SUPENO SPN DI DEPAN KANDANG BREEDING MURAI BATU F4


SPN BF JOMBANG: Keturunan Raja Selatan Jadi Idola, Juga Mendidik Murai Batu Trotolan

Pernah sangat disegani dengan gaco andalannya bernama Raja Selatan yang sering mengukir prestasi apik, SPN BF akhirnya memasukkan gaco itu ke kandang breedingnya. Dari keturunan trah juara inilah trotol yang dihasilkan kandang breeding SPN BF banyak diburu pengemar murai batu.

Kota Santri Jombang, Jawa Timur menjadi tempat untuk berburu bahan atau gaco yang sudah jadi memang sering terjadi. Baik itu yang terjadi di gantangan lomba atau langsung datang ke tempat breedingnya. Beberapa takeover yang pernah terjadi di Jombang adalah dari jenis love bird dan murai batu yang nilanya cukup fantastis.    

 

 

MURAI BATU RAJA SELATAN

 

SPN (Supeno) Bird Farm adalah salah satu peternak murai batu yang namanya cukup dikenal dan hasil tangkarannya banyak diburu orang tidak hanya dari Jombang, namun juga dari luar kota.

“Sebelum mempunyai kandang breeding, saya berangkatnya dari main murai di lomba, sampai sekarang pun masih lomba murai,” ucap Supeno (43), panggilan akrabnya.  

 

 

Supeno menceritakan jika awal mulai breeding murai batu terjadi pada 2010. Sebelum benar-benar serius breeding murai batu, Supeno juga dikenal sebagai pemain love bird, cucak hijau, dan juga kacer. Pertimbangannya pada waktu itu jatuh ke murai batu karena Supeno melihat peluang bisnis atau prospek burung ini ke depannya sangat menguntungkan.

“Dugaan saya pada 2010 tidak meleset, dan sampai saat ini, meski banyak orang yang sudah bisa menangkarkan murai batu, tapi tetap saja harga trotolan murai batu mahal,” ujar Supeno.

 

LOGO SPN

 

Untuk bisa mulai membeli murai batu Supeno mengaku terpaksa harus mengambil uang tabungannya dan menjual kacer kesayangannya yang sering juara di arena lomba.

“Indukan prestasi seharga 40 juta pada waktu itu berhasil saya beli. Dari situlah kemudian breeding murai  batu saya terus berkembang hingga saat ini sudah ada 25 kandang,” jelas Supeno.       

 

 

Supeno menceritakan jika pengalaman dan keahlian dalam merawat murai sangat penting dalam usaha breeding murai batu. Tanpa pengalaman merawat murai batu kemungkinan berhasil dalam hal breeding akan sulit sekali.

Pada 2017 kandang dan isi murai batu Supeno makin bertambah lagi. Dengan koleksi burung yang banyak dan dari berbagai jenis, Supeno pun berani menyilang-nyilangkan, jenis tertentu dengan jenis lain. Misalnya, dia mencetak gaco seri F dengan menggabungkan antara borneo, medan, dan nias.

 

 

Supeno mengaku jika harga trotol bervariasi tergantung dari jenis indukannya. Yaitu berkisar 3 juta hingga 5 juta rupiah. Pesanan yang ingin memiliki trotolan hasil breeding SPN BF menurut lelaki ini banyak sekali. Tidak hanya Jombang, namun ada pula yang datang dari luar kota, bahkan luar pulau. 

“Trotol dari pejantan Raja Selatan adalah yang paling idola dan jika ingin memiliki harus inden dulu,” ucap Supeno, yang di rumahnya bisa ditemui di  alamat RR 02 Rw 01, Dusun Kepuhpandak, Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro,  Kabupaten Jombang atau ke kontak 085607499161.

 

ANAKAN MURAI BATU DARI SPN

 

Menurut Supeno, trotol keturunan dari Raja Selatan banyak dicari orang sebab burung ini adalah burung juara saat di lomba. Di even-even besar, Raja Selatan beberapa kali duduk di podium puncak, tidak hanya lomba di sekitar Jombang, namun juga sampai luar kota.

Meski hampir tidak ada kendala yang berarti, namun sesekali Supeno juga masih menemui kematian anakan yang mulai belajar makan sendiri. Biasanya Supeno sangat cermat mengatasinya hingga membeli obat antiseptik untuk menetralisir kandang ternak sehingga tetap steril dari virus atau penyakit yang menyerang ternak miliknya.

 

 

Kunci burung rajin berproduksi menurut Supeno adalah sirkulasi udara yang betul dan kandang ternak yang nyaman, yaitu dengan dimiliki ukuran panjang 2.10 meter, lebar 1.20 meter, dan tinggi 2.5 meter.

Selain sebagai peternak murai batu, Supeno juga dikenal membuka kelas trotol untuk dididik menjadi murai batu yang berkelas dan bisa ditampilkan di even bergengsi. Tarif yang dibebankan kepada pemilik trotol itu adalah 400 ribu per bulannya. (ANGGA)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: spn bf jombang raja selatan

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp