JOKO OLALA & TROPI JUARA. INZET: MB PESONA SAAT KETAHUAN SAKIT


KONTES TAHUN BARU PUTRA SOBA – JIS + DATA JUARA: Sakit “Nyekukruk” Dikira Mau Mati, MB Pelangi Pulih dan Juara + Vidio

Joko “Kung” Olala kaget saat membuka kerodong. Jagoannya yang masih baru dan sedang diandalkan malah sakit nyekukruk. “Pusing, habis tampil bagus dan juara kok ini mau diseting buat persiapan lomba malah nyekukruk begini,” ujarnya dalam bahasa Jawa yang kemudian direkam dan dibagikan lewat media sosial.

Ya, Pelangi adalah jago yang masih baru, dapat dari Jawa Timur. Saat baru dibeli, langsung juara 1 dan 2 di gantangan Kicau Mania Wirun (KMW), Mojolaban, Sukoharjo, pada 28 November 2020 silamg. KMW termasuk gantangan yang paling ramai dan jadi rujukan utama untuk jenis kicauan di Solo Raya. 

 

HUJAN MEMBUAT PENONTON MERAPAT KE GANTANGAN, TAPI TERTIB DAN TERKENDALI

 

“Di pemilik lama, Yoga Plaosan, namanya Amesia, sudah sering juara juga. Seminggu setelah saya beli, turun di Wirun. Nah setelah itu mau saya siapkan buat lomba berikutnya, eh kondisinya nyekukruk begitu, sedih dan pusing jadinya,” ujarnya mengisahkan kepada burungnews.com.

Dari pengalaman sebelumnya, bila burung sudah terlihat jelas sakit parah sampai nyekukruk begitu, sudah sulit disembuhkan. “Saya mencoba merawat dan mengobatinya, tapi sebenarnya juga sudah pasrah. Dari pengalaman sebelumnya, juga dari cerita teman-teman lainnya, kalau sudah sakit parah begitu sulit sembuhnya.”

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Joko lantas memberikan Super N, dengan cara dicampurkan ke minuman sebanyak 4 tetes. “Sebagian juga saya oleskan ke jangkrik.”

Selama sakit, burung tidak dimandikan, juga tidak dijemur. “Hanya dibuka kerodong sedikit selama sekitar 1 jam, buat menghangatkan saja. Setelah itu full kerodong.”

Perlahan, kondisi burung pun membaik. Hal ini tentu saja membuat kekawatiran Joko berangsur hilang, berganti menjadi lega. “Begitu diketahui sakit langsung saya kasih obat Super N, Alhamdulillah dalam waktu dua pekan sudah bisa pulih lagi, maka hari ini saya sudah berani bawa ke sini,” imbuhnya usai menurunkan Pelangi di event Putra Soba feat JIS, Jumat 1 Januari 2020.

 

 

Penampilan Pelangi pun langsung menghentak. Musuhnya penuh. Kondisi yang hujan membuat penonton merengsek ke dekat  gantangan. Beruntung mereka relatif tertib, teriakannya masih bisa dikontrol, tidak berlebgih. Pelangi yang posisi gantangannya agak ke pinggir pun tidak takut dengan banyaknya penonton yang sangat dekat dengan gantangan.

Para juri akhirnya memberinya koncer, juara 2 kelas VIP. “Lega sekali, padahal dua minggu lalu saya benar-benar sudah deg-degan. Sudah pasrah. Super N memang bisa diandalkan. Teman-teman lain juga banyak yang cerita, kalau sakit, selama ini juga banyak mengandalkan pada Super N. Barangnya juga mudah diperoleh.”

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Selain Super N, obat yang banyak direkomendasikan oleh banyak kicaumania bila sakit nyekukruk bahkan yang lebih parah dari itu, adalah Leman’s. Leman’s bahkan satu-satunya obat yang sudah dilengkapi dengan formula vitamin, sehingga selain menyembuhkan, juga bisa segera memulihkan kondisi tubuh menjadi lebih cepat vit kembali.

Gelaran Putra Soba – JIS yang bertepatan dengan libur tahun baru, sesungguhnya hanya setingkat Latpres. Toh peserta cukup membludak, banyak burung-burung bagus di kawasan Solo Raya merapat. Nyaris semua kelas full. Beberapa peserta bahkan minta tambah kelas. Padahal, sejak siang sampai sore hari, kawasan Solo Baru diguyur hujan lebat.

 

 

Para peserta jadi merangsek ke dekat gantangan, ke bagian yang sudah terlindung atap. Beruntung para peserta relatif mudah diatur, cukup tertib sehingga suara teriakannya tidak terlalu mengganggu. Para juri tetap bisa bekerja dengan baik.

Danis mewakili panitia dan team juri menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi kicaumania, khususnya dari Solo Raya. “Terima kasih masih tetap setia dengan gantangan Putra Soba JIS. Insya Allah kami akan tetap berusaha amanah. Kami juga terbuka bila ada masukan dan kritik.” [asept, maltimbus]

 

DANIS DAN TOPAN JIS. BERSYUKUR, GANTANGAN PUTRA SOBA SELALU RAMAI

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

VIDIO SAAT MB PELANGI KETAHUAN SAKIT:

 

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

DI PUTRA SOBA, KACER DADA HITAM BISA KALAHKAH DADA PUTIH, KENAPA?

 

DATA JUARA PUTRA SOBA - JIS (1/1/2021):

 

KATA KUNCI: super n joko olala murai batu pelangi kicau mania wirun putra soba jis topan jis danis jis

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp