SELAMAT DATANG DI KOTA PURWOKERTO

PIALA ANDHANG PANGRENAN

Baru Kali Ini, Peserta Tak Puas Boleh Masuk Arena Jadi IP!

IP atau pengawas lomba adalah jabatan strategis yang terhormat. Tak sembarang orang bisa diserahi tugas ini. Selain harus mampu dan tahu burung, mental kuat, juga berjiwa memimpin. Terobosan di Piala Andhang Pangrenan, peserta boleh mengajukan diri jadi IP!

Biasanya, seorang IP punya pengalaman meniti karir dari juri dulu, kemudian pernah jadi korlap, barulah pada EO tertentu mengangkatnya menjadi IP. Bagaimana dengan EO Independen yang tidak punya struktur baku? Prinsipnya pun sama, juri senior, atau pemain senior yang dianggap memang sangat paham burung, sehingga keberadaan juga disegani para juri.

 

 

 

Hal itu misalnya terjadi saati Kapolres Cup Kebumen. Bertindak jadi IP adalah Beny Pesona, yang nota bene hanya pemain saja, tidak pernah punya jenjang karir menjadi juri. Nyatanya, even ini dinilai sangat sukses secara penjurian, tidak ada komplain sama sekali.

Hal ini kemudian berlanjut ke Piala Cobra Cilacap. Kali ini, ditunjuk menjadi IP adalah Mr. “G” Kebumen. Seperti Beny Pesona, Mr. “G” juga belum pernah menjadi juri. Ia hanya pemain senior yang dianggap sangat paham dengan burung, punya jam terbang lama sebagai pemain, sehingga juga relatif dikenal dan mengenal dengan para juri. Keberadaannya di tengah lapang pun disegani. Seperti kita tahu, even Piala Cobra pun sukses, termasuk salah satu even yang banyak mendapatkan apresasi baik dari para peserta maupun yang hanya mantau dari kejauhan.

Pola seperti ini akan kembali diterapkan di Piala Andhang Pangrenan, sebab para team suksesnya memang bisa dikatakan orang yang sama. Namun, ada satu hal perbedaan, terobosan baru yang benar-benar berani, karena mempersilakan peserta yang kurang puas dengan penilaian untuk masuk lapang menjadi IP!

 

HAL-HAL MENARIK DI PIALA ANDHANG PANGRENAN

 

“Sebenarnya kami sudah menyiapkan team juri terbaik, juga korlap dan IP terbaik, belum lagi para senior seperti om Beny Pesona baik langsung atau tidak langsung juga pasti akan terus memantau dan mengawasi. Jadi, tidak mungkin mereka akan curi-curi kesempatan untuk bermain-main sendiri,” jelas Adho Soto, ketua panitia.

Karena sejak awal baik semua panitia, juga jajaran team penilai, memang ingin fairplay, tidak punya kepentingan untuk mengatrol burung milik siapa pa pun, maka tidak ada masalah bila ada perwakilan peserta yang masuk dan bertindak laksana IP.

“Tentu ada aturan teknisnya, biar tetap tertib. Tidak mungkin kan pada satu sesi ada 5 orang IP, he he he. Misalnya, yang bersangkutan mengajukan dulu, kemudian bersiap di sesi berikut. Ada juga syarat lainnya, pada saat itu burung dia sedang tidak turun. Peserta yang pengin menjadi IP pada sesi tertentu semestinya juga karena ia merasa mampu, juga cukup punya mental yang kuat. Sebab, situasi di dalam lapang dengan kondisi sedang bertugas, itu sangat berbeda loh dari sekadar memantau dari luar pagar. Kalau tidak benar-benar mampu dan kuat mental, ya malah bingung sendiri, pasti akan kelihatan kalau dia aslinya kurang paham burung, terus grogi, terus jadi tertawaan peserta yang lain,” imbuhnya.

 

 

Beragam tawaran yang sangat sexy membuat even Piala Andhang Pangrenan dipastikan akan ramai, bahkan meledak. Banyumas Bersatu menyatukan 22 gantangan yang ada di tlatah Banyumas dan sekitarnya. Semua akan libur besuk pada 3 Februari, semua akan merapat ke taman Andhang Pangrenan yang berada di tengah kota Purwokerto.

Tiket terjangkau, semua kelas losgan alias utuh tanpa potongan, berapa pun peserta (lha padahal peserta mau pada penuh semua loh). Belum lagi dengan taburan banyak bonus bagi yang meraih juara 2-5. Bahkan, MC dipastikan juga bakal kewalahan dalam ngopyok doorprise yang berlimpah, sumbangan dari banyak pihak termasuk kicumania.

 

Burung tampil maksi, stabil, dan selalu terjaga kesehatannya. Mau? Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup satu tetes setiap hari, bisa diteteskan ke minuman, atau oleskan pada EF. LEMAN'S, meningkatkan perfoma, sekaligus melindungi.

 

Khusus love bird, panitia mengundang team juri dari KLI yang berjumlah 18 orang. Mereka juga masih akan dibantu oleh team hitung stick poin.

Hal yang sangat mendukung, lokasi ini sudah jadi, luas, bersih, aman, dengan fasilitas pendukung yang lengkap. Semua area sudah ditata, jadi seandainya hujan tidak bisa dihindari pun (meski panitia sudah berusaha dengan menyiapkan dua pawang), dijamin akan tetap nyaman, tidak akan becek, apalagi sampai jadi lumpur laksana sawah.  Lokasi juga sangat mudah diakses, jadi bagi yang berasal dari luar kota dan belum hapal jalan di Purwokerto dan tidak ada punya fasilitas GPS, mau tanya kepada siapa pun hampir pasti tahu dan bisa menunjukkan arah yang benar.

 

Mengakses burungnews.com lebih praktis dan cepat, unduh APPS-nya di PLAY STORE (android) atau buka dari GOOGLE PLAY (IOS: Apple, Iphone, Ipad)

 

BROSUR PIALA ANDHANG PANGRENAN, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: piala andhang pangrenan beny pesona adho solot babahe johan heri shilem

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp