MB CENDANA, JUARA 1, HARUMKAN MIRABILA BF BANJARNEGARA

PIALA KMWB WONOSOBO #1

MB Cendana Produk Mirabila BF Moncer, Hari MBM School Mengaku Puas & Bangga

Diikuti burung jawara dari berbagai kota, membuat even Piala KMWB Wonosobo (27/3) mempunyai gengsi tersendiri bagi kicaumania yang hadir, baik yang jagoannya meraih prestasi atas maupun yang belum prestasi. Apalagi, burung yang prestasi merupakan hasil produk dari breedingnya sendiri. Hal ini, dialami oleh Hari MBM School melalui murai batu andalannya yang bernama Cendana.

Ditengah kesibukannya mengurus proyek besarnya, Hari menyempatkan hadir di Piala KMWB yang merupakan gelaran launching gantangan KMWB. Bersama Bambang KTC, Bowo, Edi, dan Iyo, Hari hadir dengan menggelandang murai batu Cendana, cucak hijau Karantula & Slento. Untuk cucak hijau Karantula & Slento, keduanya akhir-akhir ini kondisi kurang maksi.

 

CH KARANTULA, PODIUM 3 KELAS DIENG

 

Sementara murai batu Cendana, dalam kondisi yang prima. Ketiga burung tersebut, diikutkan masing-masing dua kelas. Seperti kondisinya yang kurang maksi, Slento yang biasa meraih juara kali ini lagi-lagi gagal naik podium. Karantula yang mulai mempertontonkan aksi jamtroknya, di kelas Dieng mampu menempati podium tiga.

Di kelas murai batu bergengsi KMWB, kinerja Cendana terpantau kurang greget. Ternyata, penyebab kurang maksinya penampilan Cendana dikarenakan salah dalam pemberian jangkrik. Harusnya mengkonsumsi jangkrik mbering, malah ketukar dengan jangkrik genggong. Sesi kedua kelas murai batu Fatmawati, Cendana akhirnya jadi yang terbaik dengan menempati podium satu.

 

 

Moncernya Cendana di tangga juara, membuat Hari mengaku puas dan bangga. Puas bisa raih juara, bangga karena Cendana merupakan hasil breeding dari Mirabila BF yang merupakan nama farm milik Hari. “Piala KMWB benar-benar meriah, banyak kelas yang full gantangan termasuk 2 kelas murai batu. Burung yang hadir juga bagus-bagus dari berbagai kota, Alhamdulillah bisa moncer dari produk sendiri,” tutur Hari.

Untuk perawatan Cendana, Hari mempercayakan kepada Edi. Sebelum tampil di Piala KMWB, Cendana menang nyeri di Special Dipayuda Banjarnegara (6/3) dengan aksi yang memukau. Menurut Hari, akhir Januari Cendana ada bulu yang jatuh. Begitu diistirahatkan, malah tidak ada bulu yang jatuh lagi. Sehingga, Cendana dipaksakan untuk dilombakan kembali.

“Kalau kondisi bulu bagus/les, kinerjanya lebih bagus. Satu titik di pangkringan atas, gaya mewah, dan variasi lagu komplit dengan tonjolan yang memekakkan telinga. Stamina juga prima, dimainkan dua kali tetap jos. Saat rehat di pedok, burung diam. Begitu digantang, langsung beraksi. Tipikal burung jujur,” ungkap Edi yang diamini Iyo Jagapati BF.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

MB Cendana, Maskot Dari Mirabila BF Banjarnegara

Sejak masih pastol, Cendana sudah terlihat bakatnya sebagai burung yang berkualitas. Seiring dengan usianya yang sudah menginjak 4 tahun, kualitas Cendana benar-benar sudah teruji. Berbagai even, sudah dilaluinya dengan raihan prestasi atas. Burung yang bercincin Hari BF ini, dijadikan mascot Mirabila BF.

Tahun 2017, Hari mulai menekuni breeding murai batu yang memanfaatkan kamar kosong sebagai lokasi kandang ternak. Di tahun 2022, Hari sudah memiliki 14 kandang ternak yang ditempatkan di dua lokasi. 6 kandang di Punggelan Banjarnegara, dan 8 kandang berada di Masaran Banjarnegara. Anakan generasinya Cendana, memakai ring Hari BF. Untuk generasi sekarang, ring diganti dengan MBM School.

 

HARI, BOWO, BAMBANG KTC, & TUGIO

 

14 kandang yang dimiliki, 12 kandang berisi murai batu dan 2 kandang dihuni kacer. Cendana merupakan hasil breeding dari pejantan ekor putih trah murai medan yang dikawinkan dengan betina balak 8 yang mempunyai ekor warna putih. Materi indukan Mirabila BF, dihuni sejumlah murai hasil tangkaran farm terkenal seperti SWD BF, Mr.G KBM BF, Toni BF Medan, dan farm lainnya.

Untuk materi indukan non ring/non bredeer ternama, digunakan pejantan ori hutan Bahorok Marike yang akan dikawinkan dengan betina ring SWD Klaten trah Begal. Murai batu Bolang yang pernah prestasi di Bupati Cup 2 Banjarnegara (15/7/2018), dijodohkan dengan betina ring platinum Mr.G Kbm BF. “Bolang vs ring platinum sudah netas dua, cuma telat ambil dan dibantai oleh indukannya.,” kata Hari.

Pejantan ring Toni Medan trah Golden, dijodohkan dengan betina ori hutan. Indukan lainnya yaitu, pejantan Rambo ekor hitam vs betina blorok lancur putih. Anakan indukan tersebut, sekarang sedang disekolahkan di tempat B.NA Bird Mastering milik Bayu Na Banjarnegara. Bagi kicaumania yang akan tanya-tanya hasil breeding Mirabila BF, bisa menghubungi no wa 0812-2022-8792. (bimun)

 

 

BAMBANG KTC & HERU, JALIN PERSAHABATAN DI PIALA KMWB

 

SUASANA KELAS MB FATMAWATI, FULL GANTANGAN

 

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

KATA KUNCI: piala kmwb murai batu cendana mirabila bf hari mbm school

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp