ANDIK APACHE DAN MB EXOTICE. PASCA MABUNG SELALU TAMPIL DAN JUARA

MERAWAT MURAI BATU MABUNG

Kurangi EF, Karantina, dan Istirahat Total (Bagian #1)

Mabung atau ngurak adalah proses normal dan alamiah, sehingga akan dialami semua jenis burung tanpa terkecuali. Dalam periode tertentu, bulu-bulu tua akan rontok lalu tumbuh bulu baru. Ini masa yang rentan, salah penanganan bisa berakibat fatal.

Tanda-tanda bulu murai batu sudah tua dan mau mabung bisa dilihat pada bulunya, terutama bulu ekor akan pecah-pecah berwarna cokelat kusam. Gejala lain yang bisa diamati, apabila aktivitasnya menunjukkan penurunan hingga ogah bunyi.

Proses ngurak (moulting) biasanya memakan waktu dua sampai tiga bulan. Ada juga beberapa burung yang melebihi batas normal proses mabung. Bahkan ada yang bermasalah, bulu baru tumbuh belum rampung sudah rontok lagi, atau biasa disebut nyulam.

Untuk memperlancar proses mabung, biasanya dilakukan penghentian mandi untuk sementara. Sebaliknya dilakukan tambahan penjemuran agar bulu-bulunya cepat brol (rontok total). Selain itu disarankan untuk ditempatkan di lokasi yang relatif sepi, agar tidak mengganggu ketenangan. 

"Selain mengatur perawatan mandi dan jemur, suasana tenang pada murai batu bisa mempercepat masa ngurak. Kalau nguraknya cepat maka kondisi pemulihan juga bisa cepat," ungkap Andik Apache, perawat murai batu Exotice milik Lurah Kuncoro dari Kertosono.

 

 

 

Hal menarik yang patut disimak, kepada Burungnews Andik menceritakan bila selama ia menangani Exotice, setelah rampung mabung belum pernah gagal menyabet juara 1, 2, atau 3. Padahal banyak kasus burung yang awalnya bagus, setelah rampung mabung tak kunjung mau tampil meyakinkan lagi. Lalu, apa yang dilakukan Andik hingga jagoan yang ditangani tak pernah bermasalah setelah mabung?

Untuk mempercepat ngurak, Andik tetap memberikan ekstra fooding, tapi porsinya dikurangi. Misalnya, biasanya jangkrik diberikan pagi dan sore masing-masing lima ekor, dikurangi menjadi satu pagi dan sorenya juga satu ekor.

"Tujuannya untuk menurunkan aktivitas, supaya tidak bunyi terus. Saat mabung itu kan kondisi yang tidak nyaman, burung sebenarnya merasa sakit, karena itu mesti istirahat. Kalau terlalu banyak bergerak, termasuk bunyi, ya sakit. Kalau terlalu sering, justru akan menghambat proses rontok bulunya," terangnya.

Menu ekstra fooding kroto bisa ditambah. Biasanya satu sendok makan ditambah menjadi dua sendok. Manfaat utama pakan ini agar burung tidak kelaparan, dan asupan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Burung yang sedang mabung membutuhkan lebih banyak energi, karena itu kebutuhannya juga harus bisa terpenuhi dengan baik.

Selain ekstra fooding, masa ngurak juga membutuhkan vitamin sebagai sarana untuk mempercepat kerontokan. Vitamin ini mudah dicari, memang khusus untuk burung saat ngurak yang berbentuk cair dan diberikan setiap harinya sebanyak 6 tetes dicampurkan pada minumannya.

 

 

Sangkar tetap dibersihkan, tapi jangan tiap hari. 3 hari sekali cukup. Jaman dulu sangkar dibiarkan tidak dibersihkan, diyakini mempercepat proses rontok. Sangkar yang kotor, apalagi kalau lembab, jadi tempat subur tumbuhnya bibit penyakit, padahal burung sedang dalam kondisi lemah sehingga lebih mudah terjangkit penyakit.

Sementara saat bulu mulai tumbuh, mandi bisa dilakukan setiap pagi hari, kemudian dijemur sekitar 10-15 menit. Semakin hari penjemuran ditambah, sekaligus porsi ekstra fooding jangkrik mulai kembali normal.

Begitu juga menu kroto distabilkan seperti biasanya. "Asal tahu saja, ekstra fooding Exotice lebih suka jangkrik alami dan krotonya dibersihkan sampai benar-benar tinggal kroto putih," imbuhnya.

 

Terkait pemberian jangkrik, apa pun jenisnya sebaiknya dipastikan dalam kondisi segar, bersih, dan sehat. Jangkrik selain sumber nutrisi, juga bisa jadi agen penyakit dan bisa membahayakan burung.

Jangkrik yang baru dibeli dari pasar sebaiknya jangan langsung diberikan ke burung. Karantinakan 2-3 hari, berikan asupan pakan yang kita yakini bersih, termasuk dari kemungkinan residu kimia yang biasa menempel pada sayur atau buah yang dijadikan pakan jangkrik di tempat semula.

 

 

Cara mudah, bisa memakai pakan jangkrik kemasan yang tersedia di pasaran, yaitu Omega Vit. Selain membuat jangkrik memilik kandungan nutrisi yang terstandar, juga diklaim mampu menetralkan zat-zat berbahaya yang sangat mungkin terbawa pada jangkrik.

Proses ngurak akan lebih lancar bila proses metabolisme, atau pencernaan makanan juga lancar. Anda bisa memberikan asupan tambahan probiotik Super Kicau. Fungsi probiotik bukan vitamin, bukan obat, apalagi doping, tapi untuk menjadikan proses metabolisme berlangsung sempurna, semua zat yang berguna akan diserap tubuh, yang dibuang benar-benar tinggal kotoran yang tidak diperlukan tubuh burung.

Banyak kasus burung-burung yang bermasalah ngurak, seperti nyulam atau ngurak tak pernah rampung, ternyata bisa beres setelah diberikan probiotik. Boleh jadi, masalahnya karena faktor metabolisme yang tadinya kurang sempurna. (BERSAMBUNG KE BAGIAN #2...)

 

BAGIAN #2: MEMASTER PADA SAAT NGURAK & PERAWATAN SEBELUM LOMBA, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: andik apache exotice super kicau sonic master

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp