KADAFI & JAGOAN RING

M KADAFI (KDV STAR BF) #1

Di Lampung, Banyak Murai Ternakan yang Diaku Sebagai Muda Hutan

 

 

Ada fakta menarik di Lampung dan sekitarnya. Menurut M. Kadafi, banyak yang sengaja tidak pakai ring dan diaku sebagai muda hutan. Ini karena pandangan umum yang keliru, murai hasil ternak dianggap kurang bagus.

Di sekitar kota Lampung saja, peternak murai batu ada lebih dari 50. Secara teknis dan produksi banyak yang berhasil. Sebagian besar belum punya nama, dan kesulitan menjual anakan dengan “brand” hasil ternak.

“Di sini, masih ada anggapan bila anakan hasil ternak itu kurang bagus, kelak kurang fighter, dan semacamnya. Murai muda hutan dianggap lebih prospektif masa depannya,” jelas Kadafi, pemilik KDV Star BF di kandang breedingnya, komplek kampus Malahayati, Bandar Lampung.

Akibatnya, banyak murai batu mania lokal enggan membeli. Menjual ke luar kota juga tidak mudah kalau belum ada nama. Itu sebabnya kemudian tidak pakai ring, lalu diaku sebagai muda hutan. “ Murai muda hutan, di pasaran umum lebih mudah diserap,” imbuhnya.

Hal yang berbeda dengan hasil ternak dari kandang KDV Star BF. Selain nama Kadafi sudah menasional, indukan yang diternak juga burung-burung yang sudah punya nama besar karena sering juara di even-even nasional.

 

KDV STAR BF. DILENGKAPI PERANGKAT MODERN UNTUK MERAWAT PIYIK

 

Di kandang KDV Star BF, ada nama Racun yang pernah juara di Presiden Cup dan Liga Sumatera.  Misteri sebelumnya milik Ari Sri Bintang, terakhir juara di Acun Owen. Narutto, sebelumnya milik Benny Pagar Alam, juara di Musi Rawas.

Murai mania tentu juga mengenal nama Nippon, sebelumnya milik Yamani Nahdi, pernah juara di BnR Award. Aderay, milik Kadafi sendiri, pernah juara di BnR Award. Lalu ada Cantona milik Edy PLN, Cuper Boy milik Nikko Lampung, Sakuraba milik Ramadhan, Zorro milik Pan Aceh, Badai milik Acun Shok Aceh, Ule Balank milik Ramadhan, dan lainnya.

KDV Star juga mengandangkan sejumlah kacer juara seperti Monster, burung legendaris di Jakarta, juga Black Mamba sebelumnya milik Bang Boy.

Untuk sementara ini, inden anakan murai dan kacer Ring KDV ditutup. “Kita mah benar-benar sampai kewalahan melayani permintaan teman-teman dari berbagai daerah. Untuk sementara, sekarang kita stop dulu semua pesanan.”

 

ASINAN HALUS, COCOK UNTUK INDUK, PIYIK, & BURUNG LOMBA

KATA KUNCI: m kadafi kdv star bf lampung

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp