JENIS PIPIT YANG BANYAK DISUKA DAN DISELUNDUPKAN KE AS


BURUNG PIPIT DI AMERIKA SERIKAT

Harga Bisa Tembus Ratusan Juta, Sering Diselundupkan, Tonton dan Dengar Kemerduan Suaranya

Belum lama, burungnews.com menyadur berita dari Tempo.co perihal upaya penyelundupan burung pipit dari Guyana ke New York, Amerika Serikat. Di tempat baru ini, bila juara kontes, harganya bisa tembus ratusan juta. Jenis pipit seperti apa dan semerdu apa suaranya?

Burungnews pun mencoba mengulik untuk mencari tahu jenis pipit apa, juga semerdu apa suaranya. Orang yang kemudian coba kami hubungi adalah Bill Solomon, seorang peternak dan ahli burung finch asal negeri Belanda yang kelahiran Indonesia.

 

 

 

Bill pernah datang ke Indonesia untuk menjadi salah satu juri kehormatan di Indonesia Bird Cont di Yogyakarta, 1-3 Maret 2019 yang lalu. Bill juga menyempatkan diri melihat kampung breeder di Klaten.

Upaya menghubungi Bill Solomon terbukti tidak salah. Dengan lancar, Bill langsung menunjuk jenis burung yang sering diselundupkan, bahkan juga mengirim beberapa potong vidio sehingga kita bisa punya gambaran bentuk  fisik dan materi suara yang dimainkan.

 

DIANTAR SUGIYARTO, BILL SOLOMON MELIHAT BREEDER JALAK DI KLATEN

 

Menurut Bill, burung pipit yang sering diselundupkan ke Amerika Serikat adalah dari jenis Orizoborus Crassysrostris. Ini adalah jenis burung dari Amerika Selatan seperti Brazil, Guyana, juga Suriname. Burung-burung ini memang dipelihara untuk kontes suara.

“Di Belanda, juga sudah banyak orang Suriname yang ternak. Burungnya memang mahal harganya, tapi suaranya memang mantap. Biar ada gambaran semantap apa suaranya, nanti bisa dilihat vidionya.”

 

Ingat BREEDING, ingat TWISTER TROTOLAN. Piyik sehat, tidak mudah mati, lebih cepat besar, cerdas dimaster suara burung lain, lebih cepat bunyi. Coba, buktikan, bagikan testimoninya. Untuk meloloh burung pemakan bijian, tersedia TWISTER BUBUR.

Ayo terus beli TWISTER yang cocok untuk burung Anda. Pakai Twister, dobel-dobel untungya, burung sehat dan lebih gacor, bisa mendapatkan ratusan vocher / kupon hadiah langsung tanpa diundi seperti kompor gas, kulkas, sepeda motor, hingga mobil baru.

 

Ditambahkan Bill, terdapat juga varian Oryzoborus Angolensis yang menjadi favoritnya wong “Jowo” Suriname. Om Bill mengirimkan dua vidio jenis ini, dari yang masih muda dan yang sudah dewasa.

Tiga vidio pendek itu di sini digabung jadi satu, untuk memudahkan saat menonton aksinya, terutama dalam menikmati keindahan suaranya. Vidio bisa ditonton di bagian akhir artikel ini.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Sekitar 2 tahun lalu, dalam kesempatan ketika berada di Indonesia, Bill mengungkapkan banyak burung-burung Indonesia yang secara postur dan suara sangat disukai di Belanda dan Eropa pada umumnya. “Seperti emprit kaji misalnya. Di Indonesia mungkin harganya ratusan ribu, di Belanda bisa 5-7 juta rupiah. Belum lagi burung-burung dengan postur eksotis dari Papua.”

Sayangnya, sudah dua puluh tahun lebih negara-negara Eropa melarang impor burung-burung dari luar. “Sebelum dilarang, boleh tuh didatangkan langsung puluhan ekor dari Indonesia. Salah satu syaratnya tentu saja harus burung hasil breeding, harus pakai ring.”

 

BILL SOLOMON JADI JURI TAMU DI IBC (INZET, EMPRIT KAJI, FINCH LOKAL JUARA 1)

 

Bukan berarti saat ini sama sekali tidak bisa mendatakan burung dari luar Eropa seperti Indonesia. “Bisa, hanya saja sifatnya sebagai oleh-oleh, harus dibawa langsung dalam satu penerbangan bersama si pemilik, jumlahnya ya hanya satu dua ekor saja. Namanya juga oleh-oleh. Syarat hasil breeding dengan memakai ring tetap tidak berubah.”

Bill juga mengungkapkan masih terbuka peluang ekspor burung-burung asal Indonesia, apakah itu burung postur maupun suara. “Tentu  ada syaratnya, pertama harus hasil ternak, harus pakai ring, harus ada legalitas, dan sejumlah informasi penting seperti umur dan jenis kelamin. Tanpa itu semua, orang Eropa tidak akan mau beli.”

 

 

Berikut ini foto-foto dan vidio yang dikirim oleh om Bill Solomon:

ORYZOBORUS ANGOLENSIS FAVORUT ORANG JAWA SURINAME

 

ORYZOBORUS ANGOLENSIS (MASIH MUDA)

 

ORYZOBORUS ANGOLENSIS (DEWASA)

 

VIDIO BURUNG PIPIT (kiriman dari Bill Solomon):

 

 

Nah, Anda sepakat dengan Om Bill suara burung pipit di atas mantap dan layak dihargai mahal? Penggemar di Amerika Serikat saja sampai dibela-belain berupaya mendatangkan, sampai dengan cara menyelendupkan yang begitu berisiko.

Pengin mendatangkan ke Indonesia juga?

Ohya, Om Bill juga ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi masyarakat Indonesia yang merayakannya. "Mohon maaf lahir batin. Semoga ada kesempatan ke Indonesia lagi."

 

[kartu ucapan selamat Idul Fitri dari Bill Solomon]

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

KATA KUNCI: oryzoborus angolensis pipit bill solomon

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp