PLECI MAPUT MURAI HASIL TANGKARAN ABY LEWUNG BF


ONE STOP PLECI FESTIVAL 2022, #4

Enam Bulan Mencoba, Aby Lewung BF Akhirnya Sukses Tangkarkan Pleci Maput Muria

Ternak pleci itu gampang-gampang susah, harus siap bodrex satu slop. Jodoh belum tentu mau ngawin, ngawin belum tentu mau nelur, nelur belum tentu mau angrem, angrem belum tentu mau netas, netas belum tentu hidup. - Aby Lewung, 2022

Sebagai salah satu stand konservasi di One Pleci Festival 2022, Aby Lewung BF menjadi salah satu stand yang dikerumuni oleh pleci mania. Satu kandang ternak dan tiga kandang penjodohan yang berisi induk beserta anakannya menjadi pusat perhatian. Aby dan kawan-kawan tampak sibuk melayani pertanyaan para pleman tentang bagaimana cara mengembangbiakkan pleci.

 

 

ABY LEWUNG BF. SUKSES TANGKARKAN PLECI MAPUT MURIA

 

Kepada burungnews, Aby mengungkapkan kalau dirinya baru mulai mengembangbiakkan pleci di tahun 2019. Melihat populasi pleci di alam sudah mulai berkurang, bahkan bisa dikatakan langka, Aby Lewung mencoba mengembangbiakkannya di kandang ternak.

“Aku mulai breeding karena populasi pleci di alam sudah berkurang banyak, bahkan bisa dibilang langka. Kalau di tahun 2010-an kita masih nemu pleci di sekitar rumah kita, sekarang susah sekali nemu, bahkan mungkin nggak ada lagi. Itu jadi motivasiku untuk bereksperimen untuk ternak pleci,” ungkapnya.

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Setelah enam bulan bereksperimen, Aby sudah mengalami fase kegagalan demi kegagalan karena faktor lingkungan. “Masalah pas awal-awal ternak itu biasanya lebih ke tempat, burung tidak nyaman, indukan birahi pas ngeram, terus gangguan predator seperti cicak, tokek, atau tikus. Bahkan pernah ada indukan lagi ngeram, dibantai semua sama tikus,” ungkapnya. Butuh waktu kurang lebih enam bulanan bagi Aby untuk memahami karakter dan membuat burung nyaman ketika angrem atau ngloloh.

Meskipun berulang kali mengalami kegagalan, Aby tak menyerah dan justru semakin termotivasi karena sudah berpengalaman dalam penangkaran murai batu dan kacer. Aby pun mulai memfokuskan diri pada pleci mata putih muria untuk indukannya. Selain pleci maput muria memang langka, karakter suara yang bening kristal memang digandrungi oleh para pleman. Banyaknya permintaan dan kelangkaan akan pleci maput muria tentu membuat nilai ekonomisnya lebih tinggi dibanding pleci jenis lain.

 

PROSES PENANGKARAN PLECI MAPUT MURIA [NETAS, PASANG RING, NANGKRING]

 

Salah satu tantangan yang dihadapi adalah menemukan induk betina untuk jenis pleci ini. “Untuk maput muria, kalau muda hutannya sudah susah banget, apalagi yang betina. Terakhir beli indukan betina yang sudah ngloloh itu dari Bogor, harganya 1,5 juta. Kalau pleci jantan itu kan biasanya jadi gaco jadi banyak yang punya. Kalaupun sudah nggak buat lomba, biasanya masih ada yang nyimpan. Kalau yang betina ini kan hanya buat untulan, nggak bisa ngoceh, jadi susah dapatnya,” terangnya.

Meski sudah menemukan formula untuk mengembangbiakkan pleci, Aby mengaku hanya mempunyai 2 indukan maput muria yang aktif berproduksi untuk saat ini. Biasanya, kalau ada telur yang menetas, Aby akan melapor ke Dimas Dimpul, ketua konservasi Solo Koloni untuk didata dan diberikan ring.

 

SERTIFIKAT PENANGKARAN DARI PCMI

 

“Kalau ada yang netas, biasanya Aku lapor ke Dimas Dimpul. Kita foto telur dan anakan yang baru netas terus lapor lewat WA, nanti disuruh ngambil ring di rumahnya,” lanjutnya. Aby mengaku banyak pleman yang ingin meminang anakan hasil ternaknya, namun Ia masih menahan diri karena maput muria sangat susah dicari.

Dihubungi terpisah, Dimas Dimpul mengaku apabila saat ini ada 20-an peternak pleci di bawah naungan Solo Koloni. “Kalau jumlah peternak Chapter Solo Koloni saat ini ada sekitar 20-an orang. Selain Aby, ada Rombe, Agus Budianto, Nopek, Siswanto, banyaklah pokoknya. Sampai saat ini kita sudah keluarkan 100 ring lebih,” ungkapnya.

 

 

Berbeda dengan jenis burung lain yang mana ring dijual bebas, Dimas mengaku apabila di PCMI lumayan ketat untuk masalah pendataan. “Untuk pengadaan ring biasanya ada di masing-masing chapter. Di Solo Koloni, peternak harus lapor dulu, dengan melampirkan foto induk, telur, dan tetasan, nanti ring diambil di rumahku, terus di data. Jadi, nggak ada kirim-kirim atau COD,” tandasnya.

Di tingkat nasional, PCMI Pusat telah mengeluarkan 3500 ring selama kepengurusan periode 2019-2021. Rusby, Divisi Konservasi PCMI mengungkapkan kalau pengadaan ring selama ini masih dikendalikan oleh pusat. “Selama kepengurusan periode kemarin saja sudah keluar 3500 ring. Pengadaan ring dikendalikan oleh pusat, chapter request sesuai dengan kebutuhan. Untuk teknis pembagian dan pengawasan sepenuhnya oleh chapter,” ungkapnya saat dikonfirmasi burungnews.

 

#SAVEMAPUTMURIA

 

Menurutnya, ada beberapa chapter yang permintaan ringnya lumayan besar dan kencang seperti Jogja, Magelang, dan Plat AE. Selain tiga chapter tersebut, permintaan ring untuk Solo, Malang, KPS, Bandung, Bogor, Purworejo, Semarang, Banyumas, Klaten, dan Kediri terus tumbuh.

Selain pendataan untuk para peternak pleci, dengan adanya ring PCMI ini diharapkan bisa menjalankan program pelestarian dan konservasi yang menjadi misi dan visi PCMI. Untuk informasi penangkaran dan konservasi di PCMI, kamu bisa hubungi Rusby [082.220.862.305] atau Dimas Dimpul [081239466454]. [asept]

 

DATA JUARA ONE STOP PLECI FESTIVAL 2022, KLIK DI SINI

AGENDA DAN BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

KATA KUNCI: one stop pleci festival 2022

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp