YUSUF DAN TROPI JUARA KELAS UTAMA SENIOR (dok. ppmbsi)

LOMBA MERPATI BALAP NASIONAL PAMEKASAN

Sisa 4 Burung, Arya Sinawung Menangi Kelas Utama Senior

Lomba Merpati Balap Tingkat Nasional PPMBSI bertajuk Arek Lancur Cup di lapang Panden, Pamekasan, Madura, Jawa Timur berlangsung sudah (24-26 September). Arya Sinawung milik Topsong Klaten dinyatakan sebagai jawara kelas Utama Senior.

Gelaran ini dimulai Jumat dengan mempertandingkan Kelas Junior. Pesertanya 32 pembalap yang sudah ditentukan lewat Selekda yang digelar dua pekan sebelumnya (10-12 September) di 7 daerah, yaitu , Karawang, Majalengka, Semarang, Klaten, Kediri, Sidoarjo, dan Lumajang.

BACA: Hasil Selekda, Pembagian Grub, dan Brosur Lomba Nasional Pamekasan

 

 

Jumlah wakil tiap daerah ditentukan proporsional berdasarkan jumlah peserta. Pembalap yang lolos berhak atas subsidi 500 ribu, akan diberikan oleh PPMBSI pusat setelah peserta sampai dan mengikuti lomba.

Pendaftaran kelas Junior juga tidak dipungut biaya alias gratis. Meski begitu, PPMBSI tetap menyediakan hadiah total 50 juta rupiah, dengan pembagian 5 juta untuk peternak (pemilik ring), 5 juta untuk kru (joki dan kawan-kawan), sisanya 40 juta baru untuk pemilik burung.

Kelas Junior yang digelar hari Jumat (24/9), dimenangkan oleh Bhirawa, jago milik Asen Helm/Iwan Wibisono dari SBR Team Jember, dengan joki Jujun.

 

BHIRAWA, JUARA KELAS JUNIOR (dok. ppmbsi)

 

Adapun untuk kelas Utama Senior yang digelar hari terakhir, Minggu 26 September, diikuti 718 pembalap. Menyisakan 4 pembalap, menjelang babak semifinal, lomba tidak bisa dilanjutkan karena sudah sekitar jam 17.00, situasi di lapang Panden Pamekasan sudah gelap.

Sesuai aturan, hadiah uang pembinaan untuk juara 1-4 pun dibagi 4, sementara untuk urutan juara ditentukan lewat tos-tosan. Hasilnya, juara 1 adalah Arya Sinawung milik Topsong Klaten yang dijoki Yusuf, diikuti Singa Putih (Dadan/Argen, Jakarta), Singa Laut (Asep/HS, Jakarta), dan Panglima (Rizal/BRC, Surabaya) masing-masing di urutan 2, 3, dan 4.

 

ARYA SINAWUNG, PEMBALAP ASLI PAMEKASAN (dok. ppmbsi)

 

Seperti biasanya, seusai lomba nasional, para merpati balap mania pun ramai membicarakan soal para juara termasuk asal-usul dan trahnya. Untuk Bhirawa, diketahui hasil ternak Jujun sendiri di kandang Solo, sebelum dibawa dan dilatih ke markas SBR di Jember.

Sementara Arya Sinawung, menurut Yusuf sang joki, adalah burung asli Pamekasan. “Sudah satu tahun saya yang pegang, dulu belinya karena tertarik saat melihat terbangnya di Lomba Sampang, terus bos Topsong berkenan membelinya.”

 

 

HASIL LENGKAP LOMBA NASIONAL AREK LANCUR CUP PAMEKASAN (sumber: ppmbsi.com):

 

PERANG BINTANG JUMAT

 

SUPER BREEDING.... cocok untuk meningkatkan produktivitas burung, termasuk merpati.

 

PERANG BINTANG SABTU

 

 

KELAS JUNIOR

 

Kini, kesempatan semakin terbuka luas untuk meraih MOBIL, MOTOR, dan ratusan hadiah menarik lainnya, LANGSUNG TANPA DIUNDI. Beli terus TWISTER (merpati, burung berkicau, lovebird, perkutut) dan/atau NICE (anjing, kucing). Periksa saat membuka kemasan, siapa tahu Anda yang beruntung mendapatkan kuponnya. Kupon yang diterima setelah 31 Desember tetap BERLAKU.

 

KELAS MINGGU UTAMA

 

SUPER N... ampuh mengobati semua jenis burung sakit, termasuk merpati.

KATA KUNCI: ppmbsi merpati balap arek lancur cup merpati arya sinawung

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp