ANDY HOO DAN MASCOT MILIKNYA, HYACINTH MACAW. DITAWAR 1 MILYAR

HYACINTH MACAW + VIDEO DARI NETAS - TERBANG

Harga Piyiknya 400 Juta, Arek Malang Ini Satu dari Sedikit Orang di Dunia yang Bisa Breeding

Inilah baby atau piyik burung termahal di Indonesia. Harga baby Hyacinth Macaw di Indonesia 400 juta, sementara harga internasionalnya bisa mencapai 1,5 milyar rupiah. Indonesia beruntung punya breeder bertangan dingin, namanya Andy Hoo. 

Kenapa mahal, karena burung bongsor yang seluruh badanya berwarna biru ini adalah jenis Macaw paling langka. Breedingnya tidak gampang. Indukan Hyacinth baru mulai bisa beranak pinak pada usia 20 tahun. Wow... usia dewasa kelamin yang bahkan lebih tua dari manusia.

Di seluruh dunia, yang sudah bisa breeding macaw jenis ini sangat sedikit, bisa dihitung dengan jari. Salah satunya ternyata orang Indonesia. Itulah Andy Hoo, arek Malang yang memiliki 220 kandang breeding beragam jenis, mulai macaw, kakak tua, bayan, nurai, murai, cucak rawa, cucak hijau, kolibri, hingga branjangan. Semuanya sudah mempunya ijin penangkaran resmi dari pemerintah.

 

 

BABY HYACINTH. HARGA INTERNASIONAL MENCAPAI 1,5 MILYAR RUPIAH.

 

Reputasi Andy Hoo sebagai breeder ternyata sudah mendunia. Bahkan, dirinya lebih dikenal di luar negeri dari pada di negeri sendiri. “Orang Indonesia baru mengenal saya dalam beberapa tahun terakhir, setelah kontes free fligh mulai populer. Padahal saya mulai usia belasan tahun sudah main burung, ikut lomba burung berkicau, jago saya waktu itu kenari di dekade 90-an juga langganan juara,” ujarnya saat disambangi burungnews di kediamannya, jalan Welirang kota Malang.

Profil tentang Andy Hoo ternyata sudah sering menghiasi media luar negeri. Lebih banyak dari pada liputan media lokal Indonesia. Ia memang kerap ke luar negeri untuk urusan breeding burung. Di mana pun berada, ia selalu bangga membawa nama Indonesia. Andy Hoo ikut mengharumkan nama Indonesia, karena keberhasilannya dalam breeding beragam burung sudah diakui duni. Ia telah terbukti berhasil menyelamatkan burung langka dari kepunahan. 

 

SEBAGIAN PUBLIKASI ANDY HOO DI MEDIA INTERNASIONAL

 

Kini, para penggemar parrot/paruh bengkok di Indonesia, khususnya yang suka kontes free flight, sudah menjadikan Andy Hoo sebagai master-nya. Andy pun mendapat undangan sebagai bintang tamu dalam perhelatan akbar Indonesia Bird Convention (IBC) di gedung JEC Yogyakarta, tanggal 1-3 Maret 2019 ini. Selain jadi ajang pameran industri pendukung hobi burung berkicau, juga akan ada sejumlah kontes, mulai beauty, free flight, hingga singing.

Sejauh ini, Andy Hoo mengaku sudah berhasil menetaskan 9 anakan Hyacint. Salah satunya yang jadi mascot di rumahnya, kandangnya pun menjadi “hiasan” utama di ruang tamu. “Macaw yang ini saya kasih nama Boss. Lahir atau netas pada 17 Agustus 2016. Jadi sekarang umurnya hampir 2,5 tahun.”

 

KANDANG BREEDING MILIK ANDY HOO

 

Nah, nama Andy Hoo baru populer di negeri sendiri karena si Boss ini sudah ada yang menawar 1 milyar rupiah, tapi dia enggan melepasnya. Video terkait ini pun jadi viral. “Ini mascot, tidak saya jual. Di rumah sini saya juga ada indukan lagi sepasang.”

Mungkin Anda juga pengin bertanya atau penasaran, memang piyikan seharga 400 juta ada yang beli, lalu siapa dan orang mana pembelinya. “Ya ada, bahkan rebutan. Itu real, bukan harga yang dibuat-buat, calon pembelinya pun benar-benar ada. Yang berebut beli baby Hyacint 400 juta juga bukan orang jauh, orang Indonesia. Demikian juga yang nawar Hyacint Boss 1 milyar, juga orang Indonesia, lebih tepatnya orang Surabaya.”

Yang "gila" nih, Andy Hoo juga punya rekaman video Hyacinth Boss sejak netas 17 Agustus 2017, terus perkembangannnya dari hari ke hari hingga mengajarinya terbang bebas. Video ini sudah dilihat 7 juta x lebih. Anda bis melihat video selengkapnya di bawah ini:

VIDEO HYACINTH "BOSS" DARI NETAS SAMPAI TERBANG, BY ANDO HOO

 

Untuk harga macaw jenis lainnya, berkisar 30 – 125 juta. “Jadi kalau macaw, atau jenis parrot lain yang mau dijinakkan, memang lebih mahal baby-nya. Kalau sudah dewasa malah relatif murah. Apalagi kalau mau buat kontes free flight, idealnya ya beli dari baby, kemudian dirawat dan diloloh sendiri oleh tuannya. Kalau beli yang sudah dewasa, sudah jinak di pemilik lama, di pemilik baru belum tentu juga mau jinak.”

Memelihara parrot menurut Andy tidak sulit. “Hanya perlu kasih sayang dan perhatian yang ekstra.  Kalau hanya untuk peliharaan saja, cukup dengan kandang baterey. Kalau untuk breeding memang perlu kandang yang besar. Peluangnya kalau mau jadi breeder parot khususnya jenis macaw juga masih terbuka lebar, karena di Indoneisa kan penggemarnya baru bertumbuh, komunitasnya mulai terbentuk dan semakin kuat. Jadi peminat dan permintaannya terus meningkat pesat, sementara saat ini breedernya masih sedikit. Untuk macaw jenis yang diluar Hyacint, breedingnya juga relatif mudah.”

 

Mengakses burungnews.com kini lebih praktis dan cepat, unduh APPS-nya melalui PLAY STORE (android) atau buka dari GOOGLE PLAY (Apple/Iphone/IOS)

 

Penasaran pengin lihat si Boss, burung berbandrol 1 milyar rupiah dari dekat, silakan merapat ke IBC Jogja pada 1 – 3 Maret 2019 di gedung JEC. Anda juga bisa bertatap muka dan berdialog langsung dengan Andi Hoo. Mau lebih dekat dengan Andy Hoo, bisa berinteraksi melalui instagram @andy_hoo_brankaas. [maltimbus]. (bersambung)

 

DI MANA PUN BERADA, BANGGA KIBARKAN NAMA INDONESIA

 

BERSAMA ANAKAN PARROT BERBAGAI JENIS. KIRI, HYACINTH "BOSS", DI BELAKANGNYA AVIARY BERISI PULUHAN PASANG BERAGAM JENIS

 

KOLEKSI DAN INDUKAN PARROT-NYA PALING LENGKAP

 

LEMAN'S sangat cocok menemani para breeder. Dengan formula terbaru plus vitamin. Bisa menjadi obat yang ampuh untuk beragam penyakit, buat campuran lolohan membuat anakan sehat, kuat, tidak gampang mati.

 

KATA KUNCI: andy hoo parrot hyacinth macaw free flight free fly ibc jogja

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp