DANASI PEDULI UNTUK PETANI DAN BURUH TANI MULAI DISALURKAN

PEDULI PETANI DI TENGAH PANDEMIC

Didukung burungnews.com, Yayasan Bersama Berbagi 200 Paket Bantuan Tahap 1

Di masa pandemic seperti ini tentu banyak orang mulai sadar untuk pedul terhadap sesama, salah satunya kepada para petani yang menjadi garda terdepan dalam berjuang untuk terus memenuhi kebutuhan pangan seantero masyarakat di Indonesia.

Kendala selama adanya pandemic tentu saja menurunkan produktivitas hasil pertanian mereka, hingga harga jual panen yang tidak stabil karena kendala distribusi. Kepedulian kita diharapkan bisa membuat petani jangan semakin terpuruk di saat seperti ini.

Demikian pula dengan para Buruh Petani yang juga kehilangan pekerjaan di sawah, tentu menoreh perhatian kita untuk memberikan kepedulian moral dan material untuk membantu mendukung mereka di masa pandemic ini.

 

 

 

Saatnya satu sama lain untuk tergerak memberikan kepeduliannya untuk para petani, kini Yayasan Bersama Berbagi Berkat (YBBB) yang didukung burungnews.com menyalurkan 200 paket bantuan tahap 1 untuk membantu petani dan buruh petani menghadapi masa pandemic.

Paket berisi item lengkap mulai beras, minyak goreng, mie instant, hand sanitizer, serta Pupuk Organik Cair (POC). Kami mulai membagikan di wilayah Gresik (Kecamatan Cerme) dan Sidoarjo (Kecamatan Balongbendo & Tarik), Jawa Timur.

YBBB menggandeng Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gresik, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sidoarjo, serta Himpunan Kerukanan Petani Indonesia (HKTI). Penyaluran sembako yang dibagi menjadi 2 kloter berlangsung lancar pada 21 dan 22 Mei 2020. Sebanyak 200 paket bantuan tuntas disalurkan secara terorganizir untuk memastikan penerima paket bantuan tepat sasaran.


 

Penyaluran Paket Bantuan ini merupakan bagian dari campaign #JagaPanganIndonesia yang diinisiasi oleh Yayasan Bersama Berbagi Berkat (YBBB) bekerjasama dengan KitaBisa.com. Karena kepedulian yang mendalam terhadap jasa-jasa petani dan buruh petani selama masa pandemi, mendorong penggalangan donasi yang lebih besar dan berdampak.

Patungan publik tersebut akan digunakan untuk menyokong kebutuhan pokok petani dan buruh petani, sehingga mereka tetap memiliki asa untuk menanam. Selain Gresik dan Sidoarjo, YBBB juga sudah menarget wilayah-wilayah lain untuk penyaluran sembako selanjutnya.

Dana hasil donasi di KitaBisa.com akan dicairkan secara bertahap dan langsung disalurkan kepada petani yang membutuhkan dengan melakukan kolaborasi pendistribusian dengan dinas terkait, komunitas, serta relawan.

 

 

Jaga Pangan Indonesia adalah campaign untuk seluruh masyarakat Indonesia. Tanpa petani, mau makan apa kita? Kalo selama ini tenaga kesehatan selalu digaungkan berdiri di garda terdepan kesehatan, jangan pernah lupa kita punya petani dan buruh petani yang berdiri di garda terdepan ketahanan pangan,” jelas Scorpi Filia Setri, pimpinan YBBB ketika ditemui di tempat terpisah.

Dengan target pengumpulan donasi sebesar 10 miliar rupiah, diharapkan paket bantuan yang diberikan dapat menjangkau lebih banyak petani di seluruh wilayah Indonesia.

Yayasan Bersama Berbagi Berkat (YBBB) percaya bahwa menjaga pangan Indonesia bukan hanya tugas pemerintah atau para petani dan buruh petani saja, namun juga tugas kita semua. Oleh karena itu, YBBB masih membuka kesempatan bagi siapa pun untuk turut bergabung di patungan publik membantu petani dan buruh petani selama masa pandemi ini. (tim ybbb)       

Bisa langsung salurkan donasi di link berikut ini: https://kitabisa.com/campaign/jagapanganindonesia

KATA KUNCI: pandemi peduli covid-19 donasi petani dan buruh tani kita bisa

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp