ANDIK APACHE DAN MB EXOTICE. PASCA MABUNG SELALU TAMPIL DAN JUARA

MERAWAT MURAI BATU MABUNG

Kurangi EF, Karantina, dan Istirahat Total (Bagian #2)

(...SAMBUNGAN DARI BAGIAN #1)

MEMASTER PADA SAAT NGURAK

Hal tak kalah pentingnya dalam menangani burung mabung, adalah melakukan pemasteran. Pemasteran burung saat moulting tak jauh beda dengan pengisian awal pertama memaster.

"Waktu pemasteran yang paling baik adalah setelah bulu rontok total hingga bulu pulih seperti sediakala," kata Andi Apache soal pemasteran.

Dijelaskannya, setelah total bulu rontok, baru dilakukan pengisian suara burung master lagi. Isian yang biasa diberikan untuk murai batu, antara lain cililin, cucak jenggot, love bird, dan gereja kawin.

“Exotice seringkali kemasukan suara burung gereja kawin secara tak sengaja, karena kerap hadir di sekitar rumah”.

 

 

 

Cara pemasteran, burung master ditempatkan pada posisi keliling dan tanpa dikerodong dalam satu ruangan tertutup. Saat penjemuran pun tetap didampingi burung master, agar suara burung master selalu diingat.

Dalam perawatan rutin hariannya, burung sekelas Exotice terbilang sederhana. Sekitar pukul 5 pagi, Exotice mulai dikeluarkan biar kena embun pagi hingga langsung kena sinar matahari.

Setelah mulai bunyi, Exotice diberi jangkrik ABG atau jangkrik tlondo yang belum ada sayap, lalu sekitar pukul 6.00 mulai dirawat sekaligus membersihkan sangkar.

Andik Apache mengatakan kalau Exotice selama ini tidak pernah pakai doping. "Kalau burung kena doping pasti kondisinya cepat drop," cetusnya.

Soal master, Anda tentunya tidak harus repot-repot punya burung master yang banyak. Sekarang ada Sonic Master, yakni pemutar suara elektronik yang suaranya bersih seperti aslinya. Praktis, tidak perlu merawat (kasih makan, bersihkan sangkar, dan keribetan lainnya). Banyak variasi suara burung, tinggal pilih dari remote. Suara yang dimix atau campur juga ada.

 

 

PERAWATAN SEBELUM LOMBA

Untuk perawatan sebelum lomba, kuncinya ada pada ekstra fooding. Kalau mau lomba, pagi diberi jangkrik diberi 5 ekor plus kroto satu sendok makan. Saat tiba di arena diberi sepuluh ekor ulat hongkong plus ulat kandang.

Prestasi Exotice setelah bebas mabung terbilang cemerlang. Kali pertama tampil di Gerdupapak BC di Plandi, Jombang, Exotice langsung bertengger di puncak. Aksi keduanya di Kontes Prestasi Maestro BC Jombang, dengan kuantitas kontestan nyaris penuh dan sarat gaco dahsyat, Exotice berhasil menyambar runner up.

Di even-even berikutnya, di Taras BC, Garda BC, Kebokicak dan arena lain di seputaran Jombang, Exotice belum pernah pulang dengan tangan kosong. Even terakhir yang diikutinya adalah gelaran di Maestro BC Jumat, 18 November, Exotice sukses mengemas prestasi emas.

Untuk mengembalikan fisiknya pasca laga, Exotice biasa ditenggar di kandang umbaran. "Seminggu ditenggar dua kali. Penjemuran rutin setiap pagi hari sekitar dua jam. Itu saja perawatannya, tidak ada yang ribet atau khusus," pungkas Andik Apache yang mendapat acc dari Lurah Kuncoro, Minggu depan, 26 November akan menurunkan Exotice di even Asia Cup di Warujayeng Nganjuk.

 

INFORMASI PRODUK SUPER KICAU & SONIC MASTER, HUBUNGI JEFRI 0852.3006.5593

 

BAGIAN #1: MERAWAT MURAI BATU MABUNG, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: andik apache exotice super kicau sonic master

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp