BUNGA SURGA (KIRI) RAIH KUATRIK DI TZUBASA CUP I NGANJUK

TZUBASA CUP I NGANJUK #2

Suara Minor Antar Bunga Surga Raih Kuatrik

Love Bird Bunga Surga (BS) berhasil mengunci 4 prestasi emas di Tzubasa Cup I Nganjuk. Kelebihan BS adalah, ngekek panjang, suara minor dan jeda rapat. Selain pakai untulan, BS diberi mentimun. Inikah rahasianya?

Kompetisi di kelas love bird terus mengalami kemajuan. Setelah trend penilaian bergeser dari durasi ke sistem poin, maka love bird konslet yang punya kelebihan bocor dan jeda relatif rapat lebih berpeluang menang.

 

 

BUNGA SURGA RAIH KUATRIK DI KELAS LOVE BIRD DEWASA

 

Memang, love bird konslet kerap merajai kontes karena mampu mendulang poin banyak. Tapi, akhir-akhir ini jagat ngekekmania kembali bergeser, dari love bird konslet mulai merangkak ke suara minor.

Kelebihan love bird suara minor adalah, suara masih keras meskipun intonasinya datar, jeda lebih rapat dan lebih bocor. Banyak love bird suara minor yang sudah menguasai podium puncak di berbagai kontes akbar. Satu diantaranya adalah Bunga Surga (BS) andalan Yoga dari Putra Mertani SF (PMSF) dari Punten Kota Batu, Malang.

 

 

Mengikuti laga di even Tzubasa Cup I yang digelar di Stadion Anjuk Ladang Nganjuk pada hari Minggu, 11 November 2018, BS berhasil melibas empat podium teratas. "Edan, gaco ini akan sulit ditandingi kalau bisa tampil stabil," kata Samuri, MC kondang yang kerap mengawal jalannya lomba tingkat nasional di berbagai Blok.

Prediksi Samuri tidak meleset. Saat turun di kelas Love Bird B, C dan D, BS lagi-lagi menapak podium puncak dan meraih kuatrik, empat kali juara I. BS tidak hanya rajin ngekek dan memiliki durasi panjang, tapi suaranya pun masih bisa tembus keluar pagar arena.

 

HERU HNR SURABAYA BANGGA DENGAN PRESTASI TAI TZU YING DI KELAS LOVE BIRD DEWASA

 

Penasaran dengan BS, Burungnews mencoba merapat ke paddock PM SF yang ada di sebelah dalam stadion. Bambang perawat BS ternyata cukup kooperatif dan mau blak-blakan soal perawatan gaco berwarna biru cobalt ini.

"Sebenarnya tidak ada yang ribet dari perawatan Bunga Surga. Kuncinya ada di untulan dan perawatan mandi jemur yang harus intens. Setiap hari BS hanya dijemur satu jam saat pagi hari sekalian mandi. Jadi mandinya di cepuk, bukan disemprot," jawabnya.

 

DIKAWAL MC KONDANG KI SAMURI

 

Ketika ada di lapangan, Bambang kerap menyemprot air embun ke sekeliling sangkar BS. Ternyata ini bertujuan untuk mendinginkan kondisi BS yang baru saja digantang. "Semprot di pinggir sangkar, nanti embunnya akan mengenai BS. Jadi tidak langsung disemprot ke badannya," kata Bambang.

Satu lagi yang jadi kunci sukses BS bisa tampil top form di Kota Nganjuk yang cuacanya cukup panas pada hari Minggu lalu. Yakni memberikan mentimun yang diselipkan di sangkar BS.

 

 

"Antara kota Batu dan Nganjuk, kondisi cuacanya beda sekali. Di Batu sangat dingin sedangkan di sini cukup panas. untuk menyejukkan BS, saya harus memberinya mentimun. Jadi mentimun ini bukan hanya untuk meredam birahinya, tapi sekaligus mendinginkan badannya," ungkap Bambang.

Tentang bagaimana cara membuat love bird bisa bersuara minor? Bambang menegaskan, suara minor bukan diciptakan, tapi burung harus ada bakat. "Mencetak love brd suara minor? Wah itu susah ya. Soalnya suara minor itu tidak bisa kita bikin. tapi love bird harus sudah punya bakat. Kita tinggal memoles agar suaranya minornya sering keluar," katanya.

 

BAMBANG PM SF DARI BATU RAWAT BUNGA SURGA SETELAH TURUN DARI GANTANGAN

 

karena itu, lanjutnya, BS selalu dimasukkan dalam sangkar bersama untulan. Untulan pun tidak boleh sembarangan, harus yang jodoh. Untulan BS kebetulan warnanya juga biru cobalt, tapi punya kebiasaan cabul atau cabut bulu.

"Tepatnya bukan cabul, tapi karena sering dipatuk Bunga Surga, jadi bulu di dada dan sayap terlihat botak. untulan tidak boleh sembarangan, selain yang benar-benar jodoh, jangan cari yang jahat. Wajib dicarikan untulan yang selalu ngalah dengan gaco utama. Jadi si untulan tidak bisa menyakiti," kata Bambang.

 

PM SF DARI PUNTEN-BATU

 

Di even Tzubasa Cup I, salah satu gaco hebat yang menjadi rival berat BS adalah Tai Tzu Ying milik Heru HNR SF dari Surabaya. Sejumlah prestasi apik yang dicatat Tai Tzu Ying antara lain, meraih juara V di kelas A, II di kelas B dan IV di kelas C.

Prestasi lain yang dikoleksi Tai Tzu Ying antara lain di KLI Cup Surabaya meraih juara I, III dan V, di KLI Cup Bojonegoro meraih juara I, III, V dan VII, di Launching Lestari Alam Nganjuk mencatat hatrik dan lain-lain.

 

Pastikan burung tampil maksimal dan berpeluang juara. Sediakan selalu MONCER1, asupan paten para juara, dari Super Kicau Grup yang terpercaya.

 

"Banyak sekali prestasi Tai Tzu Ying. Setiap turun belum pernah pulang dengan tangan kosong. Di even ini, saya salut dengan gaco yang mengalahkan Tai Tzu Ying di kelas B. Durasinya mewah, ternyata ini Bunga Surga. Istimewa kawan," kata Heru.

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: tzubasa cup i nganjuk #2 bunga surga

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp