata Ciko.

 

 

KATA KUNCI: block poin am bc

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp