SANGKAR YANG DIPESAN SECARA KHUSUS, CUSTOM, TIDAK ADA DI PASARAN UMUM


BALEKAMBANG KIUMANDANG

Sangkar Bertanda Unik atau “Privat” Tidak Diperkenankan

Balekambang Kumandang akan menerapkan aturan soal sangkar secara lebih ketat. Pada dasarnya sangkar bebas, boleh memakai model, rupa, merek apa pun. Benar-benar sangkar standar yang bisa didapatkan di pasar umum, tanpa tambahan tanda yang unik. Agar tujuan awal fairplay bisa terjaga.

Yang di maksud tanda unik atau khusus, bukan hanya berupa stiker atau tempelan lainnya, atau penambahan aksesoris yang unik atau nyleneh. Misalnya selang atau kain pada gantungan, kolak pakan/minum yang diberi warna atau tanda, bagian pintu atau kancing pintu yang tidak standar, pemberian list atau garis di bagian tebok bawah atau atas sangakar dengan warna tertentu. Begitu pun dengan sangkar-sangkar yang sejak awal dipasangi tanda unik atau khusus secara permanen tetapi bersifat privat sehingga orang lain tidak bisa membelinya di pasar umum, karena memang dipesan secara khusus atau custom.

 

 

“Intinya, tanda-tanda yang membuat kita semua dengan mudah bisa mengenali nama, milik siapa, siapa yang menggantang, dan semacamnya, itu tidak boleh. Jadi mohon kerjasamanya untuk tidak menyiasati aturan ini,” ujar Wawan, salah satu panitia.

Sangkar-sangkar yang dipesan secara custom itu biasanya diberi tulisan, logo, atau tanda tertentu seperti nama burung yang jadi ikon, nama Team atau SF. “Yang dibolehkan itu nama yang jadi merek sangkar, semua orang bisa mengakses atau membelinya. Kan ada juga nama komunitas tetapi kemudian juga dijadikan merek sangkar yang dijual bebas, bukan dibuat secara khusus untuk orang atau team tertentu. Yang seperti ini masih diperbolehkan.” 

 

 

Wawan pun memberikan contoh, misalnya ada sangkar yagn bagian tebok bawahnya tertulis ada gambar jaring dan tulisan Laba-Laba. “Itu hanya contoh saja. Sangkar-sangkar lain yang ada tulisan serupa, meski itu permanen, bukan tempelan sesaat, sebaiknya juga dihindari. Lebih baik memilih sangkar yang memang masih standar dari pembuatnya, bukan yang bersfiat pesanan khusus. Biar kita sama-sama enak, kami yakin para kicaumania paham yang kami maksudkan, karena ini sesungguhnya hal yang mudah dan simpel, tidak perlu kita buat jadi rumit dan mesti berdebat panjang.”

Agar lebih mudah dipahami, bila sangkar itu apakah bentuk, rupa, corak, warna, bisa didapatkan di pasar oleh semua orang, itu boleh. Tetapi kalau sudah ada bentuk, warna, atau tanda yang dipesan khusus sehingga orang lain tidak bisa mendapatkannya, itu yang tidak boleh.

 

CONTOH SANGKAR YANG DIJUAL UMUM

 

Aturan ini semata-mata dibuat demi kebaikan bersama. “Karena, sejak awal lomba ini benar-benar sangat serius ingin mengedepankan fairplay. Jadi ayo, kalau sebagai peserta Anda juga punya semangat yang sama, mari bersama-sama kita dukung dan terapkan aturan ini di lapangan.”

Balekambang Kumandang sudah memasuki periode ke-4. Panitia ingin mengembalikan “roh” Balekambang sebagai salah satu senter-nya lomba burung di tanah air. Pada jamannya, orang belum merasa lengkap, belum merasa genap jadi kicaumania, kalau belum merasakan lomba di Taman Balekambang.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Balekambang Kumandang diharapkan juga bisa menjadi event yang ikonik, kebanggaan bersama kicaumania Solo Raya. Di gelaran periode beikutnya, diharapkan memiliki magnet yang semakin kuat dalam mengundang hadirnya kicaumania luar kota.

Sudah barang tentu, ini akan bisa memberikan efek yang luas bagi masyarakat Solo secara umum, tidak hanya bagi yang terkait hobi burung saja. Bisa jadi ajang promosi pariwisata yang efektif, secara langsung atau tidak langsung juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat luas.

 

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia atau hubungi 08113010789

 

Tujuan ini sepertinya sudah mulai terwujud. Di gelaran ini, tiket-tiket utama sudah habis lebih dulu. Sejumlah hotel yang tidak begitu jauh dari area lomba, juga mulai banjir reservasi.

“Kelas seperti murai batu all class sudah habis, banyak yang cari. Demikian pula dengan cucak hijau. Anis merah dari 3 kelas, yang satu sudah habis, dua kelas lainnya masing-masing menyisakan sekitar 5 tiket.  Demkian dengan kacer, sudah 80an persen. Kelas lain secara umum sudah di atas 70 persen, kecuali cucak rawa ring, anis kembang ring, kacer ring, dan hwamey masih tersedia stok yang cukup.

 

Sambut kehadiran TEAM PROMO  TWISTER  di event-event terpilih, termasuk Balekambang Kumandang Surakarta, 24 November dan BnR Award 15 Desember. Dapatkan sampelnya, coba dan buktikan kualitasnya, berikan respon melalui hotline  08112663908.

 

 

Bagi yang belum pesan, atau sudah pesan tapi belum diamankan, masih ada kesempatan dalam beberapa hari ini. Segera saja, sebelum ditutup. Segera hubungi  Mr. Kempong 0882.1653.7574.

Panitia juga merilis JADWAL baru yang akan berlaku, yaitu:

 

 

BROSUR BALEKAMBANG KUMANDANG, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: balekambang kumandang pbi surakarta wawan solo sangkar standar

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp