ASABIL IN ACTION (dok. abdillah)

KACER ASABIL

Juara 5 Kali di Purwakarta Sebelum Hatrik di Piala Presiden Jokowi, Simak Perawatannya

Salah satu bintang di even Piala Presiden Jokowi adalah kacer Asabil. Jago milik Mr. Mbing ini tercatat memborong 3 kali juara 1. Sumber burungnews yang ngerti kacer menyebutkan, Asabil memang istimewa.

Prestasi Asabil sudah begitu banyak. “Saya sampai tak hafal, pokoknya sudah sering menang lintas EO dan lintas blok,” ujar Abdillah, yang sudah 4 tahun merawat dan mengurus Asabil. Tentu saja, Abdillah masih ingat prestasi yang baru saja diraih sepekan sebelumnya. Saat turun di even Den-C Brimob Cup Purwakarta pada 6 Maret 2018, Asabil merebut juara 1 hingga 5 kali!

Setelah mencoba mengingat-ingat, Abdillah juga ingat kalau Asabil juga turun di Pakde Karwo Cup, merebut juara 2, 2 dan 3. Raihan ini tetap disambut gembira soalnya musuhnya berat-berat. “Jawa Timur tahu sendiri, kandang macannya kacer. Selain itu, hasil itu juga diperoleh secara apa adanya, jadi bagi kami tetap saja serasa juara 1 lah,” imbuh Abdillah.

 

 

MR MBING (baju merah) DI PIALA PRESIDEN JOKOWI

 

Seberapa istimewa kacer Asabil? Burungnews mencoba menelusuri ke beberapa kacermania papan atas yang melihat penampilannya di Bogor, yaitu Dicko Bimo Aprianto dari Jogja dan Adry Riady dari Babel. Dicko hadir dan mengawal jagoan kacer Capres yang menjadi pesaing Asabil. Adapun Adry yang dikenal sebagai pemilik kacer handal Speed Racer, di even ini bertindak sebagai pengawas lomba. Keduanya mengaku melihat dan memantau cukup cermat penampilan Asabil.

“Harus diakui memang istimewa. Tadi sambil setengah guyon sempat nanya apa mau dilepas, mintanya juga istimewa he he he,” ungkap Dicko. Pernyataan ini juga dibenarkan oleh Adry yang dihubungi oleh burungnews terkait kemenangan dan penampilan Asabil. Capres sendiri, diakui Dicko memang lagi kurang nampil.

Di luar Asabil, Mr. Mbing juga memiliki pelapis lainnya, yaitu ada Huru-Hara yang dirawat oleh Ari Poltangan Pasar Minggu, Fretilin, dan Palapa. Jago-jago lain yang dirawat secara terpisah juga masih ada lagi.

Ada kemungkinan Mr. Mbing akan menurunkan Asabil atau jago lain yang siap di sejumlah even bergengsi berikutnya, seperti Borobudur Cup Magelang pada 8 April, juga Piala Pakualam Jogja di bulan Mei.

 

PERAWATAN ASABIL

Dengan performa yang begitu mantap, burungnews pun merasa perlu menggali bagaimana Abdillah merawat Asabil, baik itu harian maupun setelan lombanya. Hal ini agar bisa pula jadi bahan perbandingan bagi para kicaumania lainnya, khususnya kacermania, sehingga mungkin beberapa bagian atau seluruhnya bisa dijadikan bahan belajar dan rujukan.

 

ABDILLAH. 4 TAHUN MERAWAT ASABIL

 

Menurut Abdillah, setiap hari ia mengeluarkan Asabil dari jam 6, lalu diembunkan atau diangin-anginkan. Bila ada panas matahari, dijemur juga sampai sekitar jam 11. Selama penjemuran, cepuk pakan dan minum diambil dulu.

Ambil dari jemur, kasih 4 ekor jangkrik, angin-anginkan lagi. Setelah makan jangkrik, burung baru dimandikan. Selesai mandi, cepuk minum dan pakan diisi yang baru, lalu masukkan sangkar, burung kembali dianginkan. Pada proses ini, burung-burung master didekatkan, yaitu kolibri, cililin, kenari, jalak kebo dan rambatan.

 

 

Sore hari, kembali dikasih 4 jangkrik, lalu mandi lagi. Anginkan lagi sampai kering, baru dikerodong dan burung disimpan. Di saat burung mandi, sangkar dibersihkan. Untuk cepuk pakan, Abdillah selalu mengisi dengan Topsong hijau. Air minum juga selalu diganti.

Pastikan diberi jangkrik yang segar dan sehat. Sebaiknya jangkrik yang baru dibeli jangan langsung diberikan pada burung. Karantina dulu satu dua hari dalam media yang bersih dan sehat, lalu berikan pakan yang terjamin kebersihannya dan mengandung nutrisi yang diperlukan burung.

 

DATA JUARA PIALA PRESIDEN JOKOWI, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: kacer asabil mr mbing abdillah piala presiden jokowi den-c brimob cup

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp