MB CENDONO TAMPIL APIK DI KEBOKICAK BC


KEBOKICAK BC JOMBANG

Pakai Tenggaran Vertikal, Stamina MB Cendono Makin Mantul

Mampu menyantap 50 ekor jangkrik per hari, plus dilatih bak atlet dengan memakai tenggaran vertikal yang tingginya 3 meter, murai batu Cendono milik Ady Bird makin top form. Gaco ini bahkan mampu menyita perhatian Dwi Jalu dari Kediri.

Membekal ekor panjang yang mencapai 22 Cm, tentu akan menguras tenaga gaco murai batu saat bertarung di lapangan. Termasuk Cendono, salah satu murai batu andalan Ady Bird, breeder murai batu dari Jombang yang mengibarkan bendera Landung SF.

 

 

JUARA KELAS MURAI BATU VIP

 

Untuk mendongkrak stamina Cendono, Andreas Kaka yang dipercaya merawat Cendono punya kiat unik. Setiap hari, gaco ini ditenggar di kandang umbaran yang tingginya mencapai 3 meter, dengan lebar hanya 90 Cm. Dengan tenggaran vertikal, burung dipaksa latihan fisik lebih berat.

"Sudah banyak pemain murai batu yang memakai kandang tenggaran vertikal, jadi bukan hanya Cendono saja. Kelebihan tenggaran ini antara lain, untuk melatih fisik gaco agar lebih mantul. Dibandingkan dengan tenggaran horizontal atau memanjang, olah raga fisiknya jelas lebih berat yang pakai vertikal," beber Andrias Kaka kepada Burungnews saat merapat di gelaran Kebokicak BC di SDN Kwaron II, Diwek Jombang, Minggu 16 Mei 2021.

 

JUARA KELAS MURAI BATU KEBOKICAK

 

Andreas tidak mematok Cendono harus terbang berapa kali sehari. Karena kesibukan kerjanya mulai pagi hingga sore, Andreas tidak pernah menghitung berapa kali Cendono terbang naik dan turun di kandang tenggarannya.

"Sebelum berangkat kerja, Cendeono saya masukkan ke dalam tenggaran vertikal, dan baru saya keluarkan pada sore hari saat saya pulang kerja. Di dalam kandang itu, saya kasih jangkrik 20 ekor pada pagi dan pada siang saya minta istri saya memberikan 15 ekor jangkrik. Dan setelah saya keluarkan dari tenggaran pada sore hari, saya kasih lagi 15 ekor jangkrik," bilangnya.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Untuk mandi, Cendono hanya diberi kesempatan mandi hanya dua kali dalam sepekan. Yakni pada hari Jumat pagi, dan Minggu sore setelah pulang dari kontes. Penjemuran nyaris tidak pernah karena kandang tenggaran diletakkan di dalam rumah.

"Pola perawatan Cendono tidak ribet. Itu sebabnya mas Adi enggan melepas Cendono meski sudah beberapa kali ada lamaran dari teman pemain yang siap membayar dengan mahar mahal. Saya sih tidak keberatan kalau Cendono tidak dijual, karena bisa jadi ATM saya," kata Andreas sambil tertawa ngakak.

 

JUARA KELAS CUCAK HIJAU VIP

 

Salah satu pemain yang pernah menyiapkan mahar fantastis buat memboyong Cendono adalah Dwi Jalu dari Jalu SF Kediri. Ketika dikonformasi Burungnews via Whatshap, Petinggi PBI Kediri tersebut mengaku tertarik pada Cendono karena punya banyak kelebihan.

"Gaya tarung bagus karena ditunjang ekor yang lumayan panjang, materi isian komplit, volume mantap, performa juga hebat," papar Dwi Jalu yang mengaku siap memboyong Cendono dengan mas kawin Rp 60 juta.

 

JUARA KELAS CUCAK HIJAU A

 

Cendono adalah salah satu anakan dari kandang milik Ady Bird yang jumlahnya ada 27 pasang indukan produktif. Menurut Ady Bird, harga anakan dari kandang favorit, termasuk induk Cendono hanya dibanderol Rp 3,5 juta.

Selain punya katuranggan fisik yang memukau, Cendono punya vokal dahsyat. Materi lagu yang kerap dikeluarkan Cendono saat menghadapi intimidasi lawan adalah suara cililin, keprek, tengkek buto, sogon, dan kapas tembak.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Saat turun di gelaran Kebokicak BC, kelas Murai Batu Vip dan Kebokicak, Cendono terbilang rajin membongkar suara cililin, kapas tembak, keprek dan sogon. Prestasi yang berhasil dilibas Cendono adalah juara I di kelas Vip dan juara II di kelas Kebokicak.

Di kelas Vip, Cendono berhasil menundukkan kehebatan Gracia yang jadi andalan KRD dan Abimanyu milik Saiful dari JBC. Sedangkan di kelas Kebokicak, Ambisi Cendono untuk merangkum prestasi emas digagalkan Apollo orbitan Wawan dari Wa One 77 BF.

 

LESTARI ALAM BC NGANJUK

 

Kompetisi apik juga tersuguh di sesi Cucak Hijau yang dibuka empat kelas. Dari empat kelas ini, gaco tersukses adalah Gesang milik Slamet dari Lengkong BC yang mampu merebut dua podium puncak dari kelas Cucak hijau A dan B.

Sedangkan dua gaco lain yang berhasil bertengger di puncak adalah Hakuso andalan Ulum dari Tebuireng yang moncer di kelas Cucak Hijau Kebokicak, dan Leak milik Septian dari Sayur Lijjo SF moncer di kelas Cucak Hijau Vip.

 

JUARA KELAS KACER VIP

 

Di kelas Kacer yang dibuka tiga sesi, nama Awiem sebagai masternya Kacer Jombang masih terpampang di line up teratas, lewat aksi Satria Langit di kelas Kacer A. Di kelas Kacer B, Awiem menurunkan Neymar yang kali ini hanya mampu menempati peringkat II. Juara I di kelas ini dipegang Jendral Peking orbitan H Arif dari Lestari Alam BC Nganjuk.

Di kelas Kacer Vip, Kehebatan Gerbong yang diusung Nersi dari Mojoagung masih belum terkalahkan. Gerbong berhasil meredam kehebatan Predator milik Lukman dari Bos 81 SF, serta Jendral Peking skuas Lestari Alam BC.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk hwamey, murai batu, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon / vocher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER. Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021.

 

Di kelas Love Bird Fighter A, terjadi pertarungan seru antar gaco yang membekal durasi mewah. Lewo milik Gus Di dari BWG Ploso SF meraih juara I. Durasi yang dicatat gaco yang ada di nomor 28 ini adalah bintang 4 dan panjang 2.

Juara II direbut Sepur milik Lukito dari Ngoro yang terpantau ngekek berdurasi Bintang 3 dan tiga kali masih 1. Yeye milik Koko dari CSN 5757 dan Q Kriting milik Hani dari Pendekar SF meraih nilai sama, memperebutkan peringkat III dan IV lewat tos.

 

JUARA KELAS LOVE BIRD FIGHTER A

 

"Terimakasih kami ucapkan kepada semua pemain yang tetap mematuhi protokol kesehatan, selalu memakai masker dan menjaga jarak. Untuk gelaran Kebokicak Minggu depan, akan dibuka kelas Cendet. Ini adalah permintaan dari teman-teman dari Jombang, Nganjuk, dan Kediri," kata Karyanto, Ketua Kebokicak BC. (Raffael)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

JUARA KELAS KENARI A

 

 

JUARA KELAS LOVE BIRD L2 A

 

JUARA KELAS LOVE BIRD M2 A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA KUNCI: kebokicak bc jombang tenggaran vertikal mb cendono

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp